Pemandangan Indah Dari Tower Masjid Jabal Arafah Kota Batam

Bagi kebanyakan orang termasuk saya masjid adalah tempat yang sangat suci, selain suci masjid merupakan tempat ibadah yang membutuhkan ketenangan ( tidak berisik ). Namun siapa sangka saat saya menemukan masjid satu ini yang berada di Kota Batam yaitu Masjid Jabal Arafa digunakan sebagai destinasi wisata jika anda berkunjung ke Kota Batam.

Masjid Jabal Arafah sebenarnya bukan destinasi utama saya saat berkunjung ke Kota Batam, karena saat saya browsing mengenai tempat wisata di Batam tidak ada yang memberikan informasi mengenai Masjid Jabal Arafah. Awal mulanya saya menemukan tempat ini sewaktu mengunjungi Nagoya Mall Kota Batam. Dari pintu masuk Nagoya Mall saya melihat bangunan tinggi seperti tower yang berada di sisi samping luar kawasan Nagoya Mall, dimana di atas tower tersebut terlihat beberapa orang berselfie ria diatasnya. Saat menuju tempat tersebut saya sempat tersesat karena harus memutari kawasan Nagoya Mall, hal tersebut terjadi karena tidak ada penunjuk arah. Setelah bertanya pada seorang warga Kota Batam akhirnya saya menemukan jalan menuju Masjid Jabal Arafah yang berada di luar, kalau dari jalan raya akan lebih mudah.

view tower masjid jabal arafah

halaman masjid jabal arafah batam

Dengan jalanan yang sedikit menanjak akhirnya saya tiba di depan bangunan Masjid Jabal Arafah. Suasana disini sedikit berbeda karena terlihat beberapa rombongan wisatawan yang baru sampai di tempat tersebut. Disini kalian akan menaiki tangga untuk sampai di halaman masjid. Setelah menaiki tangga suasana di sini lebih berbeda karena terdapat beberapa cafe dan toko yang menjual beberapa aksesoris Kota Batam.

cafe di masjid jabal arafah batam

Saya sendiri tidak terlalu mengulas cafe dan toko aksesoris yang berada di tempat tersebut karena saya harus naik ke atas tower tersebut. Untungnya saja di samping satu-satunya cafe yang berada disitu tertulis pada sebuah kertas yang tertempel di dinding ” menuju tower masjid jabal arafah “. Ya disini kalian tidak perlu bingung kemana kalian harus pergi untuk naik ke atas tower.

Baca Juga :  Gumuk di jember mulai habis waspada !!

Sebelum naik ke atas tower kalian harus membeli tiket dahulu, harga tiket untuk naik ke atas tower yaitu Rp 5000, saat membeli tiket saya memerhatikan sebuah tulisan mengenai berpakaian sopan dan tower akan di tutup selama masjid adzan .  Harga tiket tersebut sebenarnya cukup murah karena kalian naik ke atas tower menggunakan lift bukan tangga. Memang disediakan tangga di samping lift tapi siapa yang mau capek ? Puncak tower sendiri saya lupa hingga lantai berapa, yang pasti lif tersebut hanya sampai pada lantai 3 kemudian kalian bisa menaiki tangga manual untuk menuju lantai 4, dimana lantai 4 merupakan ruangan outdour.

tiket masuk tower masjid jabal arafah

Pada lantai 3 kalian akan berada di ruangan full ac dengan tingkat kedinginan yang sangat pas, cukup untuk membuat diri kalian merasa adem di ruangan tersebut. Disini kalian dapat menikmati pemandangan Kota Batam dengan pemandangan 360, maksudnya kalian dapat melihat dari segala sudut bangunan. Pada lantai ini juga disediakan teropong dengan jarak zoom yang terbilang cukup jauh.

meja lantai 3 masjid jabal arafah batam

suasana lantai 3 masjid jabal arafah batam

teropong tower masjid jabal arafah

Setelah puas berada di lantai 3 tower masjid jabal arafah akhirnya saya naik ke lantai 4 menggunakan tangga manual yang berada di tengah bangunan tersebut. Saat menaiki tangga ada baiknya kalian berhati-hati karena tangga tersebut sangat kecil.

Tiba di lantai 4 yang merupakan outdoor saya sempat merasakan ketegangan karena kondisi bangunan yang cukup tinggi, beberapa kali saya gemetaran saat melihat kebawah. Sekeliling bangunan tersebut dibatasin dengan pagar berukuran sedada orang dewasa, namun tetap saja bagi kalian yang membawa anak harus tetap memerhatikan anak kalian, karena sela-sela pagar tersebut memiliki jarak yang lebar bagi anak kecil. Nah ini dia pemandangan yang dapat kalian lihat dari lantai 4 tower masjid jabal arafah.

ketinggian dari tower masjid jabal arafah

pemandangan dari tower masjid jabal arafah

Buat yang masih penasaran kalian bisa nonton video liputan saya sewaktu mengunjungi tempat tersebut

 

Loading...

5 Comments

  1. tas batam February 25, 2016
    • AnggiAlfonso March 13, 2016
  2. Green Pramuka City June 1, 2016
  3. Defitra September 7, 2016

Add Comment

%d bloggers like this: