Solusi Pen Pressure Wacom Bamboo Yang Bermasalah

Beberapa minggu yang lalu saya sempet mengalami kendala saat menggunakan wacom bamboo gue yang udah nganggur sebulanan. Awalnya graphic tablet yang gue punya gue fikir telah rusak namun dengan sedikit kesabaran dan mencoba akhirnya masalah tersebut terselesaikan.  Sedikit susah awalnya karena informasi yang gue dapat nyaris tidak ada.

Kendala yang gue alami ialah pen pressure wacom bamboo gue tidak memiliki sensivity yang cukup. Jadi kalau mau misal ngegambar gitu. Gue mesti cukup menekan secara kuat pen gue ke tablet untuk mendapatkan pressure brush yang tebal. Padahal settingan pada Wacom Prefences sudah menunjukan bar soft. Padahal biasanya kalau untuk settingan soft, di teken dikit aja mode pressurenya brushnya udah tebel banget.

pen pressure wacom ctl 460

Hal tersebut gue alami pada wacom bamboo series ctl 460. Mungkin untuk saat sekarang serries tersebut sudah ga di keluarkan, kalaupun ada itu hanya sisa stock gudang. Penggantinya ialah series Wacom Bamboo Series Ctl 470.

Jika anda mengalami hal tersebut yang perlu di perhatikan adalah di bawah ini.

  • Driver Error
  • Windows Corrupt
  • Pen kotor

Gue sendiri sebenarnya belum mengetahui, apa penyebabnya dari masalah di atas. Tapi dengan menyelesaikan 3 tahap di atas Pen Pressure Wacom Bamboo gue kembali Normal. Satu hal yang perlu anda ketahui ialah pen pressure yang bermasalah bukan berarti Graphic tablet yang anda miliki rusak.

[highlight]Ini untuk graphic tablet serries wacom loh ya dan gue uji coba pada windows 7[/highlight].

Oke kita mulai dari yang pertama

Driver Error

Pada permasalahan ini kalian harus meng-uninstall driver wacom yang kalian miliki. Sebelum meng-uninstall ada baiknya kalian harus mengunduh driver wacom kalian pada situs resmi wacom disini. Setelah menyiapkan driver baru, kalian dapat melanjutkan uninstall pada driver yang ada. Untuk cara uninstall sepertinya kalian udah cukup tau, kalian cukup masuk ke control panel kalian kemudian masuk pada menu program and feature ( windows 7 ). Jika sudah jangan restart kompi anda, ikuti bacaan selanjutnya. Nah setelah kalian uninstall driver yang lama, disini kalian pasti akan bertanya karena graphic tablet yang kalian miliki masih bisa dapat digunakan. Yup itu benar sekali, gue juga pertama berfikir hal yang sama.

Hal tersebut terjadi karena bawaan pada Windows 7 sudah mengenali jenis graphic tablet. Tapi coba anda teliti lebih dalam, graphic tablet yang anda miliki hanya berfungsi seperti mouse yang tidak memiliki klik kiri dan klik kanan serta tidak memilik pressure.

Baca Juga :  Liburan Sendiri Kenapa Enggak?

Untuk membersihkan driver wacom untuk tingkat selanjutnya kalian harus mencabut / melepaskan Wacom driver kalian. Karena kalian harus membersihkannya dari regedit. Cara membuka regedit ialah buka start kemudian ketik regedit, nanti akan muncul regedit.exe nah enter deh. Disini kalian harus mencari sisa / sampah dari driver kalian, kenapa gue ga menggunakan tools ? Gue takut dengan tools karena salah hapus ntar malah tambah error.

  • * Cari dan delet file yang ada di  HKEY_CURRENT_USER\Software\wacom
  • * Cari dan delet file yang ada di HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\wacom
  • * Cari dan delet file yang ada di HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run\eg ui

Jika tidak ada maka lanjutkan saja, beberapa series wacom berbeda penempatannya.

Windows Corrupt

Nah hal selanjutnya yang gue lakukan ialah membersihkan aplikasi-aplikasi yang tidak penting atau terkadang terinstall tanpa kita sadari fungsinya. Anda bisa lihat pada control panel > program and features. Segera hapus program program aneh tersebut, ini memungkinkan windows menjadi corrupt. Jika sudah membersihkan temporary files, kali ini saya menggunakan aplikasi cc cleaner. Untuk downloadnya kalian bisa google sendiri. Kemudian kalian dapat membersihkan nya, pada aplikasi ini gue tidak menggunakan fungsi regedit cleaner.

Wacom Remove Driver

Jika sudah kalian dapat mengatur msconfig, cara membukanya melalui start kemudian ketikan msconfig dan enter. Pada tab start up matikan aplikasi-aplikasi aneh yang menurut kalian tidak berfungsi.

Wacom Driver Remover

Jika sudah maka kalian dapat menshutdown pc kalian sejenak kemudian hidupkan kembali. Jika sudah kalian dapat menginstal kembali driver yang sudah kalian download dan restart. Jika kalian mengikuti dengan benar maka Pen Pressure Wacom Bamboo yang kalian miliki akan kembali normal.

Pen Kotor

Nah untuk masalah ini sebenarnya tidak mesti di lakukan, karena pada satu ini sangat bahaya. Disini kalian harus membongkar pen wacom yang kalian miliki. Disini gue mencoba pada pen wacom ctl 460 dan mungkin berbeda untuk series intuos, jadi gue tidak merekomendasikan bagi yang pen wacomnya tidak sama. Setelah membuka wacom pen kalian harus meremas-remas atau menekan-nekan pada gulungan gumparan kawat yang ada. Longgarnya kawat membuat gelombang dari pen ke tablet sedikit terganggu. Untuk cara membersihkan Pen wacom silahkan liat video pada bagian di bawah yang gue buat.

Loading...

27 Comments

  1. nunu March 23, 2014
  2. Zippy April 16, 2014
  3. hpl November 15, 2014
    • AnggiAlfonso November 17, 2014
  4. harun Arrosyid April 11, 2015
    • adi June 25, 2016
  5. euis November 10, 2015
  6. krisma26 October 8, 2016
    • AnggiAlfonso October 8, 2016
  7. novirini January 12, 2017
    • AnggiAlfonso January 12, 2017
  8. ade February 6, 2017
    • AnggiAlfonso February 20, 2017
  9. Nizar March 3, 2017
    • Nizar March 3, 2017
    • AnggiAlfonso March 7, 2017
  10. M Raffi Hidayat March 19, 2017
  11. Jimmy Vernando April 24, 2017
  12. Tylun April 24, 2017
  13. Inn May 13, 2017
  14. Sibuta dari Gua Hantu June 20, 2017
    • AnggiAlfonso June 22, 2017
  15. yowdi July 31, 2017
    • AnggiAlfonso August 3, 2017
  16. angga September 27, 2017

Add Comment

%d bloggers like this: