Tips Hemat menjadi Blogger Traveller

Pengalaman gue menjadi seorang blogger yang sering mengunjungi tempat-tempat baru membuat beberapa teman gue menjuluki gue sebagai blogger traveller. Kadang beberapa orang bertanya kepada gue soal biaya perjalanan apa itu semua gue tanggung sendiri atau di sponsori. Disaat teman gue bertanya seperti itu gue menjawab ” ya perjalanan gue atas dana sendiri, walaupun terkadang ada beberapa yang mendapat sponsor “

Hobby traveller ala backpacker menjadi salah satu ciri gue. Walaupun terkadang gue mencoba mendatangi tempat mewah untuk sekedar mereview tempat tersebut. Ya gue senang menulis dari apa yang gue telusuri.

Beberapa orang lainnya pun bertanya kepada gue apa ga boros tuh ?
Traveller dalam diri gue sudah mendarah daging dan susah di pisahkan, seperti orang yang kecanduan kopi. Disaat mereka tidak meminum segelas kopi mereka akan risau dan gelisah.

Blogger sendiri memiliki arti yang sangat luas, percaya atau tidak disaat anda bertemu teman baru seorang blogger. Maka anda adalah sodara sodara baru bagi mereka. Itulah yang gue alami sampai detik ini.

Pada tahun 2008 pertama kali gue berangkat kejogja sendiri. Gue di jemput di bandara oleh seorang blogger bernama bernad. Stay sekitar 1 minggu di jogja dan menumpang di kosannya. Disini gue juga sempat menginap beberapa malam di rumah seorang blogger di bagian IT bernama andro.

Pada tahun 2009 gue pertama kali berangkat ke Jakarta sendiri. Gue di jemput di bandara oleh blogger di bidang IT bernama TH0R ( Alsemus Ricky ) disini gue juga mengenal salah satu pakar IT dari malaysia bernama J0k3r ( Joan ). Disini gue datang atas undangan oleh TH0R. Lumayan pada waktu itu gue menginap di apartemennya gue lupa daerah mana.

Pada tahun 2010 gue mendapatkan tempat tinggal gratis di daerah Sulawesi Selatan. Didaerah kabupaten Pinrang disini gue sempat mengunjungi tempat-tempat wisata di kabupaten pinrang tersebut. Sayang tulisannya hilang setelah blog gue corrupt tanpa backup.

Nah undangan yang lebih besar yaitu terjadi pada tahun 2011 dalam dua bulan berturut-turut gue mendapatkan tiket gratis untuk mengikuti beberapa acara yaitu Blogger Nusantara dan Asean Blogger. Disini gue mendapat tiket gratis pesawat kesurabaya dan bali. Dalam acara tersebut semuanya di tanggung oleh panitia. Lumayankan jalan-jalan gratis :D

Beberapa teman pun mengundang gue untuk mengunjungi daerahnya, tapi itu belum terkabul. Salah satunya ialah di  propinsi NTT gue di undang oleh mbak tuteh yang gue kenal sewaktu di asean blogger. Maaf ya mba, suatu saat gue pasti kesana :D

Baca Juga :  Ini Situs Berita Apa situs iklan

Sebagai blogger traveller gue mempunyai beberapa tips yang gue rangkum. Berikut adalah tips hemat menjadi blogger traveller versi anggi alfonso :3

1. Tempat tinggal , transportasi gratis : Perbanyaklah teman di seluruh indonesia. Anda bisa mendapatkan teman seprofesi dengan mengikuti sebuah forum / event / acara. Kalau dalam sebuah bisnis namanya relasi tapi bukan untuk di prospek. Blogger tidak terbatas hanya pada satu daerah, malah cakupannya dunia. Jadi disaat anda mengunjungi daerah baru anda akan mendapat tumpangan tempat tinggal dan transportasi gratis dari teman seprofesi.

2. Diskon hotel : Jika anda ingin mereview tempat hotel di sebuah daerah. Mintalah diskon pada Public Relation nya. Hal ini sudah gue lakukan setelah mendapatkan info dari mas goiq yang hobby mereview hotel. Cara meminta diskon pada waktu itu yang gue  lakukan adalah dengan cara mengirim email. Isi email tersebut adalah negosiasi antara anda dan manajemen hotel. Bilang saja anda seorang blogger yang berkunjung ke daerah tersebut dan kalian tertarik untuk menginap di hotelnya dan kalian akan menuliskan / mereview hotel tersebut di blog kalian. Disini kalian harus memiliki sebuah blog, karena manajamen hotel pasti melihat blog kalian. Jika negosiasi berhasil kalian akan mendapatkan diskon menginap di hotel tersebut. Diskon yg di dapat pun berkisar 10-30%. Di saat menuliskan di blog jangan pernah menuliskan kalian mendapatkan diskon :D jadi tuliskan rate sebenarnya dari hotel tersebut waktu menginap.

3. Tiket gratis : Aktif lah dalam blogging dan ikut komunitas blogger di daerah kalian. Percaya atau tidak sebenarnya banyak sekali para pembuat event yang mengincar keaktifan dari para blogger. Jadi disaat kalian aktif dan serius dalam blogging lambat laun tiket gratis pesawat bakal kalian dapatkan.

Gue sendiri selalu menganggap sodara jika ada seorang blogger yang mengunjungi kota dimana gue tinggal yaitu balikpapan. Selama Blogger tersebut menghubungi gue, sehingga gue tau kapan dia tiba di balikpapan. Beberapa blogger yang pernah berkunjung kebalikpapan yaitu Mas Goiq dan Bernad

Itulah sedikit tips hemat menjadi blogger traveller yang dapat gue rangkum dari pengalaman gue. Tips tersebut bukan untuk mencari kesempatan dalam kesempitan. Karena hal tersebut juga berlaku bagi kalian, dimana ada seorang blogger yang berkunjung ke daerah kalian. Maka sambutlah blogger tersebut sebagai sodara kalian.

“Tulisan ini diikutsertakan pada Giveaway Irit tapi Bukan Pelit yang diadakan oleh Kakaakin”

Give Away Irit Tapi Bukan Pelit

Give Away Irit Tapi Bukan Pelit

9 Comments

  1. Abi Sabila January 16, 2014
  2. kakaakin January 17, 2014
  3. keepsmile January 17, 2014
  4. Aditiya Zamrud Anggar Kasih January 18, 2014
    • AnggiAlfonso January 18, 2014
  5. aprie January 28, 2014
  6. jecigracietta January 28, 2014
  7. Apikecil February 2, 2014
  8. resep umiku May 27, 2015

Add Comment

%d bloggers like this:
close