Sunday , 24 September 2017
Tebing Breksi.

Maen Ke Tempat Wisata Tebing Breksi Jogja

Pernah ga kalian mengunjungi tebing pandawa yang berada di Bali ? Nah kali ini saya bakal ngebahas tempat wisata yang hampir sama dengan tebing pandawa yaitu tempat wisata tebing breksi, namun tempat satu ini tidak berada di Bali melainkan berada di Jogja.

Tebing Breksi yang berada dekat dengan candi prambanan merupakan salah satu tempat wisata baru di Kota Jogja. Saya sendiri kurang mengetahui secara pasti kapan tempat ini mulai di publikasikan, namun seingat saya pada tahun 2015 awal tempat ini belum booming, saya sendiri baru mengetahui keberadaanya awal 2016. Karena tempat ini termasuk tempat wisata yang baru booming dan sangat hits jadi sangat cocok buat kalian yang pengen update foto di sosmed yang kalian miliki.

Rute menuju tempat wisata tebing breksi sedikit berliku, saya sendiri tidak begitu hapal jalan masuknya. Cara yang paling mudah adalah menggunakan google maps / waze pada smartphone yang kalian miliki. Walaupun saat menuju tempat wisata sebenarnya terdapat penunjuk arah tapi tidak dari pinggir jalan raya melainkan setelah melewati beberapa tikungan baru penunjuk arah kalian temukan.

Saat tiba di tebing breksi kalian tidak akan dikenakan biaya tiket masuk, hanya tiket parkir yang harus kalian bayarkan. Untuk tempat parkir sendiri terbilang sangat luas, jadi kalian tidak perlu khawatir untuk memarkirkan kendaraan di sini, petugas parkir yang berjaga juga cukup sigap memberikan informasi tempat parkir yang kosong bagi para pengunjung.

Baca Juga :  Melihat terminal keberangkatan Bandara Kualanamu

Ada apa di tebing breksi ?

Saat saya tiba di tempat ini yang pertama yang saya lihat yaitu warung makan / tempat makan. Tempat makan di sini lebih banyak dibanding tempat wisatanya, fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap seperti musholla dan toilet 6 slot.

Kenapa saya bilang tempat wisatanya lebih banyak dibanding tempat wisatanya ? Jadi tebing breksi itu merupakan sebongkah tebing berbentuk kubus, saya sendiri tidak mengetahui apakah tebing breksi tersebut merupakan tebing buatan atau alami. Tapi menurut saya tebing breksi sendiri merupakan tebing sisa dari bukit yang digunakan / dimanfaatkan untuk tambang, karena saat saya mengunjungi disekitar tempat tersebut terdapat beberapa warga yang sedang asik memecah batu.

suasana tebing breksi jogja
suasana tebing breksi jogja

Untuk ukuran tebingnya sendiri sebenarnya tidak terlalu besar, di atas tebing breksi sendiri masih belum tertata dan tidak ada apa-apa, view di atas tebing juga terhalang beberapa pohon. Kenapa saya bilang belum tertata ? Ini terlihat saat saya mengunjungi dimana rumput alang-alang dan jalur track diatas tebing belum tersusun dengan rapi. Namun untuk tangga naik ke atas tebing breksi sudah tertata dengan sangat baik.

Baca Juga :  Perjalanan dari Palu Ke Mamuju Bersama Datsun Risers Expedition

Pada salah satu sisi tebing breksi sudah terdapat ukiran berbentuk wayang dimana ukiran tersebut berukuran sangat besar. Prediksi saya seluruh sisi tebing breksi nantinya terdapat ukiran-ukiran wayang atau hal yang menjadi ciri khas jogja.

ukiran batu tebing breksi
ukiran batu tebing breksi

Jadi sebenarnya tebing breksi ini masih dalam tahap proses pengembangan tempat wisata / belum jadi sempurna, namun sudah bisa dikunjungi. Buat kalian yang masih penasaran seperti apa tebing breksi ini dia Video singkat yang saya buat sewaktu mengunjungi tebing breksi.

Buat kalian yang ingin mengunjungi tempat wisata tebing breksi sebaiknya datang saat pagi hari karena di daerah sini terdapat berbagai macam tempat wisata seperti candi prambanan, candi boko dan candi ijo. Jika kalian datang saat siang hari di akhir tahun seperti ini, saya jamin waktu kalian akan habis di perjalanan :D

About AnggiAlfonso

Blogger asal Balikpapan yang terdampar di Kota Jogja.

Check Also

keindahan pesisir pantai pulau bokori kendari

Keindahan Pesisir Pantai Pulau Bokori Kendari

Kendari adalah Kota yang masih terbilang sepi, jika dibandingkan dengan Kota Batam perkembangan kotanya masih …

7 comments

  1. Pasti msh rame banget ini ya mas

  2. beberapa tahun lalu tempat ini tidak lebih dari lokasi penambangan batu alam. tak tahunya sekarang sudah disulap jadi kerenj

  3. Waahhhh iyaaa.. emang bener-bener mirip pandawa

  4. Buat Photo” Pemandangan nya bagus nih …

  5. makin keren ajaah Tebing Breksi Jogja :)

  6. wah belum pernah ke sana. kapan-kapan ke jogja lagi lah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *