Dibalik layar – Kesempurnaan Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia merupakan salah satu maskapai penerbangan nomor satu di Asia saat ini. Mungkin sebagian dari para pembaca penasaran, apa sih yang membuat maskapai satu ini terlihat sangat sempurna di mata konsumen. Rasa penasaran tersebut sebenarnnya juga berasal dari rasa penasaran gue.

Pada tanggal 4 – 5 juni gue berkesempatan mengunjungi beberapa fasilitas garuda indonesia di jakarta bersama garuda balikpapan. Kesempatan yang sangat langkah ini langsung gue terima dengan senang hati. Berangkat bersama beberapa media lokal Kal-Tim menuju Jakarta. Kamipun di perkenalkan dengan fasilitas  Garuda Indonesia. Berikut adalah ulasan sewaktu mengunjungi beberapa fasilitas dari Maskapai Garuda Indonesia di Jakarta beberapa hari yang lalu bersama Media.

Lounge Executive Garuda Indonesia Kota Balikpapan

lounge garuda balikpapan

Lounge Garuda Indonesia yang berada di balikpapan satu ini terbilang cukup nyaman. Puluhan jejeran sofa yang di tata rapi di tengah ruangan menambah keeksklusifan Lounge Garuda tersebut. Beberapa tanaman hidup juga di tata rapi di beberapa sudut ruangan yang membuat ruangan Lounge garuda tersebut semakin nyaman. Nah bagi kalian yang lelah karena menempuh perjalanan jauh pada Lounge Garuda Balikpapan juga terdapat ruangan reflexy yang dapat membuat anda kembali fit. Beberapa sofa juga di tata di pinggiran bangunan yang berbatasan dengan kaca, sehingga menambah keharmonisan penumpang. Bayangkan saja kalian dapat melihat pemandangan luar bangunan dari Lounge Garuda Indonesa di Kota Balikpapan.

AeroFood ACS – Garuda Catering Service

aerofood acs

Tahukah kalian bahwa AeroFood ACS merupakan Catering service dari garuda . Yup catering yang kalian dapatkan sewaktu menggunakan maskapai Penerbangan Garuda Indonesia. Seporsi catering yang kalian dapatkan ternyata membutuhkan process yang sangat rumit, lebih rumit dari yang kalian fikirkan. Itulah yang gue lihat sewaktu mengunjungi AeroFood ACS. Saat mengunjungi Aerofod ACS pengamanan di pintu masuk sangat ketat, terbukti saat di pintu depan kami mesti melalui tahap pemeriksaan oleh pihak security.Setelah itu untuk memasuki gedung pembuatan kami harus menanggalkan tas dan saat memasuki gedung pembuatan kami harus menggunakan masker, penutup kepala dan baju pengganti untuk menghindari tercemarnya bahan makanan yang ada.

Setelah memasuki ruangan terlihat beberapa ruangan terpisah mulai dari penyimpanan, pembuatan, pengiriman dan ruangan pakar gizi.

  • Penyimpanan

Untuk penyimpanan terdapat berbagai jenis freezer berukuran besar yang memiliki tingkat suhu kedinginan yang berbeda-beda. Freezer dengan tingkat suhu kedinginan yang berbeda-beda memiliki fungsi untuk menjaga kualitas kesegaran dari bahan tersebut. Yup tidak semua bahanan makanan dapat di simpan dalam suhu yang sama.

  • Pembuatan

Dalam process pembuatan catering makanan terlihat seluruh karyawan menggunakan sarung tangan, masker dan penutup kepala. Seperti yang gue bilang sebelumnya ini di lakukan agar kebersihan dari makanan tetap terjaga.

  • Pengiriman

Untuk process pengiriman memiliki jadwal yang teratur dengan sangat baik. Hal ini juga berfungsi agar makanan yang tiba di dalam pesawat tetap fresh. Catering makanan akan di kirim ke pesawat 30 menit sebelum penerbangan.

  • Ruangan Pakar Gizi
Baca Juga :  Berkunjung ke dapur Brownies @DapurGladies

Nah tiap bahan makanan dan hasil makanan yang berada di AeroFood ACS selalu terkontrol oleh Pakar Gizi. Setiap bahan makanan yang masuk melalui process seleksi apakah layak untuk di konsumsi atau tidak.

garuda catering service

Bagaimana menurut anda sangat rumit bukan, tidak terbayang untuk menjadi sebuah seporsi makanan harus melewati beberapa seleksi yang ketat. Ini adalah salah satu hal yang membuat Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia lebih unggul.

GITC – Garuda Indonesia Training Center

garuda indonesia training center

 

Garuda Indonesia Training Center merupakan tempat pelatihan seluruh crew dari Garuda Indonesia. Baik dari pelatihan Pilot, Pramugari, staff lapangan semua di latih di Garuda Indonesia Training Center atau yang lebih di kenal dengan GITC. Saat berkunjung ke GITC bersama Garuda Balikpapan kami hanya sempat melihat pelatihan Pilot dan Pramugari dengan Gedung yang terpisah.

Pelatihan Pramugari di GITC

Untuk menjadi seorang Pramugari di Garuda Indonesia ternyata lebih susah dari yang kalian bayangkan. Buktinya setiap Garuda membuka pelatihan Pramugari terdapat 1500 pendaftar dari seluruh Nusantara. Namun dari informasi yang gue terima hanya 24 Pramugari yang akan di terima untuk resmi menjadi Pramugari Garuda Indonesia setiap batchnya ( angkatan ). Bisa kalian bayangkan dari 1500 pendaftar hanya 24 Pramugari saja yang dapat di terima setelah melalui seleksi yang ketat.

GITC - Pelatihan Pramugari

Untuk menjadi seorang Pramugari Garuda Indonesia ada beberapa ujian yang harus di lalui. Mulai dari belajar Make Up, Cara Berjalan, Cara Berbicara & Cara penyelamatan saat keadaan Darurat. Semua pelatihan tersebut dapat kalian temukan jika kalian berkunjung ke GITC.

 Ruangan Pelatihan Pilot

GITC - Simulator

Nah siapa yang tidak tau pilot, seorang sosok yang mungkin di kagumi banyak wanita. Yup pilot adalah seorang yang mengemudikan pesawat dimana keselamatan penumpang saat penerbangan selain di luar masalah teknis adalah tanggungan dari seorang pilot. Itu mengapa pilot harus menguasi segala medan yang ada selama penerbangan.

Di Gedung Simulator Pesawat Garuda Indonesia terdapat 6 Mesin pesawat simulator yang di sediakan. Semua jenis mesin simulator yang ada tersebut di sesuaikan dengan pesawat yang di miliki. Mungkin kalian berfikir bahwa lebih mudah memainkan sebuah simulator dari pada pesawat sesungguhnya. Simulator yang di sediakan oleh Garuda Indonesia ini memiliki 100% fungsi yang sama persis dengan pesawat aslinya. Baik fungsi button yang tersedia pada kokpit maupun simulasi keadaan darurat. Simulator yang dimiliki oleh pihak Garuda Indonesia sudah memiliki feature motion. Jadi calon pilot dapat merasakan getaran setiap moment yang ada baik itu dalam menerbangkan pesawat ataupun dalam keadaan darurat.

Mencoba Simulator

Itulah mengapa penerbangan menggunakan Maskapai Garuda Indonesia lebih terasa nyaman baik dalam Lepas Landas, Penerbangan, dan Pendaratan.

 

Jika kalian masih penasaran, berikut adalah video dokumentasi pribadi gue yang dapat kalian lihat.

4 Comments

  1. Agung HW June 14, 2014
  2. sapri June 16, 2014
  3. @salaminzaghi July 5, 2014
  4. Riekha Chandra January 15, 2016

Add Comment

%d bloggers like this:
close