Kupas Tuntas Review Ricoh Theta S 360 Panorama

Ngomongin soal gadget memang ga ada habisnya, kadang memang ngiler kalo liat gadget baru bermunculan. Apalagi kalo gadget baru tersebut dukung banget buat aktifitas hobi kamu. Nah kemarin lusa saya dihampiri oleh salah satu sahabat saya di Jogja yaitu Tigor. Nah di sini si mas Tigor datang bawa gadget baru yaitu Rico Theta S yang udah dukung video 360 panorama. Nah mas Tigor ini adalah sahabat saya yang kemarin sempat ngenalin dan ngasih liat secara langsung penggunaan GoPro Rig 360. Dari pada kelamaan cerita mending saya langsung bahas saja Gadget anyar satu ini yaitu Ricoh Theta S !

Ricoh Theta S ini memiliki penampilan fisik yang sangat minimalis, ukurannya sendiri seperti sebuah power bank, bahkan penjaga kos saya sempat mengira itu sebuah handphone saat saya sedang melakukan experimen di tengah halaman kosan. Dibanding dengan GoPro Rig 360 yang menggunakan 6 buah kamera GoPro, munculnya Rico Theta S mungkin menjadi solusi bagi peminat Video  360.

Bagaimana soal harga Ricoh Theta S ?

Harga Ricoh Thetas S terbilang sangat terjangkau bagi kalian yang mungkin ingin mengabadikan moment secara 360. Menurut official site ricoh theta s dibandrol dengan harga $349.95. Nah harga tersebut kalian kalikan saja dengan kurs dollar = Rupiah saat sekarang. Namun harga tersebut sebenarnya sangat benar-benar terjangkau dibanding kalian harus merogoh kocek untuk membeli GoPro Rig 360. Kalian bisa bayangkan GoPro Rig 360 sendiri menggunakan 6 buah kamera GoPro untuk menghasilkan gambar 360, jika dihitung-hitung kalian harus merogoh kocek sebesar $3575, dimana rincianya GoPro Rig $574.95 + Gopro = $499 x 6 . Nah jadi kalian pilih mana ?

Bagaimana soal kualitas gambar atau video Ricoh Theta S ?

ricoh theta s picture test

Untuk soal kualitas gambar saya sendiri lebih menyukai kualitas gambar dari Ricoh Theta S ? Ini saya bandingkan dengan hasil gambar dari GoPro hero 4 black yang saya miliki. Ricoh Theta S memiliki jumlah Pixel yang sama dengan GoPro Hero 4 yaitu 13 MP, namun dari sisi ketajaman warna pada gambar menurut saya Rico Theta S masih lebih unggul. Untuk resolusi gambar yang dihasilkan Ricoh Theta S yaitu berikuran 5376 x 2688 pixel.

Sedangan pada video hasil gambarnya ternyata lebih baik dibanding GoPro Hero 4 Black. Selain mengenai soal ketajaman warna, noise reduction pada Ricoh Theta S memang lebih baik. Hal tersebut saya buktikan saat merekam sebuah video 360 di dalam kamar kosan yang terbilang cukup noise jika menggunakan GoPro Hero 4 Black.

Jangan pernah tertipu dengan hasil dengan jumlah MP dan jumlah resolusi gambar. Banyak orang tertipu dan bangga memiliki kamera dengan jumlah pixel dan hasil resolusi gambar yang tinggi, namun hasil gambarnya tidak sesuai harapan seperti ketajaman warna dan noise pada gambar. Kalau kalian tida percaya bandingkan saja kamera handphone yang kalian miliki misal 20 MP dengan kamera pocket 20 MP pasti hasil gambarnya jauh beda.

Baca Juga :  Mengintip Deluxe Room Whiz Prime Balikpapan

Ricoh Theta S Mudah Digunakan Bagi Semua Kalangan

ricoh theta s display

Ricoh Thetas S benar-benar mudah digunakan, itu yang saya rasakan. Seperti yang saya bilang sebelumnya bentuk dan ukuranya seperti power bank sangat nyaman saat di genggam. Untuk konektivitas ke smartphone, layaknya seperti GoPro, Rico Theta juga memiliki mobile APP yang dapat kalian unduh baik bagi pengguna iOS maupun Android. Jadi kalian dapat mengunduh hasil rekaman kalian melalui APP yang telah disediakan, begitu juga jika kalian ingin memutar file 360 tersebut.

ricoh theta s dalam genggaman

Jika kalian tidak ingin menggunakan APP sebagai control penggunaan, beberapa tombol telah disediakan pada sisi Ricoh Theta S, seperti tombol switch photo/video, wifi, record / take photo dan power. Jadi benar-benar mudah untuk digunakan bagi kalian yang awam sekalipun. Nah yang lebih uniknya lagi password wifi default untuk connect ke Ricoh Theta S terdapat dibagian bawah alat tersebut. Tapi tenang saja password tersebut dapat kalian ganti menggunakan APP mobile yang telah disediakan.

ricoh theta s password

Yang lebih hebatnya lagi kalian tidak perlu mengedit atau menyusun potongan-potongan video 360 tersebut, padahal terdapat 2 camera terpisah pada Ricoh Theta S, hasil rekaman tetap menjadi satu. Jadi hasil yang kalian dapatkan sudah langsung terconvert berupa video 360. Jika kalian menggunakan PC kalian tinggal drag and drop video tersebut ke APP Ricoh Theta versi Windows, yang harus kalian download dari situs nya terlebih dahulu secara gratis. Berbeda jika kalian menggunakan camera GoPro, dimana kalian harus mengedit dan menyusun potongan video / gambar dari masing-masing camera, belum lagi app untuk mengeditnya berbayar, itu benar-benar menyita waktu anda.

Hasil video 360 yang kalian rekam bisa langsung kalian upload ke Youtube tanpa perlu menginjek meta data dari video tersebut. Jika kalian telusuri Youtube mewajibkan setiap video 360 di convert terlebih dahulu menggunakan converter yang telah disediakan oleh Youtube sendiri. Setelah mengupload video 360 tersebut, tunggu sekitar setengah jam maka video 360 anda telah siap untuk di tonton.

Alat satu ini mungkin bisa masuk dalam daftar gadget untuk travelling kedepannya, ya lumayan bisa dokumentasiin pemandangan dalam bentuk video 360. Ah rekomendasi banget pokoknya !

Loading...

Add Comment

%d bloggers like this: