Sunday , 24 September 2017
sunset di gili trawangan

Perjalanan dari Jogja ke Gili Trawangan

Bulan Desember adalah bulan terindah selama tahun 2016. Yaa Desember 2016 kemarin akhirnya saya berhasil mengunjungi 2 tempat sekaligus yaitu Mataram dan Gili Trawangan. Memang tidak berbeda, sama-sama dalam kepulauan Lombok propinsi Nusa Tenggara Barat, namun memiliki keindahan yang sangat berbeda. Rencana untuk liburan ke Lombok sebenarnya saya rencanakan pada bulan Maret 2016 kemarin, namun karena tabungan masih ngepas mau tidak mau saya harus menahan perasaan untuk pergi liburan.

Perjalanan menuju Gili Trawangan kali ini saya mulai dari Kota Jogja.

Awalnya saya bingung bagaimana memilih solusi perjalanan yang murah menuju gili trawangan. Saya sempat membaca beberapa blog namun tidak mendapatkan informasi yang jelas menuj gili trawangan dari Lombok, ada salah satu artikel yang lengkap menurut saya, namun artikel tersebut menceritakan pengalamannya menggunakan kendaraan mobil dan itu tidak mungkin saya lakukan ( tidak punya mobil ). Kemudian saya mempertimbangkan soal harga tiket, karena pada tanggal 14 Desember 2016 merupakan high season otomatis harga tiket pesawat naik drastis. Saat itu saya menemukan harga tiket Pesawat dari Jogja menuju Lombok sekitar 1,3 Juta, sedangkan harga tiket pesawat dari Jogja menuju Bali hanya sekitar 700 ribu . Kalau difikirkan lumayan selisih harga tersebut.

Karena tiket Jogja menuju Bali lebih murah akhirnya saya memutuskan untuk mengambilnya.Di Bali kalian bisa menginap semalam mencari penginapan murah, saya sendiri sudah punya hotel langganan di daerah legian-kuta yaitu Hotel Sanjaya dengan rate Rp 250.000/ malam.

Baca Juga :  Menikmati Pergantian Tahun Di Pantai Siung
fast boat marina srikandi 2
fast boat marina srikandi 2

Dari Bali kalian bisa memesan Fast Boat ( kapal cepat ) langsung menuju Gili Trawangan. Banyak sekali jasa Fast Boat dari Bali menuju Gili Trawangan ( kalian bisa booking online -1 H sebelum keberangkatan ), saat itu saya menggunakan Fast Boat Marina Srikandi dengan Harga Rp 350.00 ( termasuk penjemputan di Hotel ).

dermaga padang bai

Saat itu setelah membooking fast boat, ke esokan harinya saya dijemput tepat di depan Hotel pada jam 08.00 pagi. Mobil travel yang digunakan cukup lebar sekelas mobil elf. Dari Hotel perjalanan dilanjutkan menuju dermaga Padang Bai untuk melanjutkan perjalanan menggunakan fast boat menuju Gili Trawangan dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit.

Tiket Jogja ke Bali = Rp 700.000
Tiket Fast Boat Bali ke Gili Trawangan = Rp 350.000
Hotel Semalam = Rp 250.000
Taxi Bandara Bali ke Hotel = Rp 200.000

Total Pengeluaran untuk tiba di Gili Trawangan via Jogja – Bali = 700+250+350 + 200= 1,5 Juta

Kenapa Tidak Via Lombok ?

Jika saya berangkat ke Gili Trawangan via Lombok maka saya harus mengeluarkan extra charge. Penerbangan dari Jogja ke Lombok kebanyakan tiba di siang hari sekitaran jam 3 siang, ada di pagi hari tapi sangat mahal. Otomatis sangat susah mencari kapal untuk penyebrangan ke Gili Trawangan ( penyebrangan sampai jam 5 sore setau saya ). Jika dengan keadaan seperti ini maka kalian harus menginap di Lombok, anggap saja penginapan dengan harga Rp 200.000 ( saya tidak tau penginapan murah di Lombok ). Taxi bandara menuju Kota Mataram dikenakan charge Rp 200,000. Dari Kota Mataram menuju dermaga Bangsal ( dermaga menuju Gili Trawangan ) Rp 200.000 . Dari Dermaga Bangsal menuju Gili Trawangan kalian bisa menggunakan public boat dengan harga Rp 150.000 / orang

Baca Juga :  2 Bulan Vacuum Youtube Channel Ke Suspend

Harga tersebut saya dapatkan karena saya pulang menuju Jogja via Bali.
Hitungannya ialah

Tiket Jogja – Lombok = Rp 1.300.000
Hotel = Rp 200.000
Taxi Bandara > Hotel = Rp 200.000
Taxi Hotel > Bangsal = Rp 200.000
Public Boat = Rp 150.000

Total Pengeluaran untuk tiba di Gili Trawangan via Jogja – Lombok = 1.300+200+200 + 200 + 150= 2,050 Juta

Itulah sebabnya saya memilih untuk berangkat dari Bali menuju Gili Trawangan dibandingkan berangkat dari Lombok. Kalau kalian menemukan harga tiket berbeda dari apa yang saya alami, maklum saja karena waktu itu saya mendapatkan harga high season, namun kalian ga perlu bingung dari rincian harga di atas kalian cukup mengganti harga tiket pesawatnya saja dan bisa membandingkannya.

Bagi yang mau tanya-tanya soal budget, yuk silahkan tanya..

 

About AnggiAlfonso

Blogger asal Balikpapan yang terdampar di Kota Jogja.

Check Also

sempati star double decker

Nyobain Bus Mewah Medan Aceh Sempati Star Double Decker

Kemewahan Bus rute Medan – Aceh sebenarnya sudah saya dengar dari tahun lalu dari kawan-kawan …

One comment

  1. Oh pake fastboat itu termasuk penjemputan yaaa, lumayan juga langsung ke gili yaaaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *