Wisata Air Soda di Kota Tarutung

Menuju Kota Tarutung kurang lebih menghabiskan waktu tujuh jam perjalanan dari Kota Medan. Kota Tarutung sendiri berada di wilayah Sumatra Utara. Saat menuju Kota Tarutung kalian akan singgah di beberapa kota lainnya seperti Kota Siantar yang terkenal dengan kebun binatangnya dan Kota Parapat yang terkenal dengan Danau Tobanya.

Ada banyak alternatif mengunjungi Kota Tarutung selain menggunakan kendaraan pribadi, selain itu ada banyak travel yang menuju Kota Tarutung. Kereta Api dari Kota Medan juga disediakan namun kereta api sendiri hanya sampai di Kota Siantar, dari Siantar sendiri kalian harus menghabiskan waktu sekitar 4 jam lagi menuju Kota Tarutung.

Sesampai di Kota Tarutung kalian dapat berkunjung ke salah satu tempat Wisata yaitu Air Soda. Wisata Air Soda Kota Tarutung merupakan salah satu keajaiban di Dunia, bagaimana tidak air soda sendiri hanya terdapat 2 di Dunia hingga saat ini.  Tempat lain Wisata Air Soda selain di Kota Tarutung yaitu di Negara Venezuela. 

Berbagai macam cerita terdengar saat gue berusaha mengetahui asal mula air soda kota tarutung ini. Mulai dari para penjajah yang mandi di tempat tersebut kemudian seluruh prajurit yang mandi di tempat tersebut meninggal, sehingga para penjajah berusaha menutup sumber air tersebut dengan cara meledakannya. Saat pengeboman di sumber air tersebut terlihat rembesan darah yang di yakinin sebagai darah dari naga. Hingga akhirnya  sang pemilik wisata air soda sekarang menemukannya.

Wisata Air Soda

Untuk mengunjungi tempat Wisata Air Soda tidak begitu jauh dari pusat Kota Tarutung, hanya berkisar 10 menit dari tengah Kota Tarutung.

Saat Tiba di Wisata Air Soda kalian tidak akan dikenakan biaya tiket masuk alias gratis, entah apa alasan sang pemilik tempat wisata tersebut tidak mengenakan biaya tiket masuk. Mungkin sang pemilik meyakinin bahwa sesuatu dari alam yang didapatkan secara gratis tidak sepenuhnya harus dikomersilkan.

Baca Juga :  Perjalanan dari Jogja Ke Dieng

Di tempat tersebut terdapat salah satu tempat nongkrong, disini kalian dapat memesan makanan, ataupun minuman. Makanan dan minuman yang disediakan disini jangan difikirkan sama dengan makanan-makanan tempat wisata lainnya yang menyediakan burger atau juice. Tempat makan disini hanya menyediakan makanan seperti gorengan, indomie, telor rebus, dan jajanan pasar. Untuk minumannya sendiri hanya berupa minuman sachet, kopi dan teh.

Disarankan sebelum berendam di Air Soda kalian harus mengisi perut kalian dengan makanan yang mengandung protein tinggi.

Untuk sekedar info bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Wisata Air Soda sebaiknya datang di pagi hari. Karena pada pagi hari air tersebut belum tercemari oleh air sabun. Buktinya saja saat siang hari gue mengunjungi tempat tersebut banyak warga sekitar yang mandi di kolam tersebut, tidak hanya mandi tapi juga menggunakan shampoo dan sabun. Kalian bisa bayangkan jika terdapat 10 orang sabunan di dalam kolam tersebut. Itulah mengapa gue menyarankan bagi para pembaca untuk datang di pagi hari, karena pada pagi hari air tersebut sudah terbilang bersih akibat perputaran dari mata air yang tumpah memenuhi kolam.

peraturan wisata air soda kota tarutung

Kelebihan dari tempat Wisata Air Soda Kota Tarutung menurut gue ialah pemandangan yang terbuka disekitar kolam, yang membuat kalian benar-benar merasa nyaman sambil menikmati pemandangan bukit.

kolam air soda kota tarutung

11 Comments

  1. Idah Ceris February 26, 2015
    • AnggiAlfonso March 7, 2015
  2. Goiq February 27, 2015
    • AnggiAlfonso March 7, 2015
  3. fajar March 6, 2015
  4. Hastira March 6, 2015
  5. Martodo S March 15, 2015
  6. Aya April 5, 2015
  7. The Stress Lawyer April 10, 2016
  8. Armansyah January 2, 2017

Add Comment

%d bloggers like this:
close