Bicara soal hantu mungkin kebanyakan orang memikirkan tempat yang gelap, wajah rusak dan beberapa hal aneh lainnya. Hal tesebut sebenarnya juga yang saya rasakan saat pertama kali memutuskan untuk mengunjungi Ghost Museum Penang Malaysia.

Saat pertama kali mengetahui keberadaan Ghost Museum Penang Malaysia awalnya saya sempat berfikir dua kali apakah saya berani atau tidak. Fikiran saya saat itu terbayang dengan suasana rumah hantu yang sering diadakan di Indonesia dimana para hantu berlari-lari mengejar para pengunjung. Saya sendiri pernah mengalami di kejar-kejar oleh hantu yang bertugas di rumah hantu Indonesia hingga terjatuh. Padahal saat itu saya berfikir dengan sangat matang sebelum masuk bahwa mereka adalah manusia bukan hantu beneran, tapi tetap saja saya penakut :(

Setiba di depan bangunan Ghost Museum Penang jantung saya berdetak lebih kencang, ini bukan cerita mistis tapi itu yang saya rasakan. Masuk kedalam gedung sayapun langsung membeli satu buah tiket Ghost Museum seharga 24 RM. Karena jantung masih berdetak kencang saat itu saya tidak langsung masuk kedalam museum, saya sendiri berusaha menenangkan detak jantung saya.

Selama duduk didepan loket pembelian tiket Ghost Museum beberapa petugas penjaga bertanya kepada saya mengapa tidak langsung masuk, sayapun hanya bisa menjawab bentar masih takut. Petugas tersebut hanya bisa tersenyum dan mengatakan tenang didalam bukan manusia bercostum hantu, jadi dia tidak akan mengganggu anda, mereka hanya patung yang didesign semirip mungkin dengan hantu. Setelah mendengar penjelasan petugas tersebut detak jantung saya mulai normal kembali.

Sendiri memasuki Ghost Museum tetap saja memiliki ketakutan, disini saya beneran masuk sendiri tidak ada pengunjung lain saat itu karena masih terlalu pagi sekitar jam 10. Suasana yang remang-remang serta alunan musik yang menyeramkan membuat saya melangkah lambat, arah jalan pun sangat susah terlihat jika berlari.Saat itu yang saya lakukan ialah berfikir itu adalah patung.

Hantu Kuntil Anak Ghost Museum
Hantu KuntilAnak asal Indonesia

Masuk kedalam ruangan secara perlahan, mengintip sebelum berjalan disetiap tikungan yang ada adalah hal yang saya lakukan saat berada di dalam ruangan Ghost Museum. Satu persatu hantu yang ada di Ghost Museum menampakan dirinya. Setelah penampakan hantu pertama di Ghost Museum sayapun langsung mendekatinya, memang sedikit menyeramkan penampakannya namun saya sempat mencoel-coel pipi hantu tersebut untuk membuktikan bahwa hantu tersebut adalah patung.

Hantu Vampire Ghost Museum Penang
Hantu Vampire Anak Anak

Setelah membuktikan secara langsung bahwa hantu-hantu yang ada di Ghost Museum ini adalah patung, sayapun langsung mengambil kamera dari saku saya untuk berphoto bersama.Hahaha,, kepanikan saya saat itu benar-benar sudah hilang.

Vampire Ghost Museum Penang Malaysia
Hantu Vampire China

Disini sebenarnya terdapat hantu dari 5 negara salah satunya hantu dari Indonesia yaitu kuntil anak dan pocong. Hantu pocong sendiri tidak dapat saya photo karena ruangan yang begitu gelap gulita. Koleksi hantu lainnya berasal dari jepang, china, amerika dan mesir.

Hantu Rokurokubi asal jepang
Hantu Rokurokubi asal jepang
Hantu Kasa obake asal jepang
Hantu Kasa obake asal jepang

 

Hantu sadako asal jepang
Hantu sadako asal jepang

Pada Ghost Museum sendiri juga disediakan beberapa properti disetiap ruangan. Fungsi properti ini agar pengunjung dapat berperan langsung sebagai hantu. Saat saya mengunjungi hanya ada 3 ruangan yang memiliki properti yaitu ruangan vampire china, ruangan sadako dan ruangan mummy mesir

Mummy Mesir Ghost Museum Penang
Mummy Mesir Ghost Museum Penang

Setelah berputar-putar dalam ruangan sekitar 20 menit akhirnya saya tiba di pintu keluar. Sesampai diluar saya langsung dihampiri oleh petugas yang menjaga Ghost Museum, petugas tersebut bertanya kepada saya tidak seramkan, dengan sedikit tertawa saya cuma bisa menjawab ga. Nah di Ghost Museum Penang Malaysia ini nantinya akan ditambah koleksinya jadi lebih dari 5 negara.

Buat kalian yang kebetulan lagi ke Penang Malaysia mungkin bisa mengunjungi Ghost Museum Penang Malaysia. Berikut alamat / address Ghost Museum Penang Malaysia :  57, Lebuh Melayu, 10300 Pulau Pinang, Malaysia

Selamat bertemu hantu  ~

 

6 Comments

  1. Pingback: 5 Tempat Wisata Penang Malaysia Yang Wajib Dikunjungi

  2. Nindya Prayastika September 10, 2015 at 3:30 pm

    HAHAHAHA *tepok jidat* kok ada-ada aja yah museum hantu. Atuhlah beda tipis sama rumah hantu XDDD

    Reply
    1. AnggiAlfonso - Site Author September 10, 2015 at 4:01 pm

      Tapi yang ini hantunya ga bisa ngejar pengunjung :)))

      Reply
  3. momtraveler September 12, 2015 at 7:06 am

    tuh kan bener…hantu Indonesia tuh yg paling nyeremin

    Reply
  4. pipit September 22, 2015 at 6:35 pm

    museumnya unik.. dan kurang kerjaan haha.. tapi selama bisa menarik pengunjung ya kenapa ngga :)

    Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *