Jembatan Barelang Maskot Kota Batam Yang Tertutup Oleh Kabut Asap

Saat saya tiba di Kota Batam pada akhir bulan oktober 2015, saya sedikit kaget dengan suasana kabut asap yang terbilang cukup tebal. Jika saya bandingkan dengan kabut asap di kota saya yaitu Balikpapan, kabut asap di Kota Balikpapan belum seberapa di banding kabut asap di Kota Batam saat itu.

Kabut asap yang menurut saya terbilang tebal tidak menghalangi niat saya untuk melihat maskot Kota Batam yaitu jembatan barelang. Jembatan barelang ini menjadi ciri khas Kota Batam, beberapa masyrakat Batam mengatakan tidak sah jika datang ke Batam namun tidak melihat keindahan Jembatan Barelang.

Perjalanan akhirnya saya tempuh menggunakan transportasi ojek menuju jembatan barelang, mengingat rute yang terbilang cukup jauh sekitar 30 menit menggunakan roda dua. Lama perjalanan hingga 30 menit bukan waktu karena macet, karena perjalanan anda nantinya akan bebas hambatan, jadi kalian sudah bisa membayangkan bagaimana jauhnya.

wisata batam - jembatan barelang kabut asap

wisata batam – jembatan barelang

Selama perjalanan sisi kanan dan sisi kiri saya terlihat tanah-tanah kosong, beberapa masih terdapat pepohonan. Kabut asap yang tebal membatasi jarak pandang saya, apa lagi saat tiba di Jembatan Barelang kabut semakin tampak jelas.

wisata batam - keindahan jembatan barelang

wisata batam – keindahan jembatan barelang

Saat anda tiba di kawasan jembatan barelang kalian akan dikenakan biaya parkir, saya sendiri lupa biaya parkirnya kalau tidak salah 3000 atau 5000. Uniknya disini sepanjang sisi jembatan dijadikan lahan parkir dan dikenakan biaya. Di sini tidak ada larangan untuk berhenti di sisi jalan jembatan, yang penting anda bayar parkir itu intinya. Jika anda berhenti di tengah jembatan anda akan melihat puluhan orang berselfie ria, tidak termasuk saya :D

spot foto jembatan barelang

spot foto jembatan barelang

Di sisi depan jembatan barelang juga terdapat salah satu spot yang sebenarnya sangat bagus sekali untuk mengambil gambar keindahan Jembatan Barelang, namun seperti saya bilang sebelumnya saat itu kabut asap masih tebal sehingga keindahan jembatan tersebut tak terlihat. Saat itu saya sendiri bingung mau ngambil gambar biar bagus gimana caranya, laut di bawah jembatan barelang sendiri terlihat samar-samar. Di sekitar jembatan barelang juga terdapat kawasan luas yang mungkin sering digunakan sebagai tempat acara sejenis pesta rakyat, di salah satu sisinya terdapat panggung berukuran luas.

panggung di jembatan barelang

wisata batam – panggung di jembatan barelang

barelang bridge

barelang bridge

Setelah muter-muter mencari hal yang beda, saya menemukan sesuatu yang berbeda di tempat ini yaitu sampah berserakan. Saya sendiri bingung kenapa banyak sekali sampah yang berhamburan, padahal daerah yang banyak sampahnya berhadapan langsung dengan jembatan barelang, kalau kalian melihat jembatan pasti kalian melihat sampah yang berhamburan tersebut. Semoga kedepannya itu sampah bisa segera dibersihkan, bagi para pencinta tempat wisata pemandangan tersebut sangat mengganggu.

sampah berhamburan di sekitar jembatan barelang

sampah berhamburan di sekitar jembatan barelang

Jembatan barelang ini tidak hanya satu, ada sekitar 5 jembatan kalau tidak salah, saya sendiri hanya sampai di jembatan 4 saat menuju kampung vietnam. Jembatan-jembatan tersebut menghubungkan pulau-pulau kecil yang terpisah namun masih masuk dalam kawasan Kota Batam. Untuk total jarak dari jembatan 1 ke jembatan 4 terbilang sangat jauh.

Baca Juga :  Tua Muda Ngumpul Di Taman Tiga Generasi Balikpapan

Buat yang lagi di Batam dan ingin datang ke Jembatan Barelang ada baiknya mempertimbangkan segala kemungkinan. Di bawah ini adalah kesimpulan yang mungkin bisa jadi pertimbangan anda saat menuju jembatan barelang dari pusat Kota Batam yaitu Nagoya Hill

  1. Biaya Ojek umumnya sekitar 150K PP
  2. Biaya carter mobil umumnya sekitar 250k PP
  3. Jalan menuju Jembatan Barelang adalah jalan bebas hambatan dan sepi, jika kalian menggunakan ojek sebaiknya pilih ojek yang direkomendasikan oleh hotel tempat kalian menginap. Beberapa warga Kota Batam yang saya temui selalu memberikan saya saran untuk berhati-hati oleh begal.
  4. Pergilah sekitar jam 10 pagi menuju jembatan barelang agar suasana perjalanan tidak terlalu sepi. Disarankan saat weekend
  5. Jika kalian menginap di Hotel dan beruntung kalian bisa menumpang dengan rombongan lain yang menyewa mobil, jadi bayarnya patungan.

Ya semoga lain waktu saat saya bisa mengunjungi Kota Batam kembali, saya bisa melihat Jembatan Barelang tanpa kabut asap.

Ini dia video liputan singkat sewaktu mengunjung jembatan barelang Kota Batam.

 

One Response

  1. talaga sampireun bintaro December 18, 2015

Add Comment

%d bloggers like this: