Monday , 23 October 2017

Istana Gebang Kota Blitar – Rumah Peninggalan Orang Tua Bung Karno

Halo gaes,, sedikit telat sebenarnya dengan janji gue yang ngebahas satu persatu tempat wisata yang gue rekomendasikan sewaktu berkunjung ke Kota Blitar dalam misi One Day Trip. Nah kali ini gue bakal ngebahas secara tuntas apa aja sih yang ada di Istana Gebang Kota Blitar.

Sejarah Istana Gebang merupakan rumah peninggalan dari Orang Tua Bung Karno. Dimana Bung Karno sendiri menghabiskan masa remajanya di Istana Gebang Tersebut. Luas area Istana Gebang yaitu sekitar sekitar 1300 meter persegi. Nah di tanah yang berukuran luas tersebut terdapat rumah-rumah terpisah dengan fungsi yang berbeda. Seperti disisi kiri bangunan rumah utama terdapat aula  yang biasanya digunakan sebagai tempat pentas seni atau acara keluarga. Disisi kanan bangunan rumah utama sendiri terdapat rumah lainnya, namun gue sendiri tidak mengetahui secara pasti rumah tersebut digunakan sebagai apa.

Karena yang terbuka untuk umum hanya satu yang berada pas di tengah-tengah area, akhirnya tanpa fikir panjang gue langsung menuju tempat tersebut. Saat memasuki rumah utama gue disambut beberapa mba-mba cantik yang menjaga tempat tersebut. Seperti pada tempat sebelumnya, disini kalian harus mengisi buku tamu yang telah di sediakan dan tidak dikenakan biaya administrasi / sumbangan sedikit pun. Sedikit mengherankan sebenarnya karena beberapa tempat wisata bersejarah biasanya ada biaya administrasi / tiket masuk, karena penasaran gue pun sempat bertanya siapakah yang mengelola tempat wisata bersejarah di Kota Blitar. Ternyata seluruh tempat wisata bersejarah di Kota Blitar dikelola oleh pemerintah setempat. Salut banget buat pemerintah Kota Blitar

Baca Juga :  Batu Dinding Objek Wisata Baru Balikpapan

ruangan depan istana gebang kota blitar

Selesai mengisi buku tamu gue langsung berkeliling di sekitar rumah. Seperti yang gue bilang sebelumnya di tempat tersebut banyak sekali benda-benda bersejarah peninggalan dari Bung Karno serta keluarganya. Disini juga terdapat kamar dari Bung Karno yang masih sama dan tidak ada renovasi sama sekali. Saat mengunjungi kamar Bung Karno aura ruangan disini terasa berbeda, bukan bicara tentang mistis namun antara percaya dan tidak percaya tapi itulah kenyataannya.

kamar bung karno di istana gebang kota blitar

Melanjutkan penelusuran lainnya gue tiba di sebuah ruangan yang sepertinya ruangan keluarga. Disini terdapat berbagai macam meja kerja, kursi klasik, dan mesin ketik kuno.

ruang keluarga istana gebang kota blitar

Kemudian pada bagian sisi belakang bangunan terdapat beberapa ruangan lainnya seperti kamar mandi, dapur, ruang makan dan gudang.  Pada gudang sendiri terdapat beberapa alat dapur yang disimpan pada ruangan tersebut, disini juga terdapat sepeda ontel namun gue tidak sempat bertanya kepada penjaga apakah sepeda tersebut merupakan sepeda milik Bung Karno atau bukan. Hal lainnya yang membuat gue sedikit bertanya ialah pada ruangan gudang tersebut terdapat blender elektrik, ternyata jaman dahulu sudah terdapat blender elektrik toh :||

Baca Juga :  Wisata Rohani Bukit Salib Kasih Tarutung

ruang makan istana gebang kota blitar

alat dapur istana gebang kota blitar

sepeda ontel istana gebang kota blitar

Saat menuju bagian sisi belakang bangunan disini terdapat sumur tua, yang mungkin digunakan sebagai sumber mata air. Pada sumur tua tersebut disediakan beberapa gelas jika kalian ingin mencoba rasa dari air sumur tersebut.

sumur tua istana gebang kota blitar

Kembali melanjutkan ke sisi belakang bangunan disini terdapat tungku masak yang masih menggunakan kayu bakar, kemudian terdapat kamar mandi asli yang belum direnovasi sama sekali, mushola yang digunakan sebagai tempat beribadah dan mobil Bung Karno.

mobil presiden bung karno di istana gebang kota blitar

Nah gaes itu dia reportase gue sewaktu mengunjungi Istana Gebang Kota Blitar yang berada di  Jl. Sultan Agung No. 69, Sanan Wetan, Blitar, Jawa Timur 66137

Buat yang masih penasaran kalian bisa nonton video dokumentasi gue di bawah ini. Jangan lupa sekalian subscribe jika kalian ingin tahu lebih banyak dokumentasi gue.

 

 

About AnggiAlfonso

Blogger asal Balikpapan. Menyukai Pariwisata Indonesia.

Check Also

keindahan pesisir pantai pulau bokori kendari

Keindahan Pesisir Pantai Pulau Bokori Kendari

Kendari adalah Kota yang masih terbilang sepi, jika dibandingkan dengan Kota Batam perkembangan kotanya masih …

5 comments

  1. Lalu foto-foto yang tertempel di ruang keluarga atau di ruang lainnya, adakah gambar Bung Karno beserta keluarganya atau foto-foto siapa saja Mas?

  2. It’s really a cool and helpful piece of information. I am happy that you just
    shared this useful information with us.Please
    stay uus informed like this. Thanks for sharing.

  3. Nice gan artikel dan infonya :)
    Salam dari BlogWalker!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: