Sunday , 24 September 2017
we love balikpapan

Tua Muda Ngumpul Di Taman Tiga Generasi Balikpapan

Saat itu sedang malam minggu, beberapa pasangan mungkin menghabiskan waktunya dengan jalan berdua ke Mall atau nongkrong di cafe. Awalnya saya juga berencana untuk nongkrong di salah satu cafe, cuma karena saya merasa bosan jika harus cafe sebagai tempat tongkrongan akhirnya saya memutuskan untuk mencari tempat unik buat nongkrong selain cafe yaitu Taman Tiga Generasi yang berada di Kota Balikpapan.

Sebenarnya ada beberapa taman di Balikpapan, mungkin yang paling banyak diketahui oleh banyak orang yaitu Taman Bekapai Balikpapan yang berada di samping Polres Balikpapan. Namun karena tempat tersebut terlihat sangat tidak nyaman, dunia malamnnya dll  ( silahkan googling sendiri ) maka saya sengaja tidak mengunjungi tempat tersebut.

Taman Tiga Generasi  berada di daerah Ringroad Balikpapan, jika kalian sebagai pendatang maka patokannya adalah di depan SMA 5 Balikpapan atau di depan  Kantor Diknas  Balikpapan.

Saya kurang tau pasti kapan tempat tersebut diresmikan mungkin kalian bisa googling sendiri, tapi saya tidak menemukan atau saya sendiri tidak melihat batu peresmian di lokasi tersebut.

Baca Juga :  Desa Pampang Desa Wisata Suku Dayak Di Samarinda

Tempat ini sedikit unik menurut saya, karena pada tempat tersebut terdapat 3 spot yang dapat digunakan berbagai jenis umur. Kalau tidak salah di tempat tersebut terdapat 3 spot untuk rekreasi keluarga, misalnya saja pada spot pertama terdapat batu-batu kerikil yang biasa digunakan orang sebagai tempat berjalan untuk refleksi kesehatan. Namun di tempat tersebut juga terdapat sangkar burung berukuran sedang, lampion-lampion yang menambah kecantikan taman, arena kosong tempat bermain sepeda, beberapa kursi taman, dan ditengahnya terdapat tugu

tugu taman tiga generasi balikpapan

batu refleksi taman tiga generasi balikpapan

sepeda taman tiga generasi balikpapan

Kandang Burung Taman Tiga Generasi Balikpapan

Walaupun tempat tersebut dibuat terpisah menjadi 3 spot, tidak ada halangan buat kalian untuk mendatangi spot pertama, kedua dan ketiga. Sedikit hal unik di tempat tersebut ialah minimnya kursi taman membuat sebagaian pengunjung duduk lesehan di pinggir taman sambil bermain catur, ngobrol dan menikmati makanan yang dijual di pinggir taman.

Di tempat tersebut saya kembali mengingat masa lalu Kota Balikpapan, ya sekitar tahun 1996-2000 dimana saat itu hanya ada satu taman sebagai tempat piknik alternatif di Balikpapan selain Pantai Klandasan yaitu Taman Bekapai. Taman Bekapai Balikpapan dulu tidak memiliki air mancur, tidak ada pohon-pohon atau spot duduk seperti sekarang. Saat Taman Bekapai baru diresmikan setelah memiliki air mancur, banyak sekali anak kecil yang mandi di Kolam Air Mancur tersebut termasuk saya.

Baca Juga :  Komunitas Cosplay Balikpapan

Semoga saja Taman Tiga Generasi Balikpapan tersebut tetap terjaga kebersihan serta fasilitasnya. Kegiatan-kegiatan seperti duduk di taman, bercengkrama dengan anak, menemani anak bermain sepeda di tempat umum, inilah yang mulai hilang saat sekarang, dimana orang bisa menikmati harinya dengan cara berbeda, tanpa harus ke Mall.

Saya bukan mengkritisi Kota tempat tinggal saya, tapi karena saya mencintai Kota Balikpapan yang sudah lama saya tinggali. Saya tidak ingin nasib Taman Tiga Generasi Balikpapan seperti nasib Taman Bekapai Balikpapan yang sekarang menjadi tempat yang remang-remang saat malam hari.

About AnggiAlfonso

Blogger asal Balikpapan yang terdampar di Kota Jogja.

Check Also

keindahan pesisir pantai pulau bokori kendari

Keindahan Pesisir Pantai Pulau Bokori Kendari

Kendari adalah Kota yang masih terbilang sepi, jika dibandingkan dengan Kota Batam perkembangan kotanya masih …

3 comments

  1. kalau di jogja ini mungkin mirip dengan alun2 siti hinggil :)

  2. kalau di malang, ini bisa disebut ROMA – Rombengan Malam, heheheh

  3. keren banget disana, pantas jadi kota nomor 1 di Indonesia heheheh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *