Pengalaman Travelling Di Pulau Jawa Menggunakan Kereta Api

Mengelilingi pulau Jawa terbilang cukup mudah, jika dibandingkan dengan mengelilingi pulau Sumatra, Kalimantan atau Sulawesi. Kemudahan tersebut sangat terasa bagi para traveller, bagaimana tidak Fasilitas Transportasi antar kota seperti kereta api tersedia dari ujung ke ujung.

Pengalaman saya menggunakan transportasi Kereta Api saat itu pada tahun 2013, saat itu saya sempat mencicipi tiket subsidi kereta api, dimana seluruh rute ekonomi hanya dikenakan tarif Rp 50.000 hingga 2014 ( kalau tidak salah ). Saat itu saya tidak pernah menggunakan jasa travel online karena saya harus berkonsultasi terlebih dahulu pada penjual karcis mengenai stasiun yang saya tuju.

Loh kok gitu ? Awalnya saya berfikir stasiun kereta api ini sama seperti bandara dimana satu kota hanya terdapat satu stasiun saja, namun nyatanya berbeda setiap kota bisa terdapat 1-3 stasiun dan itu membuat saya kebingungan pada saat itu.

Manual, ya saya harus memilih manual saat itu, walaupun saya sudah mengetahui Kota mana yang mesti saya kunjungi saya harus mengetahui stasiun mana di Kota tersebut yang berada di Tengah Kota. Saya sendiri pernah mengalami salah memilih stasiun untuk turun, dan hasilnya stasiun tersebut terbilang cukup jauh dari tengah Kota.

Travelling di Pulau Jawa terbilang cukup mudah dibanding Pulau – Pulau lainnya di Indonesia. Bagaimana tidak, dari ujung ke ujung pulau jawa sudah terhubung dengan fasilitas transportasi Kereta Api. Sebenarnya tidak semua sudah tercover oleh transportasi Kereta Api, tapi tetap ada stasiun terdekat jika Kota tersebut tidak terjangkau oleh kereta api.

Oh ya saya sebagai tambahan, jika kalian baru menggunakan layanan Transportasi Kereta Api di Pulau Jawa. Stasiun Kereta Api memiliki fungsi yang berbeda – beda pula. Seperti sepengetahuan saya, stasiun kereta api di Lempuyangan Yogyakarta tidak ada jalur untuk berangkat ke Jakarta, untuk berangkat ke Jakarta dari Yogyakarta kalian harus menggunakan stasiun Yogyakarta atau yang lebih dikenal dengan Stasiun Tugu Yogyakarta. Jadi kebayangkan kalian harus mencocokan tiap stasiun jika kalian harus oergi travelling.

Baca Juga :  Ribuan Olshop terpercaya ada di SHOPIOUS

Semenjak akhir tahun 2015, satu persatu aplikasi tiket kereta online bermunculan sayapun sempat mencoba beberapa aplikasi tiket kereta online tersebut, namun nyatanya aplikasi tersebut belum menjawab kendala yang saya alami seperti kebingungan memilih stasiun. Saya lupa ada salah satu aplikasi saat itu yang saya coba, dimana tidak ada pilihan destinasi kota, melainkan hanya pilihan nama stasiun saja.. Whaat.. gimana aplikasi tersebut bisa berfungsi bagi para traveller yang baru menggunakan layanan kereta api di Pulau Jawa !!

Keluhan saya terhadap susahnya mencocokan ketersedian tiket antar stasiun Kota akhirnya terjawab beberapa bulan lalu. Salah satu teman saya memberikan rekomendasi aplikasi tiket kereta online pada saya saat itu, namun saya sendiri baru sempat mencobanya sekarang.

tiket kereta online blibli com

Aplikasi Tiket Kereta Online dari BliBli.com ternyata cukup memudahkan para traveller yang baru pertama kali mencoba Kereta Api. Kenapa memudahkan ? Ppada aplikasi ini kalian ga perlu lagi pusing menentukan stasiun mana untuk turun, jadi kalian hanya perlu search by city saja otomatis sistem dari aplikasi tersebut udah menampilkan hasil pencarian kalian dari kota asal ke kota tujuan.

tiket kereta online blibli com

Nah pada hasil pencarian kalian bisa melihat stasiun turun yang tersedia secara langsung, jadi ga perlu lagi repot-repot nyocokin stasiun. Gimana cukup mudah bukan? kalau menurutku sih aplikasi tiket kereta online dari blibli ini udah cukup memudahkan para traveller yang baru menggunakan kereta api. Kalau menurut kalian gimana ?

Loading...

Add Comment

%d bloggers like this: