Friday , 18 August 2017
gunung api purba loket depan

Mengunjungi Gunung Api Purba Jogja

Tempat wisata di jogja terbilang cukup banyak mulai candi borobudur dan candi prambanan. Nah beberapa hari yang lalu gue baru berkesempatan mengunjungi salah satu wisata gunung di daerah Nglanggeran Gunung Kidul, Jogjakarta yaitu Gunung Api Purba.

Untuk menuju gunung api purba di tempuh dalam waktu kurang lebih sekitar 45 menit, untuk total jauh perjalanan itu berkisar 25KM jika dari selatan jogja. Kalo kalian bingung di jogja mana utara mana selatan, patokannya ialah Gunung Merapi, jika kalian melihat gunung merapi maka itu adalah utara kota jogja.

Setiba di daerah nglanggeran – gunung kidul kalian sudah mulai bisa merasakan hawa sejuk, karena di daerah ini masih banyak terdapat sawah dan pepohonan tinggi. Dibeberapa titik di daerah nglanggeran banyak terdapat stasiun-stasiun Telivisi swasta, mungkin karena daerah ini terbilang cukup tinggi di jogja.

Setiba di tempat wisata gunung api purba jogja , kalian harus mengeluarkan kocek sebesar 7 ribu rupiah per orang, jika kalian menggunakan motor maka tarif parkir sebesar 2 ribu rupiah per motor. Nah untuk tarif parkir sendiri di bayarkan saat anda membeli tiket masuk gunung api purba di loket yang ada. Tiket masuk gunung api purba jogja sendiri tidak di cek sewaktu di gate depan, tapi di cek saat anda mendaki sedikit.

Baca Juga :  Melihat Terminal Kedatangan Bandara Kualanamu

Untuk menuju puncak gunung api purba terbilang tidak begitu jauh, mungkin hanya sekitar 2 KM tapi jangan anggap remeh. Jalan pendakian disini terbilang cukup curam menanjak walaupun pada jalur track sudah tertata dengan rapi. Yup selama process pendakian terus menanjak, tidak ada track yang posisi jalannya landai atau rata. Hingga nanti akhirnya kalian mendekati puncak baru posisi track sedikit rata. Jalan yang menanjak membuat tumpuan pada kaki terasa lebih berat.

rute pendakian gunung api purba

Mungkin dari kalian yang pertama kali mengunjungi gunung api purba bertanya apakah di gunung api purba ini terdapat fosil-fosil atau coretan pada dinding batu seperti jaman dahulu kala. Ternyata semua prediksi itu salah, tidak ada sama sekali peninggalan sejarah di Gunung Api Purba, hingga akhirnya gue bertanya pada salah satu pengawas pendakian. Bahwa gunung api purba sendiri merupakan gunung yang sudah terbentuk dari jaman purba.

Ohya selama pendakian kalian bakal ngelewatin berbagai rintangan loh, seperti melewati dinding gunung yang sempit, menuruni batu gunung yang terjal tapi bukan lompat dari atas gunung loh..

Baca Juga :  Melihat 1000 Koleksi Asia Camera Museum Penang

dinding batu gunung api purba

Setelah pendakian panjang dan kalian tiba di puncak gunung, kalian bakal tiba di puncak gunung yang luar biasa banget. Dari atas sini kalian dapat nikmati pemandangan 360 derjat. Yup tidak ada halangan mata memandang, pemandangan di puncak gunung api purba terliat sangat lempang. Dari atas gunung sini kalian juga bisa melihat gunung 5jari.

pemandangan puncak gunung api purba

Coba saja intip video di bawah ini

 

 

About AnggiAlfonso

Blogger asal Balikpapan yang terdampar di Kota Jogja.

Check Also

keindahan pesisir pantai pulau bokori kendari

Keindahan Pesisir Pantai Pulau Bokori Kendari

Kendari adalah Kota yang masih terbilang sepi, jika dibandingkan dengan Kota Batam perkembangan kotanya masih …

One comment

  1. baru tahu ada beginian… :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *