Sunday , 24 September 2017
keindahan pesisir pantai pulau bokori kendari

Keindahan Pesisir Pantai Pulau Bokori Kendari

Kendari adalah Kota yang masih terbilang sepi, jika dibandingkan dengan Kota Batam perkembangan kotanya masih lebih maju Batam. Tidak banyak yang dapat dijumpai di Kota Kendari, hanya beberapa objek wisata yang dapat kalian kunjungi di Kota Kendari. Walaupun tidak banyak yang dapat kalian jumpai, ada salah satu objek wisata Kota Kendari yang sangat Fenomenal yaitu Objek Wisata Pulau Bokori.

Untuk menuju Pulau Bokori ada 2 alternatif, kalian bisa berangkat melalui daerah pelabuhan kota kendari atau berangkat melalui daerah tapulaga yang sekarang menjadi tempat tinggal suku bajo. Jadi Pulau Bokori ini dulunya adalah perkampungan warga suku Bajo, namun karena permukaan pulau tersebut sangat rendah maka pemerintah setempat sudah memberitahukan bahwa pulau bokori bakal tenggelam secara perlahan, sehingga warga asli Pulau Bokori yaitu suku Bajo pindah kedaerah tapulaga. Jadi sebenarnya pulau bokori dulunya lebih luas daripada sekarang, permukaan air yang terus meninggi tiap tahunnya membuat pulau bokori semakin mengecil.

daerah tapulaga kendari

Pada saat itu saya berangkat dari daerah perkampungan tapulaga perjalanan dari Kota ke daerah perkampungan tapulaga sekitar 30 menit jalan darat, kalian bisa memanfaatkan mobil rental atau ojek sekalipun. Jika kalian berangkat dari dermaga / pelabuhan Kota Kendari, pastinya kalian berangkat melalui pelabuhan atau dermaga yang sudah jadi, berbeda jika kalian berangkat melalui daerah tapulaga dimana tidak ada dermaga, kalian memanfaatkan kapal-kapal klotok ( kapal kayu kecil ) warga sekitar, naik kekapalnya sendiri membutuhkan sedikit usaha karena tidak ada tangga kapal jadi kalian harus melompat secara hati-hati. Ah tapi tidak begitu menyeramkan kok. Untuk soal harga saya tidak mengetahui harga tiket dari Pelabuhan Kota Kendari menuju Pulau Bokori, tapi jika kalian berangkat dari perkampungan tapulaga kalian cukup membayar 25 ribu perorang, ya sebenarnya itu negosiasi kalian dengan warga. Jika dalam satu kapal hanya di isi oleh 1 orang maka harga tiket pasti lebih mahal, tapi jika kapal masuk penuh maka kalian mendapatkan tiket lebih murah.

Baca Juga :  Melihat lebah di Bee Gallery Penang Malaysia

pulau bokori dari kejauhan

Perjalanan ke Pulau Bokori melalui daerah tapulaga hanya ditempuh sekitar 10-15 menit, memang dari daerah tapulaga Pulau Bokori sangat dekat, bayangkan dari pinggir pantai daerah tapulaga saja kalian sudah dapat melihat dengan jelas keindahan Pulau Bokori.

Setelah 15 menit perjalanan menggunakan kapal akhirnya saya tiba di Pulau Bokori …yeayyyy…Perjalanan saya kali ini menuju Pulau Bokori ditemani oleh 2 bidadari asal Kota Kendari. Ya itung-itung jadi guide gratis hahaha, lagian dari mereka saya banyak mengetahui sejarah pulau bokori tersebut. Oh ya di Pulau Bokori ini ada simbol tulisan Pulau Bokori juga loh seperti di Pantai Losari namun sayang saya tidak sempat mengabadikan foto di depan tulisan tersebut

bidadari kota kendari

Ada apa saja di Pulau Bokori ?

Tidak banyak yang dapat kalian temukan di Pulau Bokori, saat saya mengunjungi hanya terlihat jenis permainan Banana Boat selain itu tidak ada, saya tidak tau apakah di tempat tersebut nantinya bakal ada penambahan permainan jika Pulau Bokori tersebut benar-benar ramai. Eh tapi katanya kalau sabtu-minggu Pulau Bokori sangat ramai loh.

Baca Juga :  Perjalanan Mamuju ke TanaToraja bersama Datsun Risers Expedition

pantai pulau bokori

Buat kalian yang ingin berkunjung ke Pulau Bokori sebaiknya membawa bekal makanan sendiri, umumnya orang yang berkunjung ke Pulau Bokori membawa bekal dari rumah seperti ikan atau ayam, nantinya bekal tersebut di masak di Pulau Bokori. Emang ada yang sediain bakaran ? Tentu saja ada. Emang tidak ada yang jualan ? ada beberapa warga sekitar tapulaga yang berjualan di pulau tersebut tapi hanya makanan ringan seperti makanan Gogos dan Sate Pokea. Untuk masalah sampah di tempat ini banyak sekali tersedia tempat sampah, sesekali petugas kebersihan memantau aktifitas kalian, jika kalian ketauan membuang sampah sembarangan maka kalian akan ditegur oleh petugas tersebut.

Untuk berenang sendiri sepertinya tidak ada larangan berenang, di lepas pantai sendiri tidak ada batasan pelampung yang ditaruh sebagai tanda jarak batas berenang. Jika kalian ke pantai Gunung Kidul Jogja kalian bakal dilarang untuk berenang jauh dari pesisir pantai.

penginapan di pulau bokori

Nah untuk fasilitas lainnya terdapat villa / penginapan disekitar pantai Pulau Bokori, saya sendiri lupa menanyakan kepada penjaga pulau setempat, tapi menurut teman saya villa / penginapan di pulau bokori tersebut seharga 1 Juta per malam dengan fasilitas 2 kamar .

Yuk intip keindahan Pulau Bokori

keindahan pulau bokori sulawesi tenggara

pulau bokori wisata sulawesi tenggara

pulau bokori wisata kota kendari

About AnggiAlfonso

Blogger asal Balikpapan yang terdampar di Kota Jogja.

Check Also

Maen Ke Tempat Wisata Tebing Breksi Jogja

Pernah ga kalian mengunjungi tebing pandawa yang berada di Bali ? Nah kali ini saya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *