Saturday , 23 September 2017
Makam dan Museum Soekarno di Kota Blitar

Berkunjung Ke Makam dan Museum Soekarno di Kota Blitar

Halo gaes seperti janji gue kemarin gue bakal bahas satu persatu tempat wisata di Kota Blitar. Nah untuk pembahasan pertama gue bakal ngebahas tentang Makam dan Museum Soekarno yang berada di Kota Blitar.

Makam dan Museum Soekarno sendiri berada tidak terlalu jauh dari pusat Kota Blitar. Jika kalian berangkat melalui stasiun Kota Blitar jarak tempuh hanya sekitar 3 KM. Untuk transportasi di Kota Blitar tidak terdapat angkot namun sebenarnya ada dua pilihan yang dapat kalian gunakan yaitu Ojek atau Becak. Gue sendiri lebih merekomendasikan kalian untuk menggunakan ojek, selain menghemat waktu tarif ojek dan becak biasanya berbeda tipis. Namun jika kalian ingin sambil menikmati pemandangan di Kota Blitar kalian bisa menggunakan becak.

pendaftaran pengunjung museum dan makam soekarno blitar

Sesampai di depan gerbang utama Makam dan Museum Soekarno kalian bakal melihat pos pendaftaran. Di Pos pendaftaran kalian wajib mengisi buku tamu dan ada sedikit biaya administrasi yang dibayar seiklhasnya. Informasi tersebut gue dapat langsung saat bertanya kepada salah satu petugas yang berjaga didepannya. Jadi kalian bisa bayar goceng, cepek ceng atau semampu kalian.

Setelah mengisi buku tamu ada dua pilihan, dimana sebelah kiri lokasi terdapat gapura menuju makam soekarno atau disebelah kanan menuju museum soekarno. Saat itu gue mengujungi makam soekarno sebelum menuju museum soekarno.

Baca Juga :  Komunitas Cosplay Balikpapan

gapura makam bung karno

Setelah memasuki gapura makam soekarno kalian bakal melihat satu tempat luas yang mana ditengah-tengahnya terdapat pendopo berukuran besar. Saat gue mendekat ke pendopo ternyata disitulah terdapat makam soekarno. Pada pendopo tersebut terdapat 3 makam, dimana disebelah kanan merupakan makam dari istri soekarno, ditengah merupakan makam dari soekarno dan disebelah kiri gue lupa makam dari siapa.

makam bung karno blitar

Di tengah pendopo tersebut banyak banget para peziarah berdoa dengan cara menghadap ke makam tersebut. Beberapa dari mereka seperti serius seperti mengharapkan sesuatu, padahal bukannya sesuatu tersebut hanya berdoa kepada tuhan secara langsung ? ah sudahlah mungkin itu sudah menjadi tradisi.

Selesai ziarah kemakam soekarno kalian dapat keluar melalui pintu yang berada disebelah kanan belakang pendopo. Nah disini itu banyak banget toko-toko yang menjual berbagai cindera mata bertuliskan soekarno. Bagi kalian yang sering membawa oleh-oleh saat berpergian disinilah tempatnya, namun sayang banget jalur keluar tersebut seperti labirin yang berjarak 200-300an meter. Tidak ada pintu keluar selain melalui labirin tersebut, jika kalian terburu-buru mungkin kalian akan merasa boring mengikuti arah satu jalur tersebut.

Setelah keluar dari labirin tersebut kalian harus berjalan kembali menuju gerbang utama, itupun jika kalian ingin melanjutkan perjalanan ke museum Soekarno.

Baca Juga :  Cosplayer Kalimantan Berkumpul Di Japan Festival 2014 Balikpapan

Setiba didepan gerbang utama Makam dan Museum Soekarno kalian dapat melanjutkan perjalanan ke Museum Soekarno disebelah kanan kalian. Saat menurunin tangga menuju Museum Soekarno kalian bakal melihat ukiran tokoh-tokoh hebat yang berjuang merebut kemerdekaan Indonesia. Di tengah bangunan sendiri terdapat salah satu patung Soekarno berukuran besar. Saat gue melihat patung tersebut, patung tersebut seperti memiliki aura ketegasan.

museum bung karno

ukiran batu bung karno

Nah dua bangunan pada Museum Soekarno sendiri memiliki isi yang berbeda, bangunan disebelah kiri merupakan bangunan perpustakan dimana isinya terdapat buku-buku bertuliskan sejarah Soekarno. Nah disebelah kanan sendiri merupakan museum gallery foto-foto perjuangan soekarno dari muda hingga tua. Disini juga terdapat replika rumah tempat pengasingan Soekarno mulai dari tempat pengasingan di flores hingga di Sumatra Utara. Selain itu di ruangan tersebut juga terdapat koleksi uang-uang klasik, lukisan, buku-buku doa milik Soekarno dan sejenis keris milik Soekarno.

koleksi foto bung karno

rumah pengasingan bung karno di parapat

Nah itu dia kunjungan gue sewaktu mengunjungi Makam dan Museum Soekarno Kota Blitar. Buat yang pengen nonton video dokumentasi lengkap mengenai Makam dan Museum Soekarno di Kota Blitar dapat menonton di bawah ini.

 

About AnggiAlfonso

Blogger asal Balikpapan yang terdampar di Kota Jogja.

Check Also

keindahan pesisir pantai pulau bokori kendari

Keindahan Pesisir Pantai Pulau Bokori Kendari

Kendari adalah Kota yang masih terbilang sepi, jika dibandingkan dengan Kota Batam perkembangan kotanya masih …

3 comments

  1. banyak sudut menarik ya di makam bung karno

  2. Saya belum pernah ke sini. Semoga lain hati sampai Blitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *