Mengunjungi Pantai Lampuuk – Saksi Bisu Gelombang Tsunami Aceh

Pantai lampuk merupakan salah satu pantai yang ada di Daerah Istimewa Aceh, banyak sekali alasan mengapa aku memilih pantai ini sebagai bahan tulisan. Perlu diketahui Pantai Lampuuk ini merupakan saksi bisu terjadinya Gelombang Tsunami di Aceh 7 tahun lalu tepatnya pada tanggal 26 Desember 2004 Silam.

Perjalanan dari pusat Kota Banda Aceh menuju Pantai Lampuk terbilang lumayan jauh. Karena Pantai ini berada persis di pinggiran pulau, ini sama halnya kalau kalian datang ke Jogja terus liburan ke pantai yang ada di Daerah Istimewah Yogyakarta. Perjalanan dari Pusat Kota Banda Aceh menuju Pantai Lampuuk kurang lebih memakan waktu sekitar 30-60  menit. Aku sendiri tidak tau pasti berapa lama perjalanannya, karena selama perjalanan tertidur akibat jalanan yang begitu lempang ( tidak macet ).

Saat memasuki kawasan Pantai Lampuuk terdapat kuburan masal dengan ukuran yang begitu luas, mungkin sekitar 1/2 lapangan bola atau malah lebih. Awalnya aku tak menyadari bahwa itu adalah kuburan masal, aku sendiri baru mengetahuinya saat pamanku yang membawa mobil memberitahukannya.

Suasanapun saat itu tiba-tiba terasa berubah, seperti merasa merinding. Bukan takut karena ada hantu atau apa, yang kufikirkan saat itu adalah jika kuburan masal tersebut luasnya 1/2 lapangan bola bahkan lebih, berapa jumlah korban saat itu ?

Ada beberapa spot kuburan masal di daerah itu, sengaja aku tidak memotonya, karena kawasan tersebut disamarkan agar tidak terlihat sebagai kuburan masal. Namun kawasan tersebut dipagari dengan pagar besi seukuran pinggangku yang berarti sekitaran satu meter tingginya. Bagi yang tidak mengetahuinya, kuburan masal tersebut malah seperti taman hijau yang sangat luas.

Baca Juga :  Wisata Alam Kalibiru Jogja - Bukan Bermain di Kali Berwarna Biru

bukit di pantai lampuuk

Setibanya di Pantai Lampuuk aku sendiri merasakan luar biasa, pantai Lampuuk ini ternyata cukup indah malah sangat indah. Perpaduan antara biru laut, pasir putih serta bukit-bukit hijau disekitarnya membuat suasananya seperti berada di pantai luar negri. Dari beberapa pantai yang aku kunjungin ini salah satu destinasi pesisir pantai terbaik yang ada di Indonesia.

Di situ aku sempat terdiam sejenak, entah aku seperti berimajinasi melihat Gelombang Tsunami di depanku dengan ketinggian 20 meter, apa yang harus kulakukan jika itu benar terjadi di depan mataku. Laripun aku pasti akan mati.

pemandangan pantai lampuuk

Di kawasan ini terdapat puluhan mini gazebo yang terbuat dari bambu. Gazebo tersebut digunakan bagi siapa saja yang berkunjung ke kawasan tersebut dan ingin bersantai sambil menikmati makan siang bersama keluarga. Akupun sempat bertanya kepada pemilik gazebo tersebut kenapa ga pakai tikar saja yang dibentangkan di atas pasir ? Ibu-ibu yang memiliki gazebo tersebut mengatakan, tidak semua orang yang berkunjung ke pantai pasti mau bermain di pantai, gazebo tersebut mengantisipasi agar pengunjung yang tidak bermain di kawasan pantai tetap bersih.

pesisir pantai lampuuk

Fasilitas di Pantai Lampuuk ini terbilang cukup lengkap, mulai dari penyedia makanan, kamar mandi, dan penjual baju khas daerah.

Itulah Pantai Lampuk, salah satu pantai yang berada di Daerah Istimewa Aceh, tepatnya di sisi barat Kota Banda Aceh yang menjadi saksi bisu Gelombang Tsunami 7 tahun silam.

One Response

  1. Normas Andi January 10, 2018

Add Comment

%d bloggers like this:
close