Awalnya gue mengenal seseorang teman baru melalui wechat, tidak perlu gue sebutkan namanya. Dia sudah berada di contact gue sekitar semingguan, hingga akhirnya kemarin malam dia mengajak ketemu gue untuk gabung di komunitasnya yang di sebutkan bernama FORBID. Kurang lebih jam 10 malam gue datang ke basecamp komunitas tersebut, dan mengenal beberapa orang yang berada di komunitas tersebut.

Kurang lebih 15 menit kami mengobrol di luar ruangan karna sebagian pada masih ngerokok. Gue pun merasa happy karena menemukan teman teman baru. Disela sela waktu gue bertanya kepada salah satu member forbid apa sebenarnya komunitas forbid, dia pun menjelaskan bahwa forbid itu komunitas anak anak muda yang mau bekerja dan memiliki penghasilan. Member tersebut pun menjelaskan kepada gue. Kita disini sering dapat job ya lumayan penghasilan perhari itu bisa dapat hingga 400 ribu, gue pun kagum dengan komunitas tersebut. Hingga akhirnya gue bertanya, kalau job gitu bidang apa yang di ambil ? Apa semua jenis bida di ambil ? Atau lebih fokus ke satu bidang misal design grafis, multimedia, atau apa ? Pertanyaan itu tidak di jawab dan di alihkan dengan jawaban kita di sini di backup oleh orang pemerintahan yaitu dari komisi 6 pusat ( *gue berfikir curiga ) . Hingga akhirnya pun di ajak masuk kedalam keruangan.

Didalam ruangan gue bertemu lagi dengan seseorang yang sedikit gemulai dan jago ngomong. Panjang dan cepat sekali dia ngomong mengenai komunitas tersebut yang membuat kepala gue malas mendengar. Omongan tersebut pun berakhir dengan kata kata jaringan ( *whatt MLM ) . Ah gue terjebak!! ternyata forbid tersebut istilah penggelut MLM , tidak perlu gue sebutkan nama mlm nya apa.

Sekitar 1 stengah jam gue di prospek dengan 1 orang lainnya . Persentasi yang di perlihatkan pun sudah umum seperti mlm lain-lainnya yang membuat gue bosan ( teknik cuci otak ). Teknik yang di ucapkan nya tidak berpengaruh sama sekali terhadap gue. Gue sendiri sebenarnya pernah terjun dalam dunia MLM selama 1 tahun, MLM Klink yang memiliki Klink tower di jakarta yang menurut gue masih memiliki system MLM terhebat walaupun sekarang gue sudah stop.

Satu jam stengah persentasi pun di akhiri dengan pertanyaan kira kira anda minat brp packet ? Whaat…gue di skak dengan pertanyan tersebut, gue pun menjawab simple ya gue pelajari dulu lah ( tehnik menghindar ). Kemudian dia melihatkan sebuah foto dimana orang menggadaikan laptop, bkpb untuk bergabung dengan MLM tersebut.

Tau ga harganya untuk jadi member 1 packet ialah 600an ribu, dimana banyak orang ngambil 5 packet ke atas ( kata member tersebut).

Gue pun bertanya dalam diri gue, yang ga gue ungkapkan. Apa seperti ini system yang di terapkan oleh MLM tersebut ? Jika system seperti ini yang di terapkan oleh MLM tersebut jujur saya sebagai orang yang pernah mengikuti MLM merasa MLM tersebut salah.

Walaupun saya dulu pernah terjun di MLM Klink hanya setaun namun saya merasakan manfaat Ksystem sampai detik ini dan system MLM yang saya temui sekarang sangat berbeda jauh. Ini bukan tentang system perputaran dana tapi Ksystem, jika anda sudah pernah terjun di KLINK pasti anda akan paham.

Cuma satu pesan terhadap MLM tersebut yang gue dapat dari Ksystem. Tak perlu takut akan trauma orang atas MLM, tunjukan system mu jika itu benar maka orang akan melihat dan mendatangi mu . Jika dari awal kau sudah menjebak orang dengan alasan trauma, itu adalah kesalahan dari sebuah system yang kau terapkan dan itu menjadi pembohongan publik.

Gue tidak perlu menyebutkan nama MLM nya apa kalian bisa memahami sendiri.

87 Comments

  1. tomi December 16, 2013 at 2:59 pm

    forbid punya MNI yg ganti nama jadi MSS kan mas :D

    saya sendiri bekerja di web developer khusus MLM di jogja.. sebenarnya kalau ada produk dan semua leader dan pelaku MLM nya bagus, ya kita akan dapat hasil yg baik juga

    Reply
    1. AnggiAlfonso - Site Author December 16, 2013 at 9:06 pm

      aku ga nyebut loh yahh,,

      Reply
      1. willy November 28, 2015 at 11:14 am

        APAKAH ANDA SALAH SATU YANG MENGALAMI INI?

        1. Belum pernah menjalankan bisnis MLM karena bingung memilih MLM mana yang akan dijalankan.

        2. Tertarik bisnis MLM tapi enggan join karena takut ditolak, malu atau takut dilecehkan prospek.

        3. Sebelumnya sering gagal di MLM, walaupun sudah pindah MLM berkali-kali.

        4. Hampir frustasi dengan bisnis MLM yang dijalani saat ini.

        5. Boros presentasi face to face, mengajak orang ke pertemuan namun tidak ada hasil.

        6. Leader anda menyarankan bila menawarkan peluang bisnis jangan menyebut MLM???

        Disini SOLUSINYA !!!

        treniuym.com/lampung

        Singkatnya, anda akan tinggalkan cara lama dan mulai gunakan cara baru!

        Reply
  2. Tiyo Kamtiyono December 16, 2013 at 11:02 pm

    Sya belum pernah ikut MLM begituan, dulu pernah juga diajak ketemuan kenalan, jauh – jauh dari Sragen ke solo, kirain mau apa, eh diprospek saja ternyata :P

    Kemarin juga udah daftar yang online (indoboclub), nggak yakin dengan system kerjanya, saya mandeg. Penasaran sama systemnya Ustadz Yusuf Mansyur itu saya sekarang malahan :D

    Nice info mas, salam kenal sebelumnya :)

    Reply
    1. AnggiAlfonso - Site Author December 18, 2013 at 6:23 pm

      ya gue mah tidak nyalahin mlm apa,,tapi sih nurut saya pelajari dulu systemnya dan jangan terjebak dengan kata uang..semua juga butuh kerja keras tak semudah apa yang di ucapkan ..

      Reply
    2. Ibong March 2, 2017 at 5:49 pm

      Udah ikutan sama it om? System nya ustad yusuf mansur?

      Reply
  3. Yos Beda December 17, 2013 at 3:52 am

    dan sekarang ini saya prihatin dengan MLMnya pak ustadz kondang itu, kasihan nanti para downlinenya :'(

    Reply
    1. AnggiAlfonso - Site Author December 18, 2013 at 6:23 pm

      kembali ke kepercayaan masing masing :D

      Reply
  4. giewahyudi December 18, 2013 at 8:09 am

    Hahaha karena sekarang istilah komunitas sudah ngetren, MLM pun berkedok komunitas. Lha makin banyak yang terjebak kayaknya. Hhehee

    Reply
    1. AnggiAlfonso - Site Author December 18, 2013 at 6:24 pm

      nah itu dia mba,,menjebak malah membuat orang jadi trauma dengan kalimat MLM

      Reply
  5. lutfi January 29, 2014 at 11:13 am

    gue juga senasib dg anda bang..!!kemarin gue diajak ma seseorang yg pnter ngmng?g twx itu MLM Yg ditawarkan?

    Reply
  6. Priyo March 5, 2014 at 11:50 pm

    Bagus bnget nih mas.. info’y, untung q buka blog’y mas ni. Alhamdulillah.. q udah taw duluan gimana tu yg nama’y FORBID. bersyukur q masih diselamatkan dr jurang yg akn mmbuat diriku mrasa mnyesal seumur hidup.

    Reply
    1. AnggiAlfonso - Site Author March 6, 2014 at 5:38 am

      mungkin caranya untuk merekrut orang yang salah,, :)

      Reply
  7. gugun gunansyah March 20, 2014 at 10:05 am

    Weleeh weleeh.. bru sya mau brangkat nemuin orng yg bgtuan.. pas buka blog ini. Ogaaaaahh.. .

    Reply
  8. SeputarVSI.com March 26, 2014 at 9:35 am

    Klu MLM milik Ustas Yusuf Mansur gimana gan? Menurut kalian???

    Reply
  9. yuste May 24, 2014 at 1:17 am

    Sy tau mlm apa yg dimaksud..emberr tuh leader leadernya aja yg gilaa…klo doktrin lebay…klo produknya sich ok…sy sich setuju sm mlm yg kaya klink gitu…sy sich lebih suka di investasi yg di networkan hahaha

    Reply
  10. Andhy Bustan May 31, 2014 at 7:47 pm

    Setelah saya telusuri berbagai mlm yg ada, walau saya tidak sepenuhnya paham dg penerapan sistemnya, akhirnya saya putuskan menjadi anti mlm saya rasa lebih baik kerja apa adanya bukan ada apanya. Di situlah daya sadari ternyata bisa kerja sambil bisnis, bit.ly/kerja-online-oke

    Reply
  11. rio321 June 25, 2014 at 10:55 pm

    dari awal ane dateng ke tempat begini, ane udah curiga, soalnya kita gak boleh buka hp… awalnya ane pikir biar kita bisa perhatiin penjelasannya. tapi yang namanya perhatian kan datang dari kesadaran masing-masing gak bisa dipaksakan spt itu. beberapa hari kemudian ane baru ngeh kalo itu adalah bisnis macem ini, makanya kita gak boleh buka hp (takut ketauan kali ya).. tepok jidat lah ane. mana udah bayar sejumlah yang agan bilang tadi. kapok deh.. #sekedarshareaja

    Reply
    1. AnggiAlfonso - Site Author June 27, 2014 at 1:11 am

      wah lain kali kudu hati hati mas. Usahakan jangan terlalu fokus karena bisa terjebak sugesti mereka ( masuk kategori hipnotis ringan )

      Reply
  12. Mala July 1, 2014 at 12:56 pm

    Baruuuu aja aku mau nemuin org yg begituan. Alhamdulillah untung buka dl blog ini. thanks infonya ya

    Reply
    1. AnggiAlfonso - Site Author July 1, 2014 at 4:37 pm

      sama sama ,,semoga bermanfaat

      Reply
  13. Rusnal July 31, 2014 at 4:38 pm

    Barusan ane di ajak ketemuan tapi untung baca blog ini. Mending ikut MMM yg pasti2 aja…

    Reply
    1. AnggiAlfonso - Site Author August 2, 2014 at 11:08 am

      MMM menggunakan scema ponzi dan itu haram :)

      Reply
      1. Riski Waskita November 11, 2014 at 1:59 pm

        Mlm bukannya ponzi sceme jg ya mas?

        Reply
        1. AnggiAlfonso - Site Author November 13, 2014 at 5:49 pm

          bisa dibilang seperti itu cuma caranya saja diperhalus

          Reply
  14. fuad August 7, 2014 at 7:49 am

    Alhamdulillah..
    ntr siang mau janjian dg FORBID.
    krn udh baca BLoG ini, gk pgn ketemu aq lah..
    Bodo amat keles…
    thank’s Infox ya.
    Gk tau ntr dh.. dy hbungi aq ato gk. Yg penting ane mau xari yg pasti2 ja dh. Hehe

    Reply
  15. bang yos September 4, 2014 at 9:09 am

    Gan , kmaren malam ane sudah prnah datang dan di ceramahi model emak” gosip panjang dan kaga ada mandeknya , tu katanya sih komunitas FORBID, bisa dapet sehari 200 , trus di jelasin tentang perusahaanya yg notabeneya asal ‘malaysia’ dan produk ini sampai indonesia di bawa oleh yg kata si penceramah anggota DPR dri fraksi partai pemenang lah , ndak perlu di sebut namanya bang mimin pasti tau, trus anee di ajarin itung”an dapetin uang , ya mohon maaf saya yg punya dasar sarjana ekonomi, itu salah satu itung”an yg gak masuk akal…dan akhir”nya di suruh ambil paket 1 dengan 635ribu , dan produk ke 2 semacam spray dengan harga 720ribu…

    Di akhir acara ane sedikit alasan klo ane mau ambil uang , dan smpe skrg makin banyak anak anak yg di bodohkan , kbnyakan mereka menyasar anak kuliahan , sma dan smk…

    Damn… Makasih om mimin uda di ijinin panjang lebar

    Reply
    1. yuni September 14, 2014 at 10:13 am

      maaf sebelumnya..
      saya salah satu member dari komunitas forbid itu..
      kalau menurut saya semua MLM itu bagus kok, tergantung kita nya aja yang ngejalani…
      kalo kamunitas kami itu gak bagus, knpa smpek skrg saya masih di bayar…
      :)

      Reply
      1. AnggiAlfonso - Site Author September 24, 2014 at 11:57 pm

        MLM itu bagus jika systemnya bagus,
        MLM itu jelek jika systemnya jelek.

        dalam sebuah mlm juga ada istilah passive income.
        biar ga gerak anda tetap dapat persenan jika kaki sudah banyak :)

        untuk mengetahui bagus tidaknya sebuah MLM
        reputasinya bisa kita check melalui google dengan keyword nama mlm tersebut.

        Reply
  16. Angayomi September 24, 2014 at 10:58 pm

    Saya di bisnis MLM yang produk dan sistemnya baik. Inti bisnis mengajak banyak orang membeli sedikit. Welcome.

    Reply
  17. yuda October 1, 2014 at 1:04 pm

    Wahhhhh ada kabar gembira nih, untuk kita semua…..!!
    Kulit duren kini ada ektracS nya loh…. bisa buat kalian2 yg doyan MLM…

    YUK order di toko bangunan… hahahaha

    Reply
  18. tomoey October 6, 2014 at 7:48 am

    gan smlm q br tawarin bwt gabung..
    tp ktnya cma 30 rb uang pendaftarannya… dan cuma posting doang krj annya.. q jg krg paham pa yg d postingin.. dia tdk myebutkn dgn jelas coz lewat bbm…
    itu tmn q dapet dr wechat..
    kt nya ntr mau d knalin ma tmn nya yg bs mbantu q…

    Reply
    1. AnggiAlfonso - Site Author October 7, 2014 at 1:39 am

      Coba aja ikutin dulu bener apa ga,, :D

      Reply
  19. Stiv November 23, 2014 at 10:40 pm

    Enak ikut Duta Network aja deh, sistimnya progressiv index dan dibutuhkan usaha untuk dapat uang. dan yang di atas bukan berarti yang paling untung.
    more info 085732967395

    Reply
    1. fatma January 29, 2016 at 5:48 pm

      Duta network indonesia kan?

      Reply
      1. monalope February 1, 2016 at 12:56 pm

        saya Monalope , saya ingin share pengalaman saya yang masih baru 8 tahun mengerjakan dan mendalami system network /menurut saya dari pengalaman pribadi ,Banyak orang sukses di bisnis network dan tidak sedikit pula yang merasa merugi atau tertipu , atau menyesal setelah bergabung di bisnis network , akan tetapi saya ingin berbagi pengalaman dan berbagi saran , saat kita ingin masuk sebuah perusahaan bersystem jaringan / network , sebelumnya kita harus jeli dan pertimbangkan, 4 POINT PENTING dalam memilih sebuah perusahaan yang dapat menjamin kita untuk bisa medapatkan hasil dan aman dalam waktu jangka panjang dan mendapatkan harapan2 besar di perusahaan tersebut .. semoga rekan2 pembaca bisa mengerti dan memahami dahulu 4 Point tersebut terima kasih . bila ingin bertanya bisa email saya di monalope2009@gmail.com , karena saya pribadi dengan segala hormat tidak ingin menyinggung nama/brand2 perusahaan2 network yang ada saat ini di depan Public . terima kasih .

        Reply
  20. sari muslimah December 2, 2014 at 6:53 pm

    MLM tiens sudah bermanfaat produknya, sistemnyaa sudah syariahh produknyaa sudah berlebel halal MUI :)

    Reply
  21. dubes December 3, 2014 at 4:04 pm

    system bikinan manusia harusnya bisa di menangkan oleh semua manusia , tinggal manusianya mau apa nggak ngalahin systemnya .
    ada yang bagus ada yang jelek , ada yang jujur ada yang menipu , ada yang baik ada yang buruk .. nevermind … tinggal kitanya aja . mau atau tidak , dan LEBIH JELI MILIH mana yang AMAN BUAT KITA KEDEPAN .
    kang mas , mbak yu ingatlah rejeki yang ngatur Allah SWT , klo kita memang di takdirkan sukses di bisnis system ya kita sukses , klo ga berhasil di system berarti itu cobaan saja cari usaha yang lain atau mengkin dibetah- betahin ( tapi ingat loh JELI2 MILIH SYSTEMNYA DULU tahan LAMA Ga ?).
    bisnis bersytem itu seperti main game petualangan di Playstasion ,yang kasetnya original , (jangan BAJAKAN !), kang mas atau mbak yu semua ,,klo kita punya niatan selesaikan sampai akhir pasti berhasil dan tamat , meskipun bisa membutuhkn waktu cepet atau luaaamaaa sekali , semua TERGANTUNG DARI KITANYA .
    MAU MAIN SAMPAI SELESAI TIDAK .sama dengan bisnis bersystem .

    Reply
  22. Bintang Yoga December 14, 2014 at 7:18 am

    Untung nggak pernah kena begituan :D

    Reply
  23. ade January 4, 2015 at 10:44 am

    siang ini jam 13 udah janjian sm Se2org yg blm dikenal hnya kenal lewat bbm,sy pnasaran krn komunitas ini mengandeng pjabat/anggota dewan segala itulah tawarannya. . sampai saat ini sy blm curiga dan blm tau apa itu forbid. makanya sblum sy menemui orng tsbut sy cari info dlu di goegle apa itu forbid biar gk oon2 amat nnti…
    ehhhhh…..pas sy liat trnyta forbid itu adl sbuah bisnis MLM aku langsung doownn dan langsung deh mmtuskan kontak orng tsbut..
    hampirr aja sy kena jebmen trnyta Alloh masih sayang dgn saya… dan saya lebih nyaman dengan bisnis saya dgn trevel umroh/haji ini.smga berkah dan bermanfaat info yg dberikan dr teman2. krn bs menyelamatkan orang dr komunitas yg tdk baik *forbid*itu. trmksh mas admint

    Reply
    1. ilham March 27, 2015 at 12:53 am

      Aduh mba nih nulis Google ajah Goegle, jangan menjelekan suatu bisnis yg blom mba ketahui terlebih dahulu dong. Blom tentu bisnis itu penipuan.

      Reply
      1. AnggiAlfonso - Site Author March 28, 2015 at 1:57 am

        halo mas ilham,,,tidak ada yang menyebut usaha tersebut penipuan kok, mungkin sistemnya saja yang kurang benar..

        Reply
  24. agung January 7, 2015 at 11:45 pm

    yg penting ngaji

    Reply
  25. agung January 8, 2015 at 12:10 am

    admin@ klo ngmong aja gk ada bukti burung beo pun bisa.. anda bilang begitu apa anda sudah pernah jadi member?? apa anda merasa dibohongin apa anda merasakan kerugiannya juga?? forbid memang komunitas mlm tpi disana juga diajarkan untuk menjadi seorang pemudah yg ber karakter pemimpin.. selain itu banyak ilmu juga yg diajarkan, klo anda menilai forbid dgn penilaian yg negatif ya terserah anda.. karena setiap orang memiliki penilaian yg berbeda-beda
    .suatu bisnis klo di bagus-bagusin memang bagus
    dan suatu bisnis klo di jelek-jelekin memang jelek
    .tapi tidak selayaknya kita menjadi manusia harus menjelek-jelekan bisnis lain dgn kepentingan pribadi :-)
    #jadilah pelopor jgn menjadi pelapor yg kotor… (y)

    Reply
    1. AnggiAlfonso - Site Author January 11, 2015 at 8:39 pm

      bukti apa yang dibutuhkan ??
      apakah anda membaca tulisan saya?

      ditulisan saya, saya menulis bahwa kenapa mesti terselubung,,kenapa mengajak tidak dengan transparant dari awal bahwa itu mlm ? saya hanya menegur dengan system yang mereka terapkan saat itu.

      saya pernah bergabung di MLM kok mas dengan system yang sangat transparant saat mengajak, jadi saya sangat terkejut saat moment tersebut terjadi

      Reply
    2. AnggiAlfonso - Site Author January 11, 2015 at 8:40 pm

      forbid adalah dari MSS yang dulunya MNI silahkan anda check sendiri di youtube video di depan menara eiffel

      Reply
      1. sawah May 18, 2017 at 1:02 am

        Bongkar aja biar tidak pembodohan terhadap generasi muda dan masyarakat di negri ini. Klo mw cari kerja jangan main tipu2 . Haram mendarah daging.
        Tidak boleh takut dalam membongkar bisnis mlm tsbt . Karna itu perbuatan baik dan benar

        Reply
    3. Herjan March 10, 2015 at 11:14 am

      Caranya yang salah. Al-hasil, meskipun bisa kaya. Tp uangnya blm tentu halal. Member itu sebenarnya konsumen yang tertirai aja. Dg iming” jika membeli paket brp untungnya bs banyak. Jd konsumen itu membeli bukan krn butuh obatnya, tp butuh uangnya. Itu yang salah….. Jika benar” obat. Itu kita menawarkan obat, bla bla bla. Ada yg beli, itu yang namanya halal… (klw menurut gw)

      Disuruh gadai”in segala. Loh ini gmn ? Dg alasan butuh perjuangan. Perjuangan seperti apa ? Kita gak berjuang. Kita berambisi. Gw jawab. Gw hidup gak tertarik dengan uang. Sy gak gumun. Sm salah satu membernya diketawain. :v kaya disindir-sindir gw blg gt.

      Reply
  26. hendri January 23, 2015 at 11:05 am

    katanya mau interview tpi kok malam , pantesan “Forbid” sialan Mss

    Reply
  27. Adit January 30, 2015 at 8:00 pm

    3 hari yang lalu saya juga pernah di tawarin kayak gitu , komunitas nya katanya ada di surabaya, tapi kalo memang minat , bisa gabung yang region jogja . katanya sehari gaji 3-4 ratus ribu , katanya lagi kerja seminggu cuma 3 kali , itu pun cuma 2-3 jam , gak bakal ganggu kerja atau kuliah dan bisa milih hari , kalo belum paham , bisa dateng langsung ke base mereka , nanti akan diterangkan disana sampai paham , nah apakah itu termasuk MLM ya ?

    Reply
  28. ArniRia March 5, 2015 at 11:52 am

    thanks buat cerita atas pengalamannya,, alhamdulillah, saya gak jadi ikut forbid setelah membaca cerita anda.. thankyou very much :)

    Reply
  29. Herjan March 10, 2015 at 11:05 am

    wkwkwkwkwk. Gw jg kemarin, sama persis. Tp gw dengerin aja. Sumpah, ngomongnya pinter banget. Apalagi mebernya anak” muda cantik” dan ganteng”. Tp yg ngajak gw ky.y lbh pinter dr gw. Dia cm bisa gedek” kagum. Yg nerangin gw, tak debat kewalahan. Nah trs gw diserahin yg lbh senior. Wah tambah pinter ngomongnya. Gw ampe malam dijelasin (padahal gw jg udh mudeng). Krn keburu malam, aku iya”in aja. Hehehehee

    Aneh banget itu. Kaya pembelian pemaksaan. Klw bener mw MLM, bagus tu ky sofie martin, oriflame, tupperware tu bagus

    Reply
  30. anna May 7, 2015 at 11:46 am

    Gw pernh ikut MLM forbid. Tapi gw mersa tertipu. Pketanya gx dpet dn gx kluar, pdhal modal udh masuk. Buat pngalaman ajh.

    Reply
  31. Reny May 22, 2015 at 3:02 pm

    soree guys..
    hampirrr saya ikut komunitas forbid tersebut. besok udh mau jnjian.
    allhmdullilah saya buka blog ini..
    terimakasih admin anda telah menyelamatkan banyak org utk tidak terjerumus k dlm jurang..

    Reply
    1. AnggiAlfonso - Site Author May 22, 2015 at 3:33 pm

      sebenarnya saya tidak menyalahkan pekerjaan tersebut,,namun system yang diterapkan oleh mereka yang membuat gue sedikit mengkerutkan dahi.
      keputusan menerima atau tidak oleh kalian adalah keputusan yang terbaik, karena itu pilihan kalian sendiri

      Reply
  32. yuhyun June 27, 2015 at 10:52 am

    Haaaaahhaaaa

    Reply
  33. Dzikronah July 1, 2015 at 1:06 pm

    Tidak semua MLM jelek,,,,,
    Alhamdulillah saya ikut MLM nya UYM n saya tdk merasa rugi sedikit pun,,,,
    Cz dr MLM tsb kita diajarkan Alla dulu, Allah lagi, n Allah terus,,,,
    Selama bulan Ramadhan ini jg UYM selalu ngisi tausiyah untuk member2 ny,,,,
    Paytren itu positif, kumpulan org2 positif n menebarkan hal2 positif,,,,
    Bonus dipaytren itu hanya no ke sekian, lebih berharga komunitasnya, ilmu agamanya, dan saling berbagi kebaikannya,,,,,

    Oz bagi yg muslim, mumpung masih Ramadhan klo yg mau ikut komunitas odalf(one day half juz) atau odoj(one day one juz) atau odoa (one day one ayat) atau kutub(komunitas tahajjud+dhuha berantai) bisa hub saya biar saya bantu untuk masuk komunitas tsb,,,, syarat emng bener2 niat, istiqomah, n gartis lho,,,,,
    Pin 550ceb27, hp&wa 087700095356

    Reply
  34. agung August 1, 2015 at 2:17 am

    Ane telat baca ini, kemaren ane sempet mau di fol up ama komunitas forbid, untungnya ane pengalaman setiap kata-kata mereka ane jawab becanda kasiam gagal deh fol up ahh ah a

    Reply
  35. iwan August 1, 2015 at 7:29 pm

    Dgn penuh semangat dan mulut berbusa membujuk calon2 downline dgn iming2 gaji dolar.. Jd ingat waktu diprospek disragen, padahal alasan awalnya minta ditemenin kondangan ternyata sampe tempatnya malah diprospek sampe subuh.. Skr teman2 yg ikut MLM tsb kolaps, modal nggak kembali bahkan motor dan mobil kreditan ditarik ma dealer..

    Reply
  36. sigit1922 September 23, 2015 at 12:29 am

    Saya juga sering di tawari “forbid”. Anehnya tiap saya tanya kerja apa dan bagaimana, jawabnya berbelit2. Langsung saya skak aja, itu MLM ya…? Dia udah ga jawab lagi. Sampe berulang 4x bro kejadian itu….
    Karena dulunya saya juga pernah ikut ora umum, mmm, s3. Makanya sedikit banyak saya ngerti kalo itu ga menghasilkan ketika kita pasif.

    Ya akhirnya aku gabung di D4F promonesia.com

    Bonusnya memang kecil, cuma 1% per harinya. Ya lumayanlah untuk yang pasif…. kalo aktif ya hasilnya bisa sama mereka yang jutaan…

    Reply
  37. Dicky Ryan October 1, 2015 at 12:04 pm

    bang admin yang terhormat dan para pembaca sekalian yang saya banggakan..
    Komunitas itu bagus ..semua komunitas itu bagus..bagi para membernya..
    tapi kalau memang komunitas itu menjalankan bisnis apapun ya katakan saja..menurut saya leader utamanya kreatif..dia mengemas bisnis nya dengan kata FORUM..yang notabene nya forum digunakan untuk berbagi ilmu..jejak pendapat dll..nah yang menurut saya kurang bagus adalah oknumnya..
    pembaca yang cerdas tidak akan men judge secara langsung..
    saya tidak ikut bisnis itu..tapi saya hanya melihat dari pelaku bisnisnya..bagaimana mereka ber attitude..
    MLM yg baik adalah sistemnya jelas,transparan,dapat diperhitungkan,dapat dipertanggungjawabkan,independent dan adil.
    adil bagi para membernya..
    MLM itu harus punya produk..entah itu barang atau jasa…ada beberapa MLM yang berfokus pada penjualan produk..
    nah yang kurang baik adalah MLM yg berfokus perekrutan orang..
    saya disini hanya ingin berbagi pemikiran..
    saya kenal banyak orang MLM..semua mengatakan MLM dia terbaik..
    menurut saya belum tentu..
    baik untuk dia belum tentu baik untuk saya..
    bagi yg sudah negatif dulu coba pelajari dulu..
    toh kalo tidak cocok tidak usah ikut..
    kalo yang sudah positif maka perbaikilah selalu..
    untuk memutus mata rantai negatif nya ya tergantung pelaku bisnisnya..
    tips nya ketika kita diajak bisnis MLM langsung to the point tanyakan..
    1. Company profile
    2. Produk yg dijual (keunggulannya, apakah produk itu banyak samanya atau tidak, harganya mahal atau tidak,dll ttg produk yg dijual)
    3. marketing plan (pembagian fee,sistem bisnisnya,dll)

    tinggal tentukan..join atau tidak..katakan sejujurnya..
    so be smart people aja..
    tapi saya pengen juga nih di prospek sama forbid..kliatanya seru amat..hehehe..

    Reply
    1. Arif rahman February 29, 2016 at 7:35 am

      Setuju akang Dicky Ryan,,, cerdas (y)
      1. Company profile
      2. Jenis, keunggulan, manfaat produk
      3. System business, marketing plan

      Reply
    2. agi March 11, 2016 at 6:00 pm

      chat me bro, 081228138120, saya jawab semua pertanyaan(bukan mempertanyakan) anda tentang bisnis saya, MLM is a Choise not just for join

      Reply
  38. nani October 5, 2015 at 7:18 pm

    Bagaimana dengan d4f?

    Reply
    1. Dicky Ryan October 6, 2015 at 4:47 am

      mba nani coba dilihat komen saya..mungkin bisa membantu menjawab pertanyaan mba nani

      Reply
  39. iqbal f r October 10, 2015 at 11:13 pm

    Alhamdulillah saya diajak sama temen smk(sekaligus tmn smp) dia orangnya emg muslimah dan bail hati , pas saya dateng ternyata banyak juga yg dari seSMP , saya tau kalo ini mirip kaya MLM , tp saya juga mikir mana mungkin mereka ngebohong , mereka tuh temen” SMP dan SMK saya saya tau mereka baik” dan Alhamdulillah Islam semua , saat bla” penjelasan emg jelas , disana ada byk orang baik” semua ngajak bercanda , ga ada disita hp nya atau hal” yg aneh , mereka juga shalat , mereka selalu ngomongin impian mereka dan target mereka beberapa bulan kedepan , dan disini tuh kerjanya mengenalkan dengan orang” , dan emg byk “oknum” yg memperburuk image Forbid padahal komunitasnya positif bgt , ada seminar,training,belajar,refreshing juga … mungkin yg merasa dirugikan itu yg dikenalkan sama oknum , jd kalo mau ikutan harus ada temen dulu disana supaya lbh percaya :)

    Reply
  40. shandra October 31, 2015 at 1:35 pm

    Thank you. Sangat bermanfaat. ?

    Reply
  41. Huda November 2, 2015 at 12:16 am

    Kalo gak tau tentang the a team forbid, jangan njelek2in. Tugasnya cma ngenalin perusahaan. Kalopun yg anda alami kyk gtu, berarti member yg prospect anda itu kurang benar. Soalnya member tidak boleh menyudutkan maupun memaksa undangan.

    Reply
  42. Eka December 6, 2015 at 4:57 pm

    Heheh, tiba-tiba teman SMA yg nggak pernah punya catatan akrab bersamanya, ngehubungi saya dan mengajak gabung di komunitas (katanya) Forbid. Dia bilang usaha dengan proyek DPR RI utk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat. Karena curiga, akhirnya search dan nemu artikel ini. Thank banget lho info ny yg sangat bermanfaat :)

    Reply
    1. chery maila February 9, 2016 at 7:26 pm

      Yup… bener.. aku juga hampir kejebak.. untung ada blog ini.. yuk kita bantu sebarin biar gak ada yg kejebak.lg.

      Reply
  43. Adspos December 26, 2015 at 11:55 pm

    Sy gabung di kangen water dgn system yg dikenal 8point. Apa masuk definisi mlm, kbtulan sy rencanakan buat bekal pensiun.

    Reply
  44. alfan January 2, 2016 at 8:03 am

    makasih mas infony sangat membantu untung saya ngk jadi ikut tmn saya sudah habis BPKB motor sama leptop

    Reply
  45. Nemas putera February 8, 2016 at 6:00 pm

    Saran saya jangan pernah mau untuk sesuatu hal yg sifatnya belom pasti. Apalagi join yg namanya MLM , dg menjual produk yg anda belom tau asal usul produk tersebut, keunggulan, legalitas dan lain2. Silahkan ber investasi di perusahaan yg sudah jelas legalitasnya. Kenapa saya memakai kata2 INVESTASI. Karena saya tengah membuktikan sendiri d salah satu jaringan yg saya ikuti. Saya pasif ga cari orangpun saya dapet penghasilan. Istilahnya Saya mendapatkan shareing profit dari pernghasilan perusahaan,karena saya adalah investor di perusahaan tersebut.saya tekankan lagi saya pasif ga nyari orangpun saya dapet penghasilan di sini.(jogja8februari) nemasmeal@rocketmail.com

    Reply
  46. chery maila February 9, 2016 at 7:23 pm

    Ada yg ngajakun bergabung.. katanya mereka dr tim.pensejahtera masyarakat indonesia… terimakasih byk angga sudah menulis blog ini.. jadi saya tidak ikot terjebak..
    Semoga tuhan membalas semua kebaikan anda.

    Reply
  47. mutia dewi February 12, 2016 at 5:04 pm

    Baru pertama kali diajak teman kampus, pikirnya bisnis apaan,,,,
    Pas ditungguin, sepertinya kantornya kok dipelosok,
    Kelhawatiran saya dn teman saya terjawab sudah,
    Pas masuk tmpatnya lgsg nmpak foto org orang di depann mobilnya berfoto ceria.
    Saya sudah lama anti mlm, krna saya tw bisnis macam ap itu…
    Udh duduk, disuruh tunggu atasannya.
    Lgsg buat alasan deh buat pulang,, hihihi….
    Kan ga enk sma teman kampus sendi.. Jadi harus menolak secara halus….

    Lebih baik cari kerjaan yg jelas kerjanya,,, bukan hanya mw enaknya aja,,,
    #sekedarshare

    Reply
  48. zayn kim February 22, 2016 at 11:34 pm

    salam sepaham kawan dr madiun.
    sdkit cerita nih
    2 thn lalu saat sya blum knal dgn nma. nya mlm.. saya jga prnah d ajak tmn d komunitas yg nma. nya forbid.. jg d prospek kya gitu.. agak tertarik sih.. tp untung pas lg ga punya uang ..jd buat alasan dulu ngumpulin uang.. pdahal jg blum berpnghasilan itu.. cuma buat alasan untuk pikir2 dulu hha.. stlh skitar seminggu.an saya brsama komunitas itu.. saya smpat tanya untu minta dana dgn bpk saya yg wktu itu d jkarta yg ternyata jg tahu komunitas itu.. ktanya “udah ga usah ikut itu, cuma iming2.mana mungkin propolis bsa mnyembuhkan sgala mcam pnyakit. . ga ada untungnya.. klo mau mending join ke k-link bagus itu sistemnya produknya jg terbukti khasitnya, tp jga jngan salah niat cuma ngejar uang.ya aja.. intinya d situ kmu pelajari baik2 sistemnya, ikut pelatihan2 seminar.nya, silaturahimnya. !”. akhirnya ga jd join.. n saya pikir2 juga orang2 forbid banyak sih tp nggak klihtan suksesnya.. bascamnya ga ada kgiatan lain selain prospek orang..juga foya2 ngopi rkok… kya orng malas ..smpe2 lupa sholat pdhal islam .. katanya sih ga ngpa2.in aja kirimannya ngalir trus..

    stlh 2 tahun.. tpatnya januari tahun baru 2016 kmarin..ktmu sma tmn SD yg lama ga ktmu hngga 6 tahun lalu.. d ajak ke seminar produk dari k-link ternyata oleh SCA Widodo.. stlh itu d ajak tmn sya k hotel untuk berbincang2 sama bpk.nya yg CA(crown ambasador) n 2 downline nya.. mreka pkai.annya rapi2 pke jas kya direktur. mncerminkan orng yg sukses2 lho. akhirnya saya mmutuskn join n sya jalankn kya saran bpk saya. .
    smpe sekarang sya aktif ikut seminarnya yg cuma d dlm kota aja.. n mnurut saya sistemnya, seminarnya bner2 bagus untuk d pelajari jga untuk inspirasi..tmn2.nya jg banyak yg sesama member,bentuk kerjasamanya baik juga lho..

    Reply
  49. Komunitas Bisnis Online August 14, 2016 at 11:46 pm

    Terima kasih atas infonya, semoga ga ada lagi yang terjebak prospek mlm yang ga jelas alias money game

    Reply
  50. puji hastuty August 14, 2016 at 11:59 pm

    Terima kasih atas sharingnya Mas :)

    Saya ada peluang bisnis terbaru…..!!!!!!!!
    dengan 170rb, upgrade. bisa dapat 134.500.000
    tanpa jualan produk, tanpa rekrut merekrut

    contact saya via WA 081215721888

    Reply
  51. Arrix November 3, 2016 at 11:19 am

    Bagus share info’y bang.
    saya berkali-kali ditipu teman dari beberapa jenis MLM dengan modus prospek ngajak jalan2 atau nongkrong atau apalah itu, tapi ujung-ujungnya diajak masuk pada sebuah gedung mewah yang bikin orang tertarik. Apalagi dengan iming2 uang dan fasilitas mewah yang ditawarkan. Ya, sempat debat juga saat acara selesai. Tapi ya apa boleh buat namanya orang udah diiming-iming uang banyak pastinya mata akan hijau.

    ya semoga teman2 yang lain kagak kejadian seperti itu..
    Ingat uang bukanlah tujuan dari bisnis. tapi pendapatanlah yang dituju oleh pembisnis.

    Reply
  52. Nur Cahyo March 23, 2017 at 10:11 pm

    Semua bisnis itu baik apabila dijalankan dengan profesional dan amanah. Dapat dipahami bagi orang yang mau berpikir.

    Reply
  53. bgs March 29, 2017 at 6:56 pm

    KEUNGGULAN Program CAR 3iNetwork (member of salim group):

    Apa yang anda di pikiran ini tentang CAR 3i Network..?
    Jika anda berpikir ini adalah hanya bisnis INVESTASI atau ASURANSI atau INCOME saja…anda salah…..
    Karena kami adalah gabungan dari ketiganya !!!

    1. TABUNGAN (Investasi). Dengan menabung Rp.350.000 perbulan selama 5 Tahun di CAR anda akan mendapatkan potensi keuntungan hingga umur 74 Tahun. Ya, berapapun umur anda saat ini, anda cukup menabung selama 5 Tahun pertama saja, di Tahun ke 6 dan selanjutnya anda tidak perlu menabung lagi dan tabungan anda akan mengalami lonjakan drastis.

    2. PROTEKSI (Otomatis Tercover Asuransi Jiwa). Bandingkan saat anda menabung di Bank, Anda tidak akan di proteksi sama sekali. Jika menabung di CAR maka anda akan di proteksi Rp.21.000.000,- (untuk premi Rp.350.000 perbulan), selain mendapatkan dana tabungan, anda akan mendapatkan tambahan Rp.21.000.000,- jika suatu waktu anda pindah dunia (walaupun anda baru menabung 1 bulan di CAR, anda sudah berhak mendapatkan proteksi penuh dari CAR)

    3. PASSIVE INCOME (Penghasilan) Ajaklah keluarga, kerabat, teman & kenalan untuk menabung di CAR dan dapatkan PASSIVE INCOME setiap bulan yang akan di transfer langsung ke rekening anda secara otomatis.

    Keren khan, ANDA MAU PEKERJAAN INI…???
    Daftar Hub WA 058258039055
    Atau kita bisa ketemuan di Wisma Sejahtera Kav. 75 Lantai 4, Slipi, Jakarta Barat
    Kita bisa hadiri BOP mengenai CAR 3iNetwork ini

    Web Resmi CAR dan 3i :
    http://3i-networks.com/
    http://www.car.co.id/id

    Web Resmi OJK : silakan download Daftar Perusahaan asuransi jiwa.pdf
    http://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Daftar-Perusahaan-Asuransi-Umum,-Jiwa,-Reasuransi,-Asuransi-Wajib-Dan-Asuransi-Sosial.aspx

    Reply
  54. Nay's May 14, 2017 at 10:17 pm

    Wow… Besok mau di ajak ketemu salah satu membernya… Katanya sih dari Bandung… Pas liat ini jadi mikir2 lg

    Reply
  55. Antyanadea June 13, 2017 at 9:48 pm

    Wah sangat bermanfaat bangeeett isi dan comment2nya, Karna emang dari awal diajak join bisnis2 gitu an udah curiga kerjaannya apa kok sehari bisa sampe ratusan rb, pas ditanya gitu malah disuru ikut seminarnya, tambah curiga wes. Eh trnyata MLM. Thanks, barakallah

    Reply
  56. Anto June 23, 2017 at 5:45 am

    Kocak artikel nya…goblok bgt yg bkin artikel presentasi disebut cuci otak
    Waras Dkit lah

    Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *