Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di pulau jawa. Banyak sekali cerita dari beberapa teman mengenai keindahan danau Ranu Kumbolo yang terdapat di kaki gunung semeru tersebut. Belum lagi gunung semeru terkenal dengan kawasan bunga lavender nya. Ternyata hal tersebut memacu gue untuk mengunjungi tempat tersebut bersama salah satu sahabat dari @trippiyambakan di jogja.

Karena menyesuaikan kesibukan dan tidak tau jalan. Gue pun berangkat menuju gunung semeru dari kota jogja kemudian di lanjutkan ke malang via solo jam 19.00 . Menggunakan kereta api pramex dari kota jogja menuju solo di tempuh dengan waktu kurang lebih 1 jaman. Kereta api pramex berhenti di stasiun Solo Balapan, untuk melanjutkan perjalanan menuju malang akhirnya kami berjalan kaki sejauh 2 KM menuju stasiun Jebres. Kereta api dari solo menuju malang jam 00.18 jika tepat waktu. Tapi sayang pada waktu itu jadwal keberangkatan terundur selama 1 jam. Kurang lebih jam 8 pagi akhirnya kami tiba di stasiun kota baru malang.

stasiun jebres solo

 

Mungkin banyak yang bertanya kenapa tidak menggunakan bus atau kereta langsung ke malang. Selain menyesuaikan kesibukan, gue dan sahabat dari @trippiyambakan membutuhkan sebuah cerita dalam perjalanan. Lebih banyak yang di lihat lebih bagus walaupun sebenarnya sedikit melelahkan.

Sesampai di stasiun kota baru malang banyak sekali angkot yang menerima carteran menuju terminal kabupaten tumpang. Kalian dapat melakukan negosiasi kepada supir angkot untuk mendapatkan harga terbaik. Harga yang kami dapatkan sendiri menuju kabupaten tumpang dari stasiun kota baru ialah 100k. Saat itu kami berlima jadi kami sumbangan 20 ribu perorang sehingga lebih ringan. Bagi kalian yang berangkat hanya berdua sebaiknya menumpang dengan rombongan lain untuk menghemat cost yang ada.

Perjalanan dari stasiun kota baru Malang menuju kabupaten Tumpang di tempuh dalam waktu 1 jam. Sebelum menuju kabupaten tumpang sebaiknya kalian menyiapkan persyaratan yang di perlukan sebelum mendaki gunung semeru. Beberapa persyaratan yang perlu kalian siapkan ialah surat kesehatan, materai 6000 ( 1 buah ) dan Foto Copy KTP.  Untuk mendapatkan surat kesehatan kalian dapat meminta pada supir angkot untuk mengantarkan kalian ke puskesmas terdekat. Untuk pengantaran ke puskesmas pada saat itu angkot tidak meminta duit tambahan.

surat kesehatan pendakian

Sampai di kabupaten tumpang kalian harus melanjutkan perjalanan ke Desa Ranu Panu. Desa ranu panu sendiri merupakan desa tertinggi di gunung semeru, lebih tepatnya desa terakhir sebelum kalian melanjutkan pendakian gunung semeru.

Dari kabupaten tumpang kalian harus mencarter sebuah angkot kembali menuju terminal jeep, atau menumpang dengan warga lainnya istilahnya tunggu angkot penuh baru jalan. Untuk tarif angkot sendiri jika kalian menunggu penuh tarifnya hanya 7 ribu rupiah dan kalian akan di antarkan menuju terminal jeep. Lama perjalanan dari terminal angkot kabupaten tumpang ke terminal jeep di tempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit.

terminal angkot kabupaten tumpang

Sesampai di terminal jeep seperti sebelumnya kalian dapat menumpang atau mencarter satu jeep. Tarif Carter satu jeep ialah 500 Ribu rupiah itu muat hingga 10 orang ( sempit-sempitan ). Namun jika kalian ingin lebih hemat kalian dapat gabung dengan rombongan lain yang ingin mendaki. Jika kalian beruntung dengan jumlah rombongan yang ada kalian cukup mengeluarkan kocek 35 ribu seperti yang gue alami kemarin :D . “Jangan lupa untuk mengabadikan moment anda saat berada di atas jeep”

stasiun jeep

terminal jeep desa ranu panu

selfie atas jeep

Perjalanan dari terminal jeep menuju desa Ranu Panu ternyata cukup seram. Kalian bisa bayangkan ukuran jalan yang cukup 1 mobil di beberapa titik, rusak, curam, bedebu dan di salah satu sisi jalan terdapat jurang. Disini akhirnya gue paham mengapa harus menggunakan jeep. Pada saat itu jeep yang gue tumpangin pun hampir bertabrakan dengan jeep lainnya yang berlawanan arah, disaat jeep kami melaju di dekat tikungan tajam. Walaupun di salah satu sisi jalan terdapat jurang, namun disitulah keindahannya. Kalian dapat menikmati udara yang semakin dingin serta hamparan pepohonan hijau yang berada di sisi jurang.

perjalanan ke desa ranu panu

Kurang lebih 1 jam perjalanan dari terminal jeep menuju Desa Ranu Panu.Tanpa terasa akhirnya kami tiba di desa ranu panu sebagai tempat pos pendaftaran pendakian gunung semeru.

danau desa ranu panu

 

 

2 Comments

  1. firdhasyifa July 11, 2014 at 11:52 pm

    Maaf sebelumnya, cuma ralat sebenernya desa terakhir untuk ke semeru adalah desa Ranu Pane, bukan Ranu Panu
    Terima kasih

    Reply
    1. AnggiAlfonso - Site Author July 12, 2014 at 6:51 pm

      oh ia ane lupa lupa soalnya ga ada nyatet di note ..

      Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *