Ini Caraku Mencintai Indonesia

Cinta itu memiliki arti yang sangat luas, salah satunya seperti rasa sayang dan membanggakan seseorang. Tapi kali ini aku tidak membahas masalah cinta sepasang seorang kekasih, melainkan cintaku pada Indonesia. Banyak cara untuk menunjukan cinta pada Indonesia seperti menjadi seorang atlit dan meraih medali emas di ajang olimpiade RIO 2016, namun caraku mencintai Indonesia berbeda dengan seorang atlit yang meraih medali emas, aku sendiri berusaha mempublikasikan tempat-tempat wisata di Indonesia selama 2 tahun terakhir.

Fokus dalam mempublikasikan tempat-tempat wisata di Indonesia dimulai pada Desember 2013, saat itu aku sedang berada di Jogja untuk menghadiri sebuah acara Kopi Darat Blogger Nasional. Kekaguman mengenai tempat wisata di Indonesia bermulai saat aku mengikuti kegiatan acara saat itu yang mengunjungi sebuah pedesaan tepatnya di Joglo Abang dan Desa Wisata Tembi. Saat itu aku benar-benar kagum dengan suasana sawah, udara yang sejuk, dimana membuatku ingin berlama-lama di tempat tersebut. Namun cukup disayangkan rundown acara yang begitu terasa cepat membuat diriku harus segera balik ke Balikpapan.

photo taken by mas NH HER

photo taken by mas NH HER

Kurang lebih setelah dua bulan berada di Balikpapan mataku mulai terasa gatal dengan pemandangan yang hijau-hijau, akupun mulai browsing mencari tempat-tempat wisata lainnya yang berada di Jogja saat itu. Kenapa Jogja ? Karena sebelumnya aku sudah pernah ke Jogja dalam sebuah acara, paling tidak aku sedikit mengetahui tempat tersebut, lagi pula saat itu aku masih seperti anak singa yang baru lepas dari kandang, kekhawatiran tinggi itu pasti ada. Ya itulah moment pertama dimana aku benar-benar liburan sendiri dan mempersiapkan semuanya sendiri secara matang mulai dari tiket pesawat, penginapan dan transportasi.

Hutan Pinus Imogiri

 

Wisata Alam Kali Biru

 

Gunung Api Purba

Setelah merasakan keberhasilan liburan sendiri ke Jogja, rasa percaya diripun semakin lebih besar. Destinasi-destinasi wisata di Indonesia satu persatu berhasil aku kunjungin hingga tahun 2016 ini.

Aku masih ingat banget saat pertama memulai blog pengunjung blogku hanya berkisar seratusan, namun setelah aku konsisten membahas tempat wisata di Indonesia di blog ini, pengunjung blog inisemakin lama semakin meningkat. Pengunjung blog yang terus bertambah hingga tembus ke angka 1000 membuatku sadar, ternyata masih banyak orang merasakan hal yang sama seperti hal pertama yang aku rasakan saat pertama kali melakukan liburan sendiri ke tempat wisata yang belum pernah aku kunjungi. Ini bukan tentang angka pengunjung tapi tentang manfaat dari sebuah cerita bagi banyak orang.

Ya,, aku selalu menuliskan semua perjalananku di blog ini.

Konsisten menuliskan dan berbagi foto tempat wisata di Indonesia yang pernah aku kunjungi, membuat diriku tidak puas hanya sampai disitu saja. Sekitar pertengahan 2015 aku mulai berusaha mendokumentasikan dalam bentuk video dalam setiap perjalananku. Agak ribet sebenarnya dimana kalian harus mengambil foto, cerita dan video dalam satu tempat. Hal tersebut aku lakukan karena rasa keingintahuan seseorang semakin lama semakin meningkat.

Baca Juga :  Siapa sahabat gue Siapa sahabat kalian

Jika kalian bertanya destinasi wisata yang paling aku sukai hingga detik ini dimana,, maka aku akan menjawab adalah Sulawesi. Memang sekitar bulan Agustus 2015 aku sempat menjawab destinasi wisata terbaik yang pernah aku kunjungi adalah Kota Tarutung, Sumatra Utara. Jawaban tersebut berubah karena baru bulan November 2015 kemarin aku berhasil mengikuti touring, mengunjungi beberapa Kota di Sulawesi yaitu Palu, Mamuju, Tana Toraja, dan Makassar.

Saat berada di dalam Pesawat Lion Air tujuan Balikpapan – Palu , saat itu aku sempat tertawa kecil di dalam hati ” Ya ampun Pulau tetanggaan dengan Kalimantan Timur aja baru kudatangi sekarang, malah yang jauh-jauh udah pernah kudatangi duluan hahahaha”.

Kenapa Sulawesi ? Walaupun hanya beberapa Kota yang aku kunjungi di Sulawesi, namun aku sudah bisa melihat Sulawesi memiliki budaya yang masih begitu kental contohnya saja seperti di Tana Toraja yang masih melestarikan upacara pemakaman yang begitu meriah. Sedangkan Palu dan Mamuju merupakan Kota yang berada di pinggir pantai, walaupun Kota tersebut berada di pinggir pantai, kebersihan pantainya benar-benar terjaga. Hal tersebut aku buktikan sendiri dengan melihat warna air laut yang masih berwarna biru di pinggiran pantai.

Desa Wisata Kete Kesu Tana Toraja

Pantai Mamuju

Pantai Mamuju

 

rumah adat toraja

rumah adat toraja

bakar babi

Target destinasi wisata yang ingin aku kupas tuntas kedepannya ialah Pulau Bangka, hal tersebut datang dari rekomendasi beberapa teman yang pernah berkunjung ke Pulau Bangka. Mereka sempat membuatku iri dengan keindahan Pantai Pulau Bangka, ah aku harus segera kesana.

Jika berangkat dari Balikpapan maka aku harus menyiapkan kembali perlengkapan mulai dari Tiket Pesawat, Hotel dan Destinasi Wisata. Rute penerbangan kali ini agak sedikit jauh karena dari Balikpapan ke Pangkal Pinang harus transit di Jakarta. Untuk jenis maskapai pesawat sendiri saat aku lihat pada halaman airpaz, hanya tersedia beberapa pilihan maskapai pesawat seperti Sriwijaya, Lion Air dan Citilink. Ah sebelum akhir tahun aku harus segera kesana…

Dan Inilah caraku mencintai Indonesia dengan mengenal Pesona Alam Indonesia.


Loading...

6 Comments

  1. Airpaz August 26, 2016
  2. Ria August 31, 2016
    • AnggiAlfonso August 31, 2016
  3. winny September 1, 2016
  4. cumilebay September 20, 2016

Add Comment

%d bloggers like this: