Nah pada kamis kemarin tanggal 6 maret 2014, gue memutuskan untuk mencoba liburan ke bandung. Mengingat gue sendiri kebandung baru 1 kali yaitu pada taun 2010. Ya paling tidak kali ini gue mencoba perjalanan ke bandung sendiri.

Perjalanan ke bandung di mulai dari kota Jogja. Kali ini gue mencoba perjalanan ke Kota Bandung menggunakan kereta api eksekutif. Mungkin sebelumnya gue pernah mencoba kelas ekonomi sewaktu perjalanan ke Jember. Nah kenapa kali ini gue menggunakan kelas eksekutif. Disaat gue check tiket pada tanggal 4 maret kereta api ekonomi ke Bandung dikenakan harga 90K ,untuk kelas bisnis seharga 150K dan eksekutif seharga 220k. Beda tipis banget harganya pada waktu itu, akhirnya saat itu gue putuskan untuk mengambil tiket eksekutif karna gue sendiri belum pernah naik kelass bisnis ataupun eksekutif. Maklum di Balikpapan ga ada Kereta Api beroo..

tiket kereta api jogja bandung
tiket kereta api jogja bandung

Kereta Api berangkat pada jam 8 pagi menggunakan kereta Lodaya Pagi. Nah jika pada saat dari Jogja ke Jember menggunakan kelas ekonomi gue harus berangkat dari stasiun Lempuyangan jogja. Untuk kelas Bisnis dan Eksekutif berangkat melalui stasiun Tugu Jogja atau Stasiun Jogja.

Apa yang berbeda dari stasiun Tugu Jogja dengan stasiun lempuyangan. Jika kalian membaca artikel gue disini sewaktu mencoba kereta ekonomi. Pada stasiun Tugu Jogja memiliki ruang tunggu yang lebih besar, pada sisi barat stasiun terdapat seperti hall dan kios yang di tata rapi. Disini disediakan bagi para perokok, namun bagi kalian yang bukan perokok juga tidak apa untuk menunggu disini. Pada hall ini, kursi kursi kayu mewah tersusun rapi seperti susunan meja acara di pernikahan. Sisi kiri dan kanan hall terdapat kios-kios yang berjualan mulai dari sekedar cemilan, hingga makanan berat pun ada disini.

ruang tunggu stasiun tugu jogja
ruang tunggu stasiun tugu jogja
kios stasiun tugu jogja
kios stasiun tugu jogja
kursi kayu stasiun tuggu jogja
kursi kayu stasiun tugu jogja

Pada saat memasuki Kereta Api kita di pandu oleh para pramugari, apalah istilahnya yang pasti ada beberapa pegawai wanita yang berada di setiap pintu gerbong kereta api yang akan memandu anda serta mengucapkan salam.

Tempat duduk di dalam Kereta Api pun lebih nyaman serta disediakan satu buah bantal, jika pada kelas Ekonomi kursi berhadap-hadapan pada eksekutif kursi disusun satu arah. Jadi tidak ada penumpang yang berhadapan, jarak untuk merentangkan kaki pun sedikit lebih lempang. Tapi tetap saya merasa itu kurang lempang, kaki saya masih betekuk :D .

tempat duduk kursi kereta eksekutif
tempat duduk kursi kereta eksekutif

Jika anda berangkat di pagi hari menuju bandung dari jogja maka anda mendapatkan 2 kali tawaran makan. Tunggu dulu makanan yang di tawarkan di sini awalnya saya fikir sudah termasuk tiket, yaitu dapat makan gratis. Tapi ternyata tidak, beberapa jam sebelum kereta api tiba pegawai Kereta Api tersebut menagih pembayaran yang gue pesen. Jadi tikete seharga 225K tersebut hanya untuk kursi doang tidak termasuk mendapat makan gratis :)

Nasi Goreng
Nasi Goreng
harga menu makan di kereta api
harga menu makan di kereta api

Jika sewaktu dari jogja ke jember sinyal 3G telkomsel masih bisa di acungin jempol. Sayangnya selama perjalanan Jogja ke Bandung sinyal 3G telkomsel jelek sekali.

Perjalanan dari Stasiun Tugu Jogja ke Stasiun Bandung Kurang lebih di tempuh dalam waktu 8 jam. Selamat menikmati perjalanan kalian dengan tidur dan selamat datang di bandung..

23 Comments

  1. Goiq March 11, 2014 at 2:52 pm

    makanannya kik gak di foto Gi ? enak ngga ? pengen lihat tampilannya

    Reply
    1. AnggiAlfonso - Site Author March 11, 2014 at 7:05 pm

      sudah di update mas,,nasi gorengnya lumayan lah kalau lapar,,tapi tidak sesuai dengan harganya :D

      Reply
  2. Melilea Indonesia March 12, 2014 at 10:03 am

    Wah Ternyata nasi gorengnya kga gratis ya??mahal lagi…

    Reply
  3. cindy March 12, 2014 at 12:09 pm

    Blognya bagus banget saya sangat suka membacanya,thanks ya infonya

    Reply
  4. mawi wijna March 12, 2014 at 2:24 pm

    Ane masih ngerasain dulu jamannya eskekutif Lodaya Rp 150.000 dan dapet servis nasi goreng gratis, hehehe. Klo sekarang ane pilih naik kelas bisnis aja, nyampenya sama, harganya lebih murah, hehehe.

    Reply
    1. AnggiAlfonso - Site Author March 12, 2014 at 7:11 pm

      banyak para travellers baru seperti saya,,yang belum naek kereta api dan penasaran .. jadi lebih baik sekalian buat tulisan saja :D

      Reply
  5. Darin March 16, 2014 at 9:27 am

    Belum pernah naik kereta ke Bandung. Dulu pas kuliah seringnya mondar-mandir Cirebon – Solo pake kereta ekonomi Senja Bengawan :D

    Sekarang memang servis kereta lebih baik, kelas ekonomi aja pake AC semua, dan kudu pesan tiket beberapa hari dulu sebelum kehabisan -_-‘

    Reply
  6. Nunu El Fasa March 16, 2014 at 11:46 pm

    di kereta bisnis nasi gorengnya 25.000

    Reply
    1. AnggiAlfonso - Site Author March 17, 2014 at 1:22 am

      oh beda toh harga nasigoreng bisnis sama eksekutif,,klo bisnis kursi tempat duduknya seperti apa ya mba

      Reply
  7. Ririn March 17, 2014 at 8:54 pm

    wah sungguh perjlanan yang sangat jauh dan melelahkan ya mas. Saya malah belum pernah nih dari jogja ke bandung. Sepertinya lebih asyik kalau naik kereta api ya ;)

    Reply
  8. abenk May 19, 2014 at 10:38 am

    Tahun ini saya mudik ke Solo dpt kereta lodaya malem mas biasanya pake bis, thank ya infonya…

    Reply
  9. rio June 8, 2014 at 1:18 am

    saya juga dulu pernah jogja-bandung pake mio bunting alias vespa gaul…

    Reply
    1. AnggiAlfonso - Site Author June 8, 2014 at 2:15 am

      wah pasti seru sekali itu,,pengen rasanya travelling pake motor gitu pasti lebih seru

      Reply
  10. allprinterdrier June 16, 2014 at 10:34 am

    Saya dulu juga sering bolak – balik solo – bandung dengan naik Kereta Lodaya. Kalau dulu kyaknya gratis deh, nasi gorengnya.

    Reply
  11. sisca September 10, 2014 at 4:19 am

    wah pasti jadi perjalanan yang melelahkan, tapi mengasyikkan juga, hehehe… Bandung gitu loh…

    Reply
  12. Armas September 26, 2014 at 10:00 pm

    aku rencana mei mau ke bandung sm temen2. lumayan bisa buat info. btw kalo naim ekonomi suasananya gmna kak? aman atau penuh sesak gt?

    Reply
    1. AnggiAlfonso - Site Author September 27, 2014 at 1:00 am

      untuk ekonomi kereta api sekarang sudah full ac.Tidak ada lagi pedagang asongan di beberapa stasiun yang masuk..untuk duduk sendiri sudah sesuai dengan nomor kursi yang tertera pada tiket.

      keamanan mungkin sudah lebih baik di banding dulu :)

      Reply
  13. Abe December 1, 2014 at 12:39 pm

    btw klo kelas bisnis duduknya berhadap2an kyk ekonomi kah? atau udah seperti Eksekutif ? bedanya bisnis n eksekutif dari segi apanya yg detail bro?

    maklum blum pernah naik KA selain waktu balita :(

    Reply
  14. marjani August 11, 2015 at 11:32 pm

    Lumayan mas setidaknya skg memiliki gambaran mau pake kereta yg mana kl k sana??

    Reply
  15. Dede Yadi November 29, 2015 at 8:56 am

    saya udah tiga kali naik kereta ini dengan tiket promo yg terjangkau..
    untuk sinyal 3G aku tak peduli, biarin aja ga ada sinyal juga yg penting bisa travelling look up..

    Reply
    1. AnggiAlfonso - Site Author November 29, 2015 at 9:10 am

      Sebagian banyak orang sinyal itu kebutuhan,,ya paling tidak buat sosmed-an,mmenghilangkan rasa galau di dalam kereta api

      Reply
  16. Joe May 13, 2017 at 3:22 pm

    Klo udah nyampe statasiun dbandung, hrs kmana klo mau cari penginapan broo

    Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *