Sunday , 24 September 2017
sempati star double decker

Nyobain Bus Mewah Medan Aceh Sempati Star Double Decker

Kemewahan Bus rute Medan – Aceh sebenarnya sudah saya dengar dari tahun lalu dari kawan-kawan traveller. Bus ini bus jenis double decker atau bus bertingkat, mungkin di luar negri sana sudah banyak travel yang menggunakan jenis bus tersebut, namun di Indonesia sendiri Bus Double Decker pertama kali dimiliki oleh travel Sempati Star dengan rute Medan – Aceh ataupun sebaliknya.

Perjalanan saya bermula dari Kota Medan, saat itu planing saya memang untuk mengexplore tempat wisata di Kota Banda Aceh. Loh kok dari Kota Medan ? Sebenarnya ada rute penerbangan langsung Jakarta – Banda Aceh tapi karena penasaran dengan isu Bus Mewah tersebut akhirnya saya berangkat melalui Kota Medan.

Liburan kali ini terasa sangat cepat, dihari yang sama saat tiba di Kota Medan malamnya sayapun langsung pergi ke Loket Bus, loket bus di medan dengan rute Medan – Banda Aceh bukan di terminal, melainkan di Office masing-masing travel. Kebanyakan office travel berada di daerah Pondok Kelapa, kurang lebih ada 10 Loket Office Travel di sana.

Kenapa saya bisa tau di daerah Pondok Kelapa banyak Loket Bus ? Kebodohan saya adalah karena menganggap bus pasti kosong, jadi nanti saja carinya. Yup di hari yang sama kedatangan di Kota Medan, malamnya saya baru mutar-mutar untuk cari tiket bus, dan ternyata bus mewah Sempati Star Double Decker sudah penuh. Jadi kalau rute Medan – Banda Aceh jadwal Bus Mewah Sempati Star Double decker hanya sehari sekali yaitu pada malam hari. Kalau dari Medan keberangkatan di Jam 10 Malam.

Baca Juga :  Liburan Asik di Batam Selama 2 Hari

Karena rute Medan РBanda Aceh dari Sempati Star sudah full solusinya adalah mencari alternatif bus yang lain, waktu itu saya mendapatkan bus dari travel Kurnia dengan seat 2-1 dua di kanan satu di kiri. Yah sedikit lebih lebar dibandingkan dengan seat 2-2.  Untuk harganya yaitu 250 ribu per seat dengan lama perjalanan sekitar 10-12 jam non-stop tanpa berhenti. Untuk harga ternyata bisa di Nego, mereka memberlakukan sistem tersebut untuk mengantisipasi seat yang kosong. Biasanya mereka membuka sistem nego saat seat sisa 2-3 seat. Lumayan loh kalo berhasil nego bisa turun jadi harga 220 ribu per seat. Nah ini penampakan loket bus Kurnia Medan.

bus kurnia medan

seat bus 2 1 kurnia medan

Setelah menempu 12 jam perjalanan kalian akan tiba di Terminal Banda Aceh, di sekitar terminal bakal banyak banget warung makan yang menawarkan / mengarahkan kalian untuk makan di warungnya, jika kalian makan di warungnya beberapa dari mereka akan membantu mengangkat bagasi kalian secara free.

terminal banda aceh

 

LOHH TERUS MANA NYOBAIN BUS MEWAHNYA ???

Bus Mewah Sempati Star Double Decker saya coba saat perjalanan pulang dari Lhokseumawe menuju Kota Medan. Jadi Kota Lhokseumawe ini berada di tengah-tengah perjalanan antara Medan dan Banda Aceh. Memang dari banda aceh ga ada bus mewahnya ?? Ada, tapi karena saat itu saya ada urusan di Lhokseumawe mau tidak mau saya berangkat dari Lhokseumawe.

Baca Juga :  Spoiler Film Filosofi Kopi

loket sempati star Lhokseumawe

terminal Lhokseumawe

Nah dari Kota Lhokseumawe ini semua loket travel bus berada di terminal, untuk keberangkatan Lhokseumawe – Medan, Sempati Star Double Decker berangkat pada jam 11 Malam. Bagaimana soal harga ticket ? Untuk harga tiket Sempati Star Double decker dengan kelas First Class di harga 300 Ribu. Nah untuk first class sendiri yaitu tempat tidur di harga 300 ribu, tapi dalam satu bis hanya terdapat 2 tempat tidur. Untuk first class versi duduk dikenakan tarif yang sama yaitu 300 ribu rupiah. Kenapa harganya bisa sama ? Masing-masing first class sudah memiliki fasilitas colokan listrik, namun yang membedakan antara tempat tidur dan kursi adalah fasilitas TV, first class pada tempat tidur tidak memiliki telivisi.

Untuk fasilitas toilet sendiri ternyata dibedakan, ada 2 toilet pada bus ini yang atas khusus penumpang atas atau reguler, sedangkan toilet bawah khusus penumpang First Class. Lama perjalanan Lhokseumawe – Medan sendiri berkisar 6 jam perjalanan.

bus mewah sempati star double decker

colokan listrik sempati star first class first class kursi sempati star double decker

first class sempati star double decker

tv first class sempati star double decker

tempat tidur first class sempati star double decker

toilet first class sempati star

 

Untungkah menggunakan fasilitas first class sempati star double decker ? Pertanyaan ini sempat menghantui saya, pasalnya harga tiket pesawat Medan – Banda Aceh sendiri terbilang sama dengan tarif first class Sempati Star Double Decker tersebut. Namun bagi kalian penikmat bus mungkin tidak ada salahnya untuk mencoba,,eh tapi walaupun harganya terbilang mahal, seat first class Sempati Star Double Decker selalu penuh loh,,, jadi buat kalian yang pengen nyari tiket first classnya sempati star disarankan booking dari pagi hari.

 

About AnggiAlfonso

Blogger asal Balikpapan yang terdampar di Kota Jogja.

Check Also

Youtube suspend

2 Bulan Vacuum Youtube Channel Ke Suspend

Benci, kesel, emosi saat pertama kali mengetahui Youtube channel yang aku kelola kena suspend. Bagaimana …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *