Kunjungan Wisata Pantai Manggar Balikpapan

Balikpapan adalah salah satu kota di indonesia yang berada tepat di pinggiran pantai. Walaupun kota tersebut berada di pinggiran pantai, namun tidak membuat warganya bosan untuk berkunjung ke Pantai Manggar. Padahal kalau di fikirkan kurang lebih 20 KM pinggiran kota balikpapan berbatasan langsung dengan garis pantai.

Kurang lebih perjalanan hampir satu jam gue tempuh dari tengah kota balikpapan menuju pantai manggar. Perubahan yang gue liat ialah daerah pantai manggar sudah mulai ramai oleh penduduk. Padahal sekitar 1 – 2 tahun lalu jika kalian ingin ke pantai manggar, perjalanan dapat kalian tempuh dalam waktu 30 menit. Ini disebabkan jalan yang sempit namun lalu lintas kendaraan di daerah ini sudah mulai padat.

Jika kalian merupakan pendatang yang ini kepantai manggar jangan khawatir, untuk kesini ada angkot yang bisa kalian gunakan dari terminal BP ( Balikpapan Permai ). kalian dapat menggunakan angkot nomor 7 . Nah tempat pantai manggar sendiri patokannya setelah jembatan panjang yang membelah hulu sungai, kurang lebih sekitar 300 meter setelah jembatan kalian akan melihat baliho besar Pantai Manggar di sisi kanan jalan.

Untuk tarif masuk ke kawasan Wisata Pantai Manggar ini di kenakan biaya 5 Ribu Rupiah Perorang, tidak di hitung kendaraan , karena di dalam tetap ada biaya tukang parkir.

Setelah melewati loket pembayaran tiket masuk, kalian akan bertemu persimpangan ( simpang tiga ) yang mana ini tempat yang berbeda. Untuk belok kanan di peruntukan bagi rombongan wisata yang tidak membawa bekal sendiri karena di sini terdapat berbagai macam warung yang di sediakan. Namun jika kalian membawa bekal sendiri dan ingin bakar-bakar ikan kalian harus mengambil jalan kiri dari persimpangan.

Baca Juga :  Desa Pampang Desa Wisata Suku Dayak Di Samarinda

Jika kalian mengambil jalan kiri dari persimpangan seperti yang gue lakukan pada penelusuran ini. Kalian harus lurus terus hingga melewati titian jembatan kecil, hingga kalian melihat pos sekuriti / basarnas / pos penjaga pantai. Disinilah kalian dapat memarkirkan kendaraan kalian. Jika kalian bertanya kenapa tempat bagi pengunjung yang membawa bekal sendiri lebih kedalam di banding yang tidak, jawabannya ialah karena banyaknya para wisatawan yang membawa bekal untuk bakar-bakar ikan jadi tetap ada pemantauan dari penjaga pantai. Siapa tau terjadi kebakaran yang tidak di inginkan.

basarnas pantai manggar

Setelah memarkirkan kendaraan disini kalian bakal melihat jejeran tenda yang sudah terpasang dengan baik. Untuk menyewa tenda di kenakan charge sebesar 100k tanpa ada batasan waktu. Nah disini kalian udah bisa mulai mengeluarkan bekal yang kalian bawa.

sewa tenda di pantai manggar

 

bakar ikan di pantai manggar

tips: bawalah bantal jika kalian menyewa pondok, ini tempat yang sangat baik untuk tidur-tiduran suasana angin yang sepoi-sepoi bakal membuat kalian ngantuk

Kalau di lihat dari sisi pantai tidak ada yang berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang ada di indonesia, namun tempat ini selalu ramai di akhir pekan. Kepenatan dalam bekerja membuat sebagian besar warga balikpapan menghabiskan waktu berliburnya di pantai manggar, entah itu bersama teman kerja, keluarga ataupun komunitas.

Untuk hiburan lainnya di pantai manggar ini kalian dapat menemukan hiburan lain seperti banana boat, paralayang, dan perahu boat. Untuk paralayang sendiri sangat susah di temukan hanya pada event-event tertentu jasa paralayang dapat kalian temukan disini.

perahu boat pantai manggar

Jika kalian masih penasaran seperti apa pantai manggar balikpapan, Ini ada sedikit video yang gue rekam saat berkunjung ke pantai manggar balikpapan.

 

Loading...

One Response

  1. Idah Ceris September 25, 2014

Add Comment

%d bloggers like this: