Saturday , 24 June 2017
gapura goa londa datsun risers expedition

Peserta Datsun Risers Expedition Mengunjungi Goa Londa

Expedition kali ini terbilang cukup panjang dengan berakhir di Tanah Toraja. Tanah Toraja adalah destinasi yang paling dinantikan oleh para risers, karena para risers mendapat jatah satu hari untuk mengexplore tempat wisata di tanah toraja.

Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas soal kunjungan Datsun Risers Expedition ke Desa Wisata Kete Kesu. Kali ini para peserta Datsun Risers Expedition berkesempatan mengunjungi salah satu destinasi wisata Tanah Toraja yang tidak kalah menarik yaitu Goa Londa. Jalan menuju Goa Londa sendiri saya tidak begitu tau pasti tapi jalannya memang agak kurang meyakinkan karena tidak terlalu besar. Pada sisi kanan-kiri jalan hanya terdapat pepohonan yang rimbun. Beberapa titik jalan juga berlubang sehingga kalian harus berhati-hati mengunjunginya.

Sampai di depan gapura kalian harus membayarkan tiket masuk, namun karena kami merupakan rombongan Datsun Risers Expedition para panitia telah menyiapkan semuanya dengan sempurna. Jadi waktu kami sampai, rombongan langsung terus masuk ke area parkiran.

Sesampai di area parkiran para risers mendapatkan briefing sejenak karena waktu yang di sediakan hanya 30 menit. Hal tersebut dilakukan agar para peserta Datsun Risers Expedition dapat mengunjungi tempat wisata lainnya di tanah toraja.

briefing peserta datsun risers expedition di goa londa
briefing peserta datsun risers expedition di goa londa

Dari are parkir setiap tim mendapatkan satu orang pemandu, pemandu disini bertugas membawa lampu minyak sebagai penerangan di dalam goa. Di dalam goa londa sendiri memang minim dengan penerangan untuk masuk ke dalam goa londa sendiri kalian harus mengantri mengingat keterbatasan oksigen yang ada.

pemandangan indah di depan goa londa

 

Sebelum memasuki goa kalian bakal melihat pemandangan goa londa dari kejauhan dengan hamparan rumput hijau di depannya. Disini merupakan spot yang sangat baik jika kalian menyuka fotografi.

Di depan Goa Londa para risers menunggu aba-aba dari para pemandu sebelum memasuki goa. Seperti yang saya bilang sebelumnya di atas, suasana goa yang sempit membuat oksigen di dalam goa sangat terbatas jika dipenuhi oleh para pengunjung. Tidak sampai 5 menit akhirnya team saya berhasil memasuki Goa Londa.

Apa aja sih yang ada di dalam Goa Londa? Goa Londa merupakan tempat penyimpanan jenazah, dimana para jenazah disimpan menunggu para keluarga datang sebelum tradisi adat rambu solo dilakukan. Status Goa Londa sendiri masih difungsikan berbeda dengan Goa di desa Wisata Kete Kesu yang tidak digunakan lagi. Saya sendiri sempat menanyakan kepada pemandu saat itu ada tidak jenazah yang baru diantarkan atau ditaruh di dalam Goa Londa, sang pemandu menjawab ada, ada satu jenazah yang baru disimpan di dalam goa londa 2 minggu lalu jadi jenazahnya terbilang sangat baru.

Setiap jenazah yang disimpan di dalam goa londa di awetkan menggunakan formalin, namun ada beberapa yang masih menggunakan pengawet alami yaitu berupa ramuan-ramuan turun menurun. Saya sendiri tidak mengetahui apakah perbedaan yang terjadi jika menggunakan pengawet seperti formalin ataupun ramuan traditional.

Di dalam Goa Londa sendiri juga terdapat kepala tengkorak yang berhamburan di dalam Goa Londa, sayapun mengkonfirmasi kepada pemandu mengenai tengkorak yang berserakan tersebut. Ternyata tengkorak tersebut adalah jenazah yang umurnya ratusan tahun yang di simpan di dalam Goa Londa tersebut. Tengkorak tersebut berserakan akibat peti jenazah yang hancur dimakan masa. Jadi jika tidak ada keluarga yang mengambil, maka tengkorak dari jenazah tersebut disusun di dalam Goa Londa tersebut, tengkorak atau tulang jenazah yang berserakan biasanya terjatuh begitu saja oleh aktifitas hewan yang melewati Goa Tersebut. Sang pemandu juga mengatakan kepada saya semakin tengkorak tersebut berwarna putih berarti semakin tua umur dari tengkorak tersebut.

Pengawet pada jaman dahulu berbeda dengan pengawet jenazah pada jaman sekarang, dari kerapatan peti juga mempengaruhi tingkat keawetan jenazah karna udara yang tembus ke dalam peti.

suasan di dalam goa londa.

tengkorak di goa Londa

Bagaimana seru bukan expedition bareng Datsun Mobil Indonesia, kalian sendiri  masih memilik kesempatan menjadi peserta Datsun Risers Expedition di pulau Kalimantan dan Sumatra. Untuk pulau Sulawesi sendiri tinggal etape terakhir yaitu etape 3 yang bakal dilaksanakan pada akhir bulan september ini.

Buat yang belum daftar bisa langsung daftar di website Datsun Risers Expeditionkemudian follow twitter, instagram dan Facebook Datsun Mobil. Setelah follow akun sosial media Datsun Mobil tunjukin bahwa kalian pantes buat jadi next Datsun Risers Expedition.

About AnggiAlfonso

Blogger asal Balikpapan yang terdampar di Kota Jogja.

Check Also

Maen Ke Tempat Wisata Tebing Breksi Jogja

Pernah ga kalian mengunjungi tebing pandawa yang berada di Bali ? Nah kali ini saya …

2 comments

  1. wah pengen segera daftar ke Datsun Risers Expedition nih ^^

  2. ngeri juga ya lihat banyak tengkorak yang berserakan, : (

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *