Beberapa pekan lalu gue kebetulan sedang berada di Pulau Bali. Menikmati liburan piyambakan / sendiri terkadang membuat gue merasa sepi. Hanya sebuah smartphone  dengan koneksi internet stabil  yang dapat mengisi kesepian disaat gue sedang berlibur.

Karena sedang berada di Pulau Bali akhirnya gue iseng mencari tahu apakah kartu GSM langganan gue yaitu Telkomsel sudah support koneksi 4G di Pulau Bali. Browsing sana sini akhirnya gue menemukan informasi yang mengatakan bahwa daerah Bali sudah mendukung jaringan 4G Telkomsel.

Switch jaringan Telkomsel 4G

Karena informasi tersebut gue akhirnya buru-buru untuk mengubah mode jaringan pada handphone ke jaringan 4G / LTE. Ternyata untuk mengubah jaringan ke jaringan 4G jika kalian menggunakan kartu lama Telkomsel yang hanya support 3G, kalian harus datang ke Grapari terdekat untuk menukarkan kartu lama kalian dengan kartu baru Telkomsel 4G. Solusi lainnya ialah kalian harus membeli kartu baru yang sudah support jaringan 4G. Kalian tidak bisa menukarkan kartu lama 3G ke 4G jika daerah/kota kalian belum tercover jaringan 4G.

Sinyal Telkomsel 4G Bali

Untuk menggunakan paket 4G / LTE ternyata sedikit berbeda dengan paket Telkomsel Flash biasa. Yup bener sekali paket kuota 4G sedikit lebih mahal dibanding paket telkomsel flash biasa. Namun karena gue penasaran sekencang apa sih jaringan Telkomsel 4G tersebut.  Disini gue mencoba dengan cara theter koneksi dari Handphone yang gue miliki ke PC.

speed test jaringan Telkomsel 4G
speed test jaringan Telkomsel 4G

Gue sedikit kaget dengan kecepatan dari Jaringan Telkomsel 4G tersebut, bayangkan saja jika kalian mendapatkan 16Mbps berarti kecepatan unduh kalian mencapai 2 MBps. Gue yang tidak sabaran melihat hasil sebenarnya akhirnya mencoba langsung streaming youtube dengan kualitas 1080 HD dan ini adalah hasilnya.

 

Streaming Youtube HD dengan Telkomsel 4G
Streaming Youtube HD dengan Telkomsel 4G
nonton youtube HD dengan Telkomsel 4G
nonton youtube HD dengan Telkomsel 4G

Walaupun kuota agak sedikit bocor dengan menonton youtube kualitas HD tapi paling enggak gue mengetahui seberapa kencang jaringan Telkomsel 4G.

Nah buat kalian yang ga pengen buang kuota saat menikmati kekencangan jaringan Telkomsel 4G. Kalian bisa mencari tempat-tempat yang tercover oleh Wifi 4G Telkomsel. Mungkin beberapa dari kalian pengguna Telkomsel pasti sudah mengetahui nama wifi flashzone-seamless. Wifi ini merupakan wifi khusus bagi para pengguna Telkomsel, untuk dapat terhubung dengan Wifi tersebut kalian harus mengaktifkan paket data flash kalian terlebih dahulu melalui *363#.

Untuk Wifi 4G Telkomsel sendiri masih tersedia di beberapa Kota seperti Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya dan Medan. Untuk Wifi 4G sendiri masih terbatas disetiap kotanya, mungkin segera dilakukan pemerataan nantinya. Untuk kota-kota lainnya Telkomsel 4G sedang tahap persiapan, konon katanya tengah tahun ini Kota Jogja dapat menikmati layanan Telkomsel 4G.

Buat kalian yang pengen memantau coverage area WiFi 4G Telkomsel bisa langsung check disini.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *