Saturday , 23 September 2017
PG Gold Museum Penang

Berburu Emas di PG Gold Museum Penang Malaysia

Melanjutkan perjalanan saya sebelumnya di Penang Malaysia, kali ini saya berkunjung ke PG Gold Museum Penang yang jaraknya tidak terlalu jauh dari UpSide Down Museum Penang. Memang beberapa museum yang baru bermunculan berada di sekitar mall Komtar Penang Malaysia, jadi sebenarnya cukup mudah untuk mengunjunginya dengan berjalan kaki.

Rasa penasaran sebenarnya muncul akibat rekomendasi tripadvisor, walaupun banyak yang memberikan komentar buruk. Sisi lain adalah hal yang membuat saya sedikit penasaran, kenapa banyak sekali orang yang memberikan komentar buruk pada museum ini. Padahal untuk melihat proses penambangan dan pembuatan emas itu sangat susah loh ditemukan, apalagi bagi kalian yang berada di tengah kota.

Ticket PG gold Museum Penang

Setelah membeli tiket seharga 24 RM ( 81.600 rupiah ), saya mendapatkan satu orang guide yang terbilang cukup ramah menjelaskan segala hal di museum tersebut. Didalam sendiri sang guide memberitahukan Indonesia adalah negara penghasil emas kualitas terbaik, jadi untuk harga emas sendiri memang lebih murah di Indonesia. Saat itu ada 7 atau 6 negara yang menghasilkan emas terbaik.

Gold PG Gold Museum Penang Malaysia

Mengikuti lorong yang ada sambil mendengarkan penjelasan dari guide, saya melihat beberapa bongkahan emas yang memang ditaruh begitu saja disalah satu sisi bangunan museum. Setelah saya bertanya kepada guide apakah emas tersebut asli, sang guide mengatakan bahwa bongkahan tersebut adalah emas asli namun dengan kualitas dan karat yang sangat rendah.

Guide PG Gold Museum Penang Malaysia

Didalam ruangan sendiri juga terdapat beberapa koleksi emas yang super banyak, emas tersebut dipampang dalam lemari kaca transparant. Malah ada satu koleksi emas dengan berat 50KG yang dipampang begitu saja dan kita bisa memegangnya, entah bagaimana caranya emas tersebut tidak dapat dipindahkan atau mungkin telah dibaut dari sisih bawah meja. Setelah saya tanya ternyata koleksi emas tersebut adalah koleksi emas dari salah satu datuk di malaysia, namun sang guide tidak memberitahukan nama lengkap dari pemilik koleksi emas tersebut.

Baca Juga :  Pemecahan Rekor Muri Pizza Sepanjang 400 Meter di Balikpapan Tidak Jelas

Koleksi PG Gold Museum Penang Malaysia

Pada ruangan museum sendiri ada beberapa ruangan yang tidak diperbolehkan untuk merekam atau foto, mungkin ini demi menjaga kualitas dan pelaku pencurian.

Setelah itu kita akan tiba disalah satu ruangan dimana kita bisa mencari emas secara manual. Yup kita harus menambang emas layaknya di sungai. Bedanya sungai disini seperti paret berukuran kecil yang dalamnya telah dicampur pasir dan emas. Saat itu sang guide mengajarkan dengan telaten cara mengayak pasir yang mengandung emas, memang sedikit susah namun setelah 15 menit saya menemukan butiran emas pada ayakan pasir saya. Nah emas yang saya peroleh tersebut ialah emas asli low quality dan boleh dibawa pulang.

Nambang Emas di PG Gold Museum Penang Malaysia

Sebenarnya banyak hal yang diterangkan oleh guide mengenai emas, salah satunya yang saya ingat ialah emas yang kita gunakan bukanlah emas murni atau asli. Hal tersebut dilakukan karena emas murni sebenarnya sedikit lunak atau gampang peot jadi ada beberapa campuran yang digunakan untuk membuat emas tersebut menjadi keras.

Peleburan emas PG Gold Museum Penang

Setelah mengikuti lorong panjang dan penjelasan-penjelasan tentang emas oleh guide, akhirnya saya tiba disalah satu ruangan terakhir yang menurut saya emezing banget. Diruangan ini saya dapat melihat dari dekat proses peleburan emas. Namun sang guide menjelaskan kepada saya bahwa uji coba peleburan emas tersebut menggunakan perak yang mana prosesnya sama. Perbedaan proses peleburan emas dan perak hanya pada suhu tungku, kalau tidak salah selisih suhu peleburan perak dengan emas yaitu 20 derajat. Selain itu ada satuhal yang baru saya ketahui dalam proses peleburan emas ataupun perak, dimana setiap proses peleburan maka 1 gram emas ataupun perak tersebut akan terbuang sia-sia. Saya sendiri tidak sempat menanyakan kenapa 1 gram tersebut bisa hilang, apakah memuai atau bagaimana.

Baca Juga :  Wisata Rohani Bukit Salib Kasih Tarutung

smelting gold PG Gold Museum Penang

Setelah melihat proses peleburan emas ruangan terakhir yang kalian akan kunjungi ialah ruangan aksesoris. Diruangan aksesoris PG Gold Museum Penang ini kalian dapat membeli segala bentuk aksesoris yang terlihat seperti emas seperti celengan, gantungan kunci, gunting kuku, magnet kulkas dan gel pembersih emas agar mengkilat.

Aksesoris PG Gold Museum Penang

Itu aja liputan saya kali ini saat mengunjungi PG Gold Museum Penang Malaysia. Tempat tersebut saya rekomendasiin banget sebagai tujuan wisata di Penang Malaysia, karena banyak wawasan baru tentang emas yang akan kalian temukan nantinya setelah mengunjungi museum tersebut.

Video Dokumentasi PG Gold Museum Penang Malaysia

Buat yang pengen mengunjungi PG Gold Museum Penang Malaysia berikut adalah alamat / address nya

Address : 95, Lebuh Bishop, 10200 Pulau Pinang, Malaysia

Phone : +60 4-261 9999

Jam Buka : 9:00 am – 6:00 pm

Lama berkunjung :1-2 Jam

 

About AnggiAlfonso

Blogger asal Balikpapan yang terdampar di Kota Jogja.

Check Also

keindahan pesisir pantai pulau bokori kendari

Keindahan Pesisir Pantai Pulau Bokori Kendari

Kendari adalah Kota yang masih terbilang sepi, jika dibandingkan dengan Kota Batam perkembangan kotanya masih …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *