Tuesday , 27 June 2017
Freedom 360 GoPro Rig

Nyobain Freedom 360 GoPro Rig @ehloocom

Seminggu yang lalu saya menghampiri seorang teman yang merupakan salah satu team dari @ehloocom , sebut saja namanya tigor. Berangkat dari arah demangan saya menghampiri tigor di salah satu cafe yang berada di Jogja yaitu Mooi Kitchen. Ada yang berbeda saat saya menghampiri tigor kali ini, karena Freedom 360 Gopro Rig yang dimiliki oleh @ehloocom mendapat restu untuk saya review.

Saat saya tiba di Mooi Kitchen yang berada di daerah Yap Square Kota Jogja, saya langsung berlari menuju lantai dua dimana tigor dan salah satu rekannya sedang menyiapkan 5 buah GoPro Hero3+ untuk dipasangkan pada Fredom 360 GoPro Rig. Loh kok cuma 5 GoPro? GoPro ke 6 sendiri merupakan GoPro yang saya miliki yaitu GoPro Hero 4 Black Edition.

Gopro 360 Video
Gopro 360 Video

Freedom 360 GoPro Rig menggunakan 6 kamera GoPro, berbeda dengan 360 GoPro Rig keluaran GoPro sendiri yang sebelumnya menggunakan 16 Camera yang bernama GoPro odyssey. Hingga akhirnya Official Gopro mengguluarkan rig 360 dengan jumlah 6 kamera setelah bekerja sama dengan kolor.com yang bernama GoPro Spherical + .

GoPro Oddysey
Gambar GoPro Oddysey via Gopro.com
GoPro Spherical
Gambar GoPro Spherical via GoPro.com

Oke balik ke pembahasan Freedom 360 GoPro Rig.

Kurang lebih selama 30 menit kami memasangkan 6 buah GoPro pada Freedom 360 Rig. Ini terbilang cukup lama karena kami mesti memasangkan 6 buah gopro dengan sudut yang berbeda, belum lagi kalian harus membuka 2 buah baut sebagai pengganjel gopro pada masing-masing sisi, jadi kalian harus membuka 12 buah baut. Disarankan kalian berhati-hati saat memasangkan GoPro pada rig karena posisi tangan untuk memegang rig tersebut terbilang cukup susah, apalagi saat 3 buah GoPro atau  4 buah GoPro sudah terpasang.

Setelah semua GoPro terpasang langkah selanjutnya yang kami lakukan saat itu ialah menyamakan semua settingan GoPro. Saat itu kami sempat melakukan kesalahan dalam penyettingan, karena kami berfikir harus menghemat space / storage pada hardisk kami menyetting resolusinya di 1020 pixel, Protune Off dan Field of View (FOV) Wide. Kesalahan kami saat itu ialah saat melakukan setting pada GoPro di 1020, dimana hasil video 360 terlihat bolong di beberapa sisi setelah pengeditan.

Jadi standart resolusi untuk membuat video 360 menggunakan GoPro ialah 1440, Field of View (FOV) wide, Iso bisa bebas, dan FPS 30.

Freedom 360 GoPro rig sendiri terbuat sejenis dari plastik. Saya sendiri kurang mengetahui terbuat dari bahan apa yang pasti bukan terbuat dari besi atau alumunium. Rig tersebut gampang banget patah, ini saya test saat menyentuh rig tersebut karena sangat mudah di lengkungkan. Karena sangat mudah patah saat membeli kalian mendapatkan sejenis bag berukuran kecil jadi kalian bisa menaruh rig kalian disitu. Tapi tetap saja tas rig tersebut bukan sejenis hard case jadi sangat rawan jika ditaruh di dalam tas.

Bag Freedom 360 Rig
Bag Freedom 360 Rig
Bag Freedom 360 Rig 2
Bag Freedom 360 Rig
Bag Freedom 360 Rig 3
Bag Freedom 360 Rig

Untuk mengontrol ke 6 GoPro yang sudah terpasang, kalian bisa mengaktifkan secara bersamaan menggunakan aksesoris remote GoPro yang dijual terpisah. Awalnya saya juga berfikir bahwa bisa mengontrolnya menggunakan aplikasi GoPro mobile, namun sayang kalian harus menggunakan remote gopro.

GoPro Remote For 360 Video
GoPro Remote For 360 Video

Jika kalian tidak mempunyai remote GoPro dan tidak ingin membelinya karena harganya emang mahal, kalian bisa menghidupkan GoPro secara manual. Memang videonya tetap balance gitu dan sama? Nah kalian bisa menyesuaikan berapa detik kalian gunakan untuk menghidupkan semua gopro hingga posisi record. Anggap saja kalian menghabiskan waktu sepuluh detik untuk menghidupkan semua gopro. Maka kalian bisa memotong video pada detik 15 video.

Cukup mudah sebenarnya untuk menyesuaikan waktu yang tepat setelah kalian menghidupkan semua gopro. Kemudahan itu kalian dapatkan jika menggunakan aplikasi video stitch, kalau tidak percaya coba saja trialnya dulu sebelum membeli.

Banyak sekali sebenarnya manfaat dari video 360, selain bisa dinikmati dengan ocolust rift ( VR ) kalian bisa menikmati sebuah tayangan video dengan sudut pandang yang berbeda. Video 360 sebenarnya sudah ramai dibicarakan sekitar tahun 2012, namun Youtube.com lah yang membuat video 360 semakin ramai digunakan.

Loh kenapa youtube.com ?

Untuk memutar video 360 membutuhkan media player khusus, jadi tidak bisa sembarangan memutar dengan windows media player atau media player classic dengan codec terbaru. Awalnya saya juga berfikir sama dengan kalian bahwa video 360 dapat diputar dengan media player bawaan windows karena formatnya mp4, namun hasilnya tidak seperti 360 karena kalian tidak dapat memutar arah kamera pada video tersebut. Nah setau saya Youtube.com  ialah streaming online pertama yang menyediakan fasilitas video 360. Jika kalian ingin memutar video 360 secara offline kalian dapat menggunakan Video Stitch Player 360 yang dapat kalian unduh secara gratis.

Tips penggunaan Freedom 360 GoPro Rig

Jika kalian ingin membuat video 360 sebaiknya jangan menggunakan di ruangan yang berukuran sempit, karena hasil video 360 kalian nantinya bakal fish eye banget. Jadi jika kalian ingin membuat video 360 sebaiknya digunakan di ruangan yang terbuka atau ruangan yang luas agar hasil videonya lebih maximal.

Video 360 lebih banyak digunakan pada video travelling, namun beberapa musisi luar sudah menggunakan video 360 pada music video mereka. Mungkin kedepannya video 360 bisa di aplikasikan pada film sinetron atau short movie pasti keren banget.

Saya sendiri sebenarnya ingin sekali memiliki Freedom 360 GoPro Rig tersebut untuk dokumentasi video travelling saya, namun sayang harga Freedom 360 GoPro Rig masih terbilang cukup tinggi yaitu $499.95 , belum lagi menyiapkan 6 buah kamera GoPro. Ya kira-kira habis sekitar 50 Juta rupiah untuk membuat video 360 tersebut. Hayo-hayo siapa disini yang mau sponsorin 5 buah GoPro dan Freedom 360 Rig untuk dokumentasi video travelling saya :D

Untuk hasil videonya saya masih menunggu official @ehloocom mengupload video 360.

Sebelumnya makasih buat teman-teman @ehloocom yang udah memberikan restu untuk mereview Freedom 360 GoPro Rig tersebut. Buat yang pengen tau apa itu @ehloocom coba aja buka htpp://ehloo.com

About AnggiAlfonso

Blogger asal Balikpapan yang terdampar di Kota Jogja.

Check Also

Youtube suspend

2 Bulan Vacuum Youtube Channel Ke Suspend

Benci, kesel, emosi saat pertama kali mengetahui Youtube channel yang aku kelola kena suspend. Bagaimana …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *