Menjadi seorang blogger itu mengasyikan,,mengasyikan kalau kamu bisa ketemu komunitas yang benar-benar sehoby dengan kamu. Apalagi kalau dipertemukan dalam satu event kece yang baru saja berlangsung di Balikpapan yaitu Hotel Grand Tjokro Blogger dan Influencer Gathering.

Jadi Begini Ceritanya…

Saat itu saya dipertemukan dengan seseorang yang memberikan informasi bahwa di Hotel Grand Tjokro Balikpapan bakal dilaksanakan Blogger dan Influencer Gathering. Saat itu sayapun langsung menghubungi salah satu blogger senior Balikpapan lainnya yaitu mas imam. Beliau ini adalah salah satu blogger senior di Balikpapan yang paham banget soal SEO tapi ga pernah publish secara umum beliau paham SEO. Komunikasi dengan mas imam akhirnya saya mengajak mas Imam dan beberapa blogger lainnya untuk hadir pada acara tersebut, alhamdulillah mas Imam dan blogger lainnya bisa ikut.

Tiba di hari acara 23 September 2017 , 14:00 WITA

Sebelum berangkat ke TKP yang berada di Swimming Pool Hotel Grand Tjokro Balikpapan, dari rumah saya sudah mempersiapkan laptop, kamera, dan handphone sebagai perlengkapan tempur untuk blogging di TKP. Untuk acaranya sendiri saya sebenarnya belum mengetahui pasti, tapi dari list invitationnya yaitu Hotel Tour, Swimming, Pool Party.

Serius sebelum saya berangkat ke TKP, saya sendiri sebenarnya sangat antusias karena bakal ketemu teman-teman blogger lainnya.

Karena Balikpapan terbilang salah satu Kota yang tidak terlalu besar, jadi sebenarnya mau kemana-mana itu dekat banget. Nah posisi Hotel Grand Tjokro Balikpapan ini jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah saya hanya sekitar 10 menit dengan kondisi normal. Kalau dari tengah Kota Balikpapan terbilang sedanglah sekitar 20-30 menit dengan kurang lebih jarak 10 KM dengan traffi normal.

Jadi posisi Hotel Grand Tjokro Balikpapan ini berada di dekat Bandara Sepinggan Balikpapan, malah kalau dari Bandara hanya berkisar 5 menit. Apakah ini khusus hotel transit ? No, hotel ini terbuka untuk umum, memang posisinya saja yang dekat dengan bandara.

Saat tiba di TKP, sayapun dibukakan pintu oleh salah satu petugas hotel. Sempat kebingungan saat itu, karena tidak ada posisi penunjuk arah mengenai acara blogger gathering. Akhirnya sayapun menanyakan lokasi acara blogger gathering kepada mba-mba cantik yang bertugas pada front desk Hotel Grand Tjokro Balikpapan. Mba-mba berparas cantik itupun mengarahkan saya untuk turun kelantai LG dan menuju kolam renang, dimana bisa menggunakan lift ataupun tangga.

Teng-tong pintu lift akhirnya terbuka, posisi lift tidak terlalu jauh dari front desk. Masuk kedalam lift, menekan tombol LG ga nyampe 5 detik pintu lift udah terbuka kembali. Saya saat itu sempat bingung karena lift di Hotel Grand Tjokro ini smooth sekali, apayah kalau dibandingkan dengan lift pada umumnya lebih kasar.

Keluar pintu lift belok kanan, akhirnya saya tiba di tempat acara yaitu di Swiming Pool Hotel Grand Tjokro Balikpapan. Saat itu ada mba reny yang menyambut saya sembari menyodorkan buku tamu untuk para peserta dan ternyata saat ingin mengisi buku tamu saya berada di urutan ke 8 buku tamu kalau tidak salah, wah ternyata ada yang lebih semangat menghadiri acara tersebut >,<

Di tempat gathering saya bertemu dengan blogger-blogger lainnya yang pernah saya kenal sebelumnya. Namun ada sekitar 5 blogger baru yang belum saya kenal mereka adalah mba alo, mba yuli, mas duha, dan mas rendy.

Sekitar 10 menit sebelum acara mulai sayapun sempat mengobrol dengan teman-teman blogger Balikpapan. Banyak banget ide soal blogging waktu itu, walaupun terbilang sangat singkat sebelum acara mulai.

Sambutan Marketing Grand Tjokro Balikpapan
Sambutan Marketing Grand Tjokro Balikpapan

Sambutan dari Mba Renny selaku Executive GM Secretary menandai acara Grand Tjokro Blogger dan Influencer Gathering di mulai. Saat itu Mba Renny juga memperkenalkan GM Grand Tjokro Balikpapan yaitu Pak Sutan yang ternyata beliau duduk dua kursi di samping saya, serius deh ini GM Hotel terasik sepanjang sejarah yang pernah saya temui. Seriusan awalnya saya sama sekali ga menyangka beliau adalah GM Hotel, lagipula dengan gaya bahasanya yang cukup santai, setelan yang sangat casual membuat orang ga habis fikir beliau ini GM.

Sambutan Acara Hotel Grand Tjokro Balikpapan
Sambutan Acara Hotel Grand Tjokro Balikpapan

Setelah sambutan Mbak Renny langsung mengajak undangan untuk berkeliling melihat fasilitas yang ada di Hotel Grand Tjokro Balikpapan. Saat itu dibentuk menjadi 2 kelompok, dimana kelompok kami di komandoin oleh Pak Sutan, sedangkan kelompok satunya di komandoin oleh Mba Renny. Asikk di komandoin GM Hotel yang super gaul.

Setelah pembagian kelompok, Pak Sutan mengarahkan kami menuju lift, di sini bisa dilihat sebenarnya dimana seorang GM Hotel mau menjadi guide para undangan, belum lagi saat beliau membukakan pintu lift kami. Ini tuh beneran seperti tamu adalah raja.

Saat itu Pak Sutan mengajak kami untuk melihat berbagai jenis kamar yang ada di Hotel Grand Tjokro Balikpapan. Jadi ada 4 tipe kamar yang disediakan oleh Hotel Grand Tjokro Balikpapan, yaitu Superior, Deluxe, Eksekutif dan Suite ( President Room ). Mengenai fasilitas sebenarnya tidak ada yang berbeda seperti hotel-hotel lainnya yang pernah saya review di blog ini, namun menurut saya setiap Hotel mempunyai kunci utama untuk mempertahankan pelanggan.

Setelah memasuki 3 Tipe Kamar ( Superior, Deluxe, Eksekutif ) semuanya harum, seriusan saya sampai mengendus bantal untuk mengetahui kebersihannya. Fasilitas kamar juga terbilang sangat lengkap seperti adanya safety box, senter, mini bar, kulkas, tv, single sofa, meja kerja.

tempat tidur hotel grand tjokro balikpapan
tempat tidur hotel grand tjokro balikpapan
tempat tidur hotel grand tjokro balikpapan 2
tempat tidur hotel grand tjokro balikpapan 2

Oke dari ruangan tidur bersih, saatnya saya mengecheck kebersihan kamar mandi, untuk ketiga tipe tersebut, kamar mandinya terbilang sangat bersih, air panas juga berjalan dengan sangat baik, tekanan air shower juga terbilang sangat kencang.

kamar mandi hotel grand tjokro balikpapan
kamar mandi hotel grand tjokro balikpapan

Jadi apa yang membedakan ketiga tipe kamar tersebut ? Yang pasti luas kamarnya dong, terkecuali pada tipe kamar Eksekutif terdapat sofa tambahan, papan setrika, hair dryer.

fasilitas room executive hotel grand tjokro balikpapan
fasilitas room executive hotel grand tjokro balikpapan

Emang di Type kamar Superior dan Deluxe ga dapat Hair Dryer dan Papan Setrika ? Sebenarnya dapat, tetapi by request dan tidak dikenakan charge.

Nah ini dia yang ditunggu-tunggu masuk ke type kamar suite room atau gaulnya dengan istilah president room. Nah ruangan ini bener-bener udah kayak rumah, dimana ada ruang tamu, dapur mini dan ada ruangan kamar. Kalau apartement itu udah sekelas penthouse lah pokoknya. Selain itu jika membawa ajudan / asistent telah dilengkapi conecting door ke kamar sebelah. Nah yang paling epic itu kamar mandinya udah pake bathub, dengan wastafel yang lebih besar. Mungkin kamar mandinya jika di isi 3 orang bersamaan masih muat.

kamar mandi suite room hotel grand tjokro balikpapan
kamar mandi suite room hotel grand tjokro balikpapan
kitchen set suite room hotel grand tjokro balikpapan
kitchen set suite room hotel grand tjokro balikpapan
ruang tamu suite room hotel grand tjokro balikpapan
ruang tamu suite room hotel grand tjokro balikpapan
ruang tamu suite room hotel grand tjokro balikpapan
ruang tamu suite room hotel grand tjokro balikpapan

Setelah itu kami melanjutkan perjalanan menuju Emerald Chinese Restaurant. Emerald Chinese restaurant ini tidak ada yang berbeda dengan restaurant hotel lainnya. Untuk makanannya sendiri jelas bernuansa chinese, namun ada yang membedakan di Emerald Chinese Restaurant Hotel Grand Tjokro Balikpapan yaitu terdapatnya private room. Jadi di Private room ini kalian bisa menikmati makanan yang ada di Chinese Restaurant sembari karaokean. Fasilitas di Private Roomnya terbagi 2 jenis. Jenis ruangan pertama hanya memiliki sofa sebanyak 4, kira-kira menampung 12 orang dan jenis ruangan kedua terdapat meja makan di dalamnya dan 2 sofa. Kedua ruangan tersebut memiliki faslitas kamar mandi di dalam.

emerald chinese restaurant grand tjokro balikpapan

ruangan emerald chinese restaurant
ruangan emerald chinese restaurant
fasilitas private room grand tjokro 2
fasilitas private room grand tjokro 2
fasilitas private room grand tjokro
fasilitas private room grand tjokro

Selanjutnya kami diantarkan oleh Pak Sutan untuk mengunjungi ruangan SPA. Ruangan SPA ini berada di lantai paling bawah, dimana berada tepat di samping kolam renang. Nah untuk ruangannya sendiri di sini ada dua jenis juga. Jadi ruangan pertama itu khusus pasangan, seperti suami – istri , atau sesama rekan bisnis, sedangkan ruangan satunya untuk single person. Masing – masing ruangan di lengkapi dengan bathub di dalam ruangan.

Fasilitas Ruangan SPA Couple Hotel Grand Tjokro Balikpapan
Fasilitas Ruangan SPA Couple Hotel Grand Tjokro Balikpapan
ruangan SPA couple Hotel Grand Tjokro Balikpapan
ruangan SPA couple Hotel Grand Tjokro Balikpapan
ruangan SPA Hotel Grand Tjokro Balikpapan
ruangan SPA Hotel Grand Tjokro Balikpapan

Selesai Hotel Tour kami kumpul kembali ketempat awal berkumpul sebelum acara dimulai. Di sesi ini kami memiliki waktu santi sambil mendengarkan penjelasan dari Mba Renny, selain itu puluhan jenis makanan dan barbeque-an disediakan di pinggir kolam renang. Mba renny pun dari awal sebenarnya sudah menjelaskan dari awal bahwa di akhir acara para undangan di perbolehkan berenang sembari menikmati santapan yang telah di sediakan.

hotel grand tjokro pool party 2
hotel grand tjokro pool party 2
hotel grand tjokro pool party 3
hotel grand tjokro pool party 3
hotel grand tjokro pool party 4
hotel grand tjokro pool party 4
hotel grand tjokro pool party 5
hotel grand tjokro pool party 5
kolam renang hotel grand tjokro balikpapan
kolam renang hotel grand tjokro balikpapan

Acarapun di tutup dengan ucapan terimakasih dari Mba Reny dan Pak Sutan kepada seluruh undangan, namun buat undangan yang masih ingin menikmati suasana Hotel Grand Tjokro Balikpapan diperbolehkan untuk tetap stay di tempat.

Terimakasih buat Hotel Grand Tjokro Balikpapan atas undangan dan servicenya selama satu hari. Ini momen yang ga bakal pernah saya lupakan. Semoga kedepannya acara keren seperti ini di Balikpapan dapat tetap berlangsung.

Q&A

Apakah ada Connecting Door ?
Ada di type kamar deluxe dan terbatas. Disarankan hubungi Front Desk Hotel Grand Tjokro Balikpapan terlebih dahulu untuk request.

Apakah ada Smoking Room ?
Ada, smooking room tersedia di lantai 1 Hotel Grand Tjokro Balikpapan

View Kamar Yang Paling Bagus ?
Requestlah kamar di lantai 4 sebelum pemesanan ( No – Smoking Area ), dan minta kamar yang viewnya menghadap runway bandara sepinggan.

Apakah ada deposit?
Belum tau, belum pernah nginap, semoga nanti bisa nginap

Apakah Private Room Chinese Restaurant untuk umum ?
Ya segala fasilitas di Hotel Grand Tjokro Balikpapan bersifat umum, namun disarankan untuk request terlebih dahulu.

Bagaimana Tempat Breakfastnya ?
Untuk tempat breakfast saya tidak sempat mengunjunginya, mungkin nanti setelah menginap

Apakah fasilitas SPAnya untuk umum ?
Yup

Nah buat yang penasaran dan membuktikan kenyamanan selama menginap di Hotel Grand Tjokro Balikpapan langsung aja cus kontak nomor di bawah ini.

Address:
Jalan Marsma Iswahyudi No.21 RT.003, Sepinggan,
Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76115

Phone: (0542) 8521111

2 Comments

  1. fitri September 26, 2017 at 12:44 pm

    enak banget blogger + traveller.. meet up sama org baru yang positive.

    SEMANGAT A

    Reply
  2. Yuli Jannaini September 26, 2017 at 3:53 pm

    Sungkem sama seniorrr….

    Wihhh baru pertama kali nih saya berkunjung…
    Mohon bimbingannya kakak…
    harus banyak belajar nih…

    Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *