Medina atau madinah adalah salah satu kota di negara arab saudi. Kota Medina termasuk bagian dari tanah harram, yang artinya hanya orang orang muslim dan niat tulus yang di perbolehkan masuk ke wilayah tersebut. Jika anda sebagai jemaah umroh atau haji pasti anda akan mendarat di kota jeddah ( international airport king abdul aziz ), dimana perjalanan dari jeddah ke Madinah di tempuh dalam waktu  kurang lebih 5 jam. Sebenarnya bisa di tempuh dalam waktu 3 jam stengah, tapi mengingat banyaknya cctv yang yang merekam. Maka untuk setiap bus hanya di perbolehkan max dengan kecepatan 80 KM.

Maddinah sendiri memiliki beberapa khas yang sering di bilang sebagai tanah harram, dimana di tempat tersebut hanya ada istilah hallal dan haram. Halal dan haram sendiri berlaku di berbagai hal contohnya di dalam transaksi jual beli, disini kata iya dan tidak dalam tawar menawar di ucapkan dengan kata hallal atau haram. Disini bagi wanita anda harus menggunakan / menutup aurat kalian begitu juga pria. Selain itu pada saat memasuki tanah harram anda tidak boleh merusak tanaman / membunuh binatang.

Dimadinah sendiri terdapat mesjid al nabawi yang di dalamnya terdapat makam rasul atau yang lebih di kenal dengan nama raodah atau tanah surga. Ada beberapa tempat penting di madinah selain mesjid al nabawi yaitu mesjid kubah, mesjid bir ali, dan bukit uhud ( ada beberapa tempat lainnya mungkin gue lupa ).

mesjid nabawi
mesjid nabawi

Dimesjid nawabi hampir ribuan orang setiap waktunya mengikuti sholat. Berbagai negara muslim berkumpul di sini. Jika kalian sholat di masjid nabawi madinah dan kalian di langkah-langkahin jangan di masukan ke hati. Gue sendiri merasakan di saat gue sujud kepala gue di langkahi. Dan hal tersebut di lakukan oleh orang luar, dan bukan orang indonesia. Gue sempat sedikit bertanya apa memang seperti itu tata krama di negara mereka. Beruntunglah kalian yang berasal dari indonesia yang memiliki tata krama yang patut di acungin jempol.

mesjid nabawi
mesjid nabawi

Mesjid bir ali merupakan tempat mengambil miqat. Miqat sendiri merupakan tempat untuk memulai ihram. Jadi disaat kalian sudah selesai sholat untuk memulai ihram kalian harus menggunakan pakaian ihram. Gue sendiri kurang begitu tau apa yang menetapkan mesjid tersebut menjadi tempat memulai ihram. Karena tidak semua mesjid bisa di jadikan tempat untuk memulai ihram.

bukit uhud
bukit uhud

Bukit Uhud sendiri merupakan tempat pertempuran perang uhud. Disini terdapat makam salah satu makam yang di kelilingi dengan tembok namun beberapa sisi tembok tersebut di buat dengan tralis besi sehingga jemaah dapat melihat langsung. Makam di sini merupakan tempat makam bagi para pasukan perang / tentara muslim sewaktu perang uhud.

mesjid kubah
mesjid kubah madinah

Sebagai jemaah dari indonesia istilah merokok mungkin susah di hilangkan. Untungnya di Madinah sendiri tidak ada larangan merokok di jalan. Ya tapi yang penting kalian harus tetep menghargai orang sekitar, apakah asap rokok kalian mengganggu orang sekitar kalian.

4 Comments

  1. kakaakin February 8, 2014 at 6:04 pm

    OOT. Huruf besar, huruf kecil, di dan di-, gue dan Anda.

    Foto payung2 itu selalu menarik hati :)

    Reply
    1. AnggiAlfonso - Site Author February 9, 2014 at 3:41 am

      heheh tidak apa..biarkan tulisan itu mengalir..
      *ga baca about yah

      Reply
  2. farizalfa February 9, 2014 at 9:39 am

    wah… baru tahu kalau ada orang yang sengaja ngelangkahi jemaah sedang shalat gitu. :)
    Kayak nya beruntung banget jadi Indonesia ya, tata krama nya masih yahud dah.

    Reply
    1. AnggiAlfonso - Site Author February 11, 2014 at 12:31 am

      sengaja atau tidak saya kurang tau,,tapi itu terjadi,,

      Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *