Friday , 18 August 2017
Datsun Risers Expedition Tiba di Kete kesu

Datsun Risers Expedition Menempuh jarak ±1200 KM Di Sulawesi

Seminggu yang lalu tepatnya dari tanggal 14 september 2015 hingga 19 september 2015 saya sedang berada di Pulau Sulawesi, dalam rangka mengikuti acara Datsun Risers Expedition. Saat itu saya diberikan kesempatan untuk mengendarai mobil Datsun bersama team saya dengan type mobil Datsun GO+ Panca. Mobil Datsun yang saya gunakan sendiri memiliki nomor urut 4 atau risers 04.

Rute Datsun Risers Expedition saat saya mengikuti masuk dalam etape 2 Sulawesi. Dimana rute yang harus saya lewati ialah dari Kota Palu > Kota Mamuju > Tana Toraja dan berakhir di Kota Makassar. Lama perjalanan yang kami habiskan dari start awal Kota Palu dan berakhir di Kota Makassar yaitu 3 hari nonstop. Dimana total jarak tempuh para peserta Datsun Risers Expedition Sulawesi Etape 2 yaitu ± 1200 KM.

Saya sendiri sebenarnya tidak tahu pasti berapa total jarak tempuh yang telah dilewati, namun saya hanya menghitung secara kasar dari data Google Maps dengan tambahan expedition lainnya seperti mengunjungi tempat-tempat wisata yang kami lewati.

rute datsun risers expedition sulawesi etape 2
rute datsun risers expedition sulawesi etape 2

Rute perjalanan dari Kota Palu hingga Kota Makassar bukanlah rute yang begitu mudah, jalanan berliku menuntut mobil harus selalu prima dalam setiap tikungan, belum lagi tanjakan yang selalu saya temukan ditiap perjalanan. Saya ingat banget tanjakan dari mamuju menuju toraja sangat berliku, akselerasi dan handling mobil sangat berpengaruh besar melewati rute ini. Namun saat saya menggunakan mobil Datsun GO+ Panca rute tanjakan dan berliku tersebut bukan lagi menjadi halangan.

Baca Juga :  Kota Penang Malaysia Kini Ramai Dengan Tujuan Wisata

Mobil Datsun Go+ Panca Risers 04

Handling mobil Datsun GO+ Panca terlihat sangat baik walaupun ban mobilnya bisa kita ketahui berukuran kecil dibanding mobil-mobil city car lainnya. Untuk akselerasi mobil terbilang sangat bagus, saya sendiri mencoba langsung di persneling gigi 3 mobil Datsun GO+ Panca dapat melaju hingga kecepatan 100KM/jam, jika saya paksakan lari diatas 100KM/jam maka mesin mobil mulai bergetar. Pada umumnya mobil dengan cc 1200 mesinnya akan bergetar jika dibawa dengan kelajuan 80KM/jam.

Mobil Road Captain Mengawal Peserta Datsun Risers Expedition
Mobil Road Captain Mengawal Peserta Datsun Risers Expedition

Kemudian saya sendiri sempat melakukan test drive atas comando dari Road Captain. Kecepatan yang berani saya tempuh menggunakan mobil Datsun GO+ Panca ialah 130KM/jam dengan persneling gigi 4. Saat itu saya sendiri memang tidak berani memacu lebih laju karena saya tidak berani bawa laju-laju. Beberapa risers lainnya yang mencoba mampu menaklukan hingga kecepatan 140-150KM/Jam wow.

Mesin mobil Datsun GO+ Panca terbilang sangat bandel ini saya buktikan saat kami menempuh semua rute yang total jaraknya ±1200 KM. Perjalanan sejauh itu kami tempuh dalam waktu 3 hari, dimana tiap harinya perjalanan menghabiskan waktu selama ± 10 sampai 12 jam. Kurang lebih start perjalanan dimulai  jam 9 Pagi selama 3 hari berturut-turut dan berakhir disetiap kunjungan jam 9 – 10 malam. Waktu mobil beristirahat hanya saat rombongan Datsun Risers Expedition menginap di Hotel.

Baca Juga :  Ingin Belajar dan Mengenal Fasilitas Garuda Indonesia ?

Dalam rombongan Datsun Risers Expedition ada 2 mekanik senior yang di bawa langsung dari Jakarta. Mekanik tersebut selalu menemani rombongan Datsun Risers Expedition. Sayapun sempat menanyakan kepada mekanik tersebut mengenai perawatan selama acara Datsun Risers Expedition, perawatan hanya dilakukan saat pergantian peserta etape. Jadi selama rombongan kami melalui rute Palu hingga ke Makassar hanya ada satu kali perawatan kendaraan sebelum mobil Datsun GO+ Panca tersebut digunakan.

Kerusakan yang pernah terjadi selama touring dari pulau jawa hanya pada aki dan velg. Sang mekanik mengatakan aki sendiri sering soak karena beberapa risers lupa mematikan radionya saat meninggalkan mobil ( radio seperti di taxi ), tidak mematikan radio sebenarnya sangat menguras aki, apalagi ditinggal semalaman dalam kondisi mesin mobil tidak menyala. Untuk penggantian velg sang mekanik mengatakan bahwa ada 2 kali penggantian velg mobil selama ini ( dari jawa> bali>lombok>sulawesi ), ini menjadi hal umum jika melakukan touring, mengingat medan rute berbeda-beda. Untuk mesin sendiri sang mekanik mengatakan selama touring dari Pulau Jawa hingga Sulawesi tidak ada kendala pada bagian mesin.

Itulah testimoniku mengenai perjalanan Datsun Risers Expedition Sulawesi Etape 2 yang menempuh jarak ± 1200 KM dengan lama perjalanan 5 hari keseluruhan. Buat kalian yang pengen liat dokumentasi pribadi saya mengikuti acara Datsun Risers Expedition bisa tonton video di bawah ini.

 

 

About AnggiAlfonso

Blogger asal Balikpapan yang terdampar di Kota Jogja.

Check Also

sempati star double decker

Nyobain Bus Mewah Medan Aceh Sempati Star Double Decker

Kemewahan Bus rute Medan – Aceh sebenarnya sudah saya dengar dari tahun lalu dari kawan-kawan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *